by

Be Creative! Berikut Ini Panduan Lengkap untuk Membuka Coffe Shop Impianmu

Kali ini, apa yang membuatmu memutuskan langkah untuk mulai terjun membuka kafemu sendiri. Pikirkan sejenak saja sambil menarik nafas panjang dan hembuskan agar kamu rileks. Membuka kedai kopi atau coffe shop yang dirintis dari nol merupakan hal yang luar biasa untuk dilakukan, dan kamu pasti sudah tahu bukan?

Jadi, pastikan kamu telah memikirkan tentang apa yang membuatmu memulainya dan ingat kata-kata tersebut, saat kamu berada pada posisi paling bawah selama kamu memulai membuka coffe shop tersebut.

Menurutmu, mengapa kami sampaikan bahwa hal tersebut penting untuk selalu diingat? Yap benar, ini hal terbaik yang harus kamu lakukan, mengingat saat ini bisnis coffe shop tidak hanya ada satu tetapi hampir mencapai ratusan coffe shop pada satu kota saja. Luar biasa, bukan?

Oleh karena itu, melalui artikel ini kamu akan disajikan tentang panduan lengkap untuk memulai bisnis coffe shop pilihanmu! Be Creative and Check it Out!

1. Awali dengan riset tentang coffe shop dan pastikan sangat lengkap, okay?

Membuka cafe membutuhkan investasi besar sehingga penting bagi kamu untuk meluangkan waktu mulai sekarang, untuk memahami apa yang diperlukan dalam menjalankan cafe yang sukses. Ini berarti kamu dapat menjangkau pemilik bisnis kopi dan belajar dari pengalaman mereka, kamu juga bisa mencari tahu apa yang membuatnya berhasil dan apa yang tidak.

Dan inilah bagian yang menyenangkan, why? Karena ini juga berarti bahwa kamu harus mengunjungi banyak kafe untuk mendapatkan wawasan tentang bisnis yang kamu inginkan.

Selain itu, kamu juga bisa mempelajari tentang basis pelanggan. Siapa mereka? Apa kebutuhan mereka? Jam berapa hari yang paling sibuk hingga mengetahui pelanggan kamu dengan baik akan membantu perencanaan, pembuatan menu juga harga loh!

2. Semangat, sekarang saatnya untuk menentukan visi coffe shop milikmu!

Saat ini, tidak diragukan lagi bahwa kamu memiliki rencana besar dan sudah memiliki gambaran tentang coffe shop-mu. Jadi, tuliskan apa yang ingin kamu capai dengan coffe shop-mu. Dan suasana seperti apa yang ingin kamu ciptakan.

Mulailah dengan mengumpulkan foto, menu, dan ide desain untuk memberikan inspirasi tentang tampilan kafe kamu dan bagaimana perasaan pelanggan kamu saat mereka masuk.

Dengan memiliki visi yang jelas, maka akan membantu kamu untuk konsisten dalam memilih nama, memutuskan dekorasi, merencanakan makanan, memilih kopi, memilih cangkir, dan menentukan cara kamu harus berinteraksi dengan pelanggan.

#Tips: Kamu tidak dapat menyenangkan semua orang, jadi rahasia sukses adalah benar-benar memahami untuk siapa kamu merancang bisnis ini.

3. Sekarang buat rencana bisnis coffe shop, semakin detail akan lebih baik!

Pada kenyataannya, manfaat nyata dalam menyusun rencana bisnis bukanlah tentang dokumen akhir. Tetapi, tentang proses. Sebuah rencana bisnis akan memandu kamu melalui setiap tahap pengembangan dan pengelolaan kedai kopimu, dan akan berfungsi sebagai peta jalan untuk menyusun, menjalankan, dan mengembangkan bisnis baru kamu.

Rencana bisnis kamu harus mencakup beberapa hal di bawah ini ya!

  1. Strategi lokasi dan sewa.
  2. Ringkasan: Untuk apa bisnis ini berdiri, dan bagaimana bisnis ini akan menonjol.
  3. Berapa banyak uang tunai yang kamu butuhkan untuk memulai dan dari mana asalnya.
  4. Proyeksi keuangan: proyeksi laba dan rugi hingga arus kas.
  5. Analisis pasar lokal: Siapa pelanggan tetap kamu dan siapa pesaing kamu?
4. Pilih lokasi yang benar, karena dapat berpengaruh pada kesuksesan bisnis kamu!

Sebelum kamu membuat keputusan, luangkan waktu pada hal-hal yang kamu pertimbangkan, seperti apakah lokasinya cukup terlihat? Apakah lalu lintas pejalan kaki cukup memadai untuk menopang kafe kamu, juga tentang hal-hal seperti apa yang disukai masyarakat setempat.

Ingat bahwa kamu akan menghabiskan banyak waktu di sini, jadi pastikan kamu benar-benar memahami apa yang membuat penduduk setempat tergerak. Penting juga untuk memahami detail sewa eceran, persyaratan dokumen ini akan memengaruhi profitabilitas dan nilai jual kembali bisnis kamu di jalurnya.

5. Lalu, temukan pemasok terbaik dan andal serta pastinya sesuai dengan visi coffe shop-mu!

Tergantung pada jenis kafe yang kamu buka, pemasok utama biasanya seperti kopi, susu, roti, produk segar, dan bahan makanan. Kamu juga akan membutuhkan cangkir porselen, pengaduk kopi, teko, sirup dan sebagainya.

Jadi, mulailah dengan membuat daftar semua persediaan yang kamu butuhkan dan pastikan sedetail mungkin. Daftarnya mungkin tampak luar biasa, tetapi membahas seluk-beluknya akan memastikan kamu telah siap untuk apa pun.

6. Be creative, rancang coffe shop-mu juga tentukan karakter padanya!

Desain kafe kamu sangat penting untuk menarik pelanggan dan menarik mereka untuk kembali. Konsepnya akan sangat bergantung pada audiens target kamu. Akankah itu modern? Retro? Canggih? Ramah keluarga atau berfokus pada kesehatan?

Jadi sekali lagi, jangan mencoba menyenangkan semua orang degan memilih satu tema dan berpegang teguh pada itu akan membuat identitas coofe shop­-mu menjadi lebih kuat.

Evaluasi efisiensi tata letak baik dari perspektif karyawan maupun pelanggan juga penting loh! Bisakah barista bekerja secara metodis di ruang yang dialokasikan atau akankah pelanggan memahami proses pemesanan saat memasuki kedai kopi kamu.

7. Yeey! Saatnya memasarkan coffe shop milikmu!

Bulan dan minggu menjelang pembukaan kafe kamu adalah kesempatan untuk mulai membangun jaringan kamu. Media sosial akan menjadi promosi kamu, jadi gunakanlah untuk membangun reputasi brand yang baik untuk produk kamu.

Pastikan kamu telah mengklaim daftar Google Maps kamu, agar muncul pada saat pencarian dan pertimbangkan untuk mengklaim halaman kamu di situs ulasan lain, seperti Tripadvisor agar kamu dapat menanggapi saran dengan cepat.

Selain itu, ketika pelanggan kamu datang, kamu dapat meminta mereka untuk mengikuti halaman kamu untuk menerima informasi terkini juga free menu spesial!

8. Akhirnya, proses pembukaan coffe shop milikmu!

Membuka cafe adalah pencapaian luar biasa dan akan menandai awal dari petualangan baru yang mengasyikkan. Untuk menggelar grand opening yang sukses, mulailah merencanakan sejak dini dan pastikan kamu memiliki cukup staf untuk acara tersebut dan periksa acara lokal lainnya yang mungkin berbenturan dengan acara kamu.

Semoga, artikel tentang panduan lengkap membuka coffe shop  ini dapat benar-benar membantu kamu. Semangat!

Baca Juga  Manfaat Jahe dan Cara Mengolahnya, Bagus Untuk Kesehatan Lho!

Comment

Artikel Terkait