oleh

Bergembiralah, Sekarang Sudah Ada Tips Hilangkan Rasa Sedih Loh!

Kalau sedih jangan sampai berlarut-larut karena bisa merusak mental hingga memunculkan kata hati yang tidak baik. Maka dari itu, terdapat beberapa tips yang bisa menghilangkan hati yang sedang bersedih. Namun, tips hilangkan rasa sedih ini harus dilaksanakan dengan sadar diri, sabar serta banyak berdoa.

Mengingat tips ini begitu penting, maka kami pun menuliskannya supaya bisa dibaca oleh masyarakat. Siapa tahu, mungkin yang saat ini sedang bersedih, maka rasa sedihnya bisa hilang berganti dengan kegembiraan. Jadi, silakan dibaca dan pastikan untuk dikerjakan secara sungguh-sungguh dan ini tips yang dimaksud:

1. Pergi Berpelesir ke Tempat yang Indah

seorang wanita bersantai di balkon di pagi liburan - healing potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Kalau hati sedang bersedih akibat didera masalah coba hilangkan dengan cara pergi berpelesir melihat tempat-tempat yang indah. Dan tidak perlu memilih destinasi yang mahal, yang penting menawarkan keindahan sekalipun hanya berupa kebun dan taman  yang ada di belakang rumah.

Dengan beranjak dari tempat yang penuh masalah saja itu sudah sebagian ikhtiar untuk melupakan rasa sedih, apalagi kalau sudah melihat tempat yang indah. Tentunya rasa sedih akan hilang dengan sendirinya berganti rasa senang dan gembira yang luar biasa. Namun tips ini masih tergantung Anda apakah ingin mencari bahagia atau justru bertahan dengan kesedihan.

2. Curhat dengan Orang Terpercaya

remaja menghibur dia teman sedih di malam hari - sad with friend potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Masalah itu jangan sampai disimpan sendiri apalagi yang bisa memunculkan rasa sedih yang luar biasa. Alangkah lebih baiknya kalau masalah tersebut diceritakan kepada orang lain seperti kepada keluarga dan kerabat. Namun, Anda tidak boleh asal curhat kepada orang lain melainkan kepada mereka yang bisa dipercaya saja.

Maksudnya, silakan curhat masalah kepada orang lain yang sekiranya tidak akan menceritakan kembali kepada orang yang berbeda. Termasuk memilih orang yang sekiranya memiliki kemampuan untuk memberikan solusi atas masalah yang dialami. Artinya, silakan ceritakan masalah kepada orang-orang yang memang bijaksana.

Baca Juga  Tips Khatam Al-Quran Dengan Cepat dan Waktu Paling Mustajab untuk Berdoa Selama Ramadan
3. Melakukan Aktivitas yang Aktif

programmer remaja gadis online belajar coding dengan guru di rumah - activity potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Menurut hemat kami, rasa sedih itu identik dengan kesendirian, kesepian, keheningan, tidak banyak gerak, rebahan dan sejenisnya. Maksudnya ialah, jika semua aktivitas ini dilakukan pada saat hati sedang sedih, tentu rasa sedih tersebut akan semakin menyakitkan bahkan bisa memicu pikiran macam-macam.

Maka dari itu, bagi Anda yang ingin menghilangkan rasa sedih justru harus melakukan aktivitas yang aktif. Seperti berolahraga, memperbaiki rumah yang rusak, fitness, bersilaturahmi, bekerja bakti dan selainnya. Kegiatan-kegiatan ini tergolong aktif yang bisa sedikit melupakan masalah sekaligus mengurangi rasa sedih yang mendera.

4. Segera Mengerjakan Sholat

wanita muslim berjilbab dalam posisi shalat (salat) di atas sajadah - sholat potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Kalau Anda umat Islam, tentunya mengerti kalau agama telah memberikan tips untuk menghilangkan rasa sedih yaitu mengerjakan sholat. Dan pastikan di dalam ibadah tersebut Anda meminta kepada Allah agar rasa sedih diganti menjadi rasa bahagia yang luar biasa. Sedangkan syarat yang harus dipenuhi adalah khusu’ dan sabar atas ujian.

Umat Islam yang ibadah sholatnya diterima oleh Allah, maka pasti semua rasa sedihnya akan dihilangkan. Kalau sudah Si Pemilik Alam yang menghilangkan rasa sedih, tentu mustahil ada makhluk yang mampu mencegahnya. Maka dari itu, jangan tangisi rasa sedih, segera bangkit untuk mengerjakan sholat yang khusu’ dan menangislah di sana.

5. Berdoa yang Khusu’

covid-19: ucapkan doa - sholat potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Tips hilangkan sedih yang berikutnya ialah berdoa yang khusu’. Sesungguhnya bagi umat Islam, doa merupakan senjata yang bisa menjadikan hidup lebih bahagia baik di dunia maupun di akhirat. Tentunya, doa juga bisa dijadikan sebagai alat untuk menghilangkan rasa sedih yang teramat besar.

Maka dari itu, jangan sampai rasa sedih menghilangkan hasrat untuk berdoa kepada Allah. Karena sesungguhnya hanya Allah yang bisa mengubah hati manusia dari sedih menjadi bahagia. Dan perlu diingat, Allah sungguh benci kepada umat yang enggan berdoa kepadanya karena ini merupakan sebentuk kesombongan makhluk.

Baca Juga  7 Tips Sukses Bisnis Preloved yang Paling Oke
6. Menonton Tontonan yang Bikin Tertawa

saya suka film komedi - watching comedy potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Kalau hati sedang sedih tentunya dilarang untuk menonton tontonan yang menguras emosi. Pasalnya, rasa sedih tidak mungkin hilang, yang ada malah semakin menjadi-jadi. Maka dari itu, silakan menonton tontonan yang bisa membuat Anda tertawa. Dan tertawa merupakan sebagian ikhtiar untuk mengubah suasana hati sedikit lebih bahagia.

Kalau tidak ingin menonton tontonan yang lucu, maka tertawalah sendiri karena ini juga bisa mengubah suasana hati. Cuma Anda harus memilih tempat yang tepat supaya orang tidak berprasangka yang bukan-bukan. Selain itu, dengan sering tertawa juga bisa dijadikan sarana untuk membuat awet muda.

7. Tanamkan Perasaan, Masih Ada orang yang Lebih Sedih

kecerdasan emosional, keseimbangan perasaan kontrol emosi antara pekerjaan stres atau kesedihan dan konsep gaya hidup bahagia, wanita tenang yang bijaksana menggunakan tangannya untuk menyeimbangkan senyum dan wajah sedih. - sad to happy ilustrasi stok

Kalau diri sedang dilanda masalah yang membuat sedih, maka lahirkan motivasi kalau sejatinya masih banyak orang yang kesedihannya lebih luar biasa. Semangat ini akan menghilangkan rasa sedih dan menggantinya dengan rasa syukur, karena sejatinya masih diberi ujian yang tidak terlalu berat. Seperti cerita orang yang tidak memiliki sepatu dan yang tidak memiliki kaki.

Anda tidak perlu bersedih jika tidak memiliki sepatu, karena sejatinya masih banyak orang yang tidak memiliki kaki. Kalimat motivasi ini ingin mengatakan kalau rasa sedih bukan akhir dari kehidupan. Dan manusia terus dituntut untuk melawan rasa sedih dengan sabar dan ikhtiar yang ulet.

Tips hilangkan rasa sedih ini dibuat demi tujuan agar manusia bisa menyikapi masalah dengan sadar, sabar dan legowo. Sedangkan ikhtiar dan doa harus terus dilakukan karena itu merupakan senjata terakhir untuk mengubah rasa sedih menjadi senyum yang merekah. Selanjutnya tinggal mental Anda yang akan menentukan, apakah rasa sedih atau bahagia yang menjadi akhir cerita.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Publikasi Terkait Lainnya