by

Bagaimana Cara Mencuci Kain Sutera dan Merawatnya dengan Baik dan Benar?

Kain sutera merupakan kain eksklusif yang terbuat dari larva ulat murbei. Kain ini memiliki karakteristik halus, licin, mengkilap dan nyaman saat digunakan. Sehingga, pakaian yang menggunakan bahan sutera pasti memiliki harga yang cukup mahal. Oleh karena itu, kamu harus memperhatikan cara mencuci kain sutera yang baik dan benar.

Pakaian yang menggunakan bahan sutera pasti tergolong pakaian yang spesial, seperti gaun, batik sarimbit, busana muslim dan pakaian lain yang digunakan dalam acara yang spesial pula. Umumnya, orang-orang pasti memiliki pakaian yang berbahan sutera untuk digunakan pada acara-acara tertentu.

Cara Mencuci Kain Sutera yang Baik dan Benar

Perawatan terhadap bahan sutera hendaknya harus benar-benar diperhatikan, termasuk bagaimana cara mencucinya. Sebaiknya, pilihlah deterjen yang aman dan khusus untuk baju dengan bahan sensitif. Hindari penggunaan zat pemutih karena dapat merusak serat alami kain.

Untuk mencuci kain sutera, kamu bisa menggunakan dua cara, yaitu menggunakan tangan atau mesin cuci. Tentu saja, langkah-langkah yang harus dilakukan juga berbeda. Untuk itu, kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

1. Langkah mencuci kain sutera menggunakan tangan

Sebelum melakukan langkah mencuci kain sutera seperti di bawah ini, kamu perlu memperhatikan label yang tertera pada kain. Jika pada label tertera tulisan ‘dry clean only’, maka jangan mencuci kain sutera seperti cara berikut. Namun, jika tulisan tersebut tidak tertera pada label kain, maka kamu bisa ikuti cara di bawah ini:

  • Pastikan bahwa baju berbahan sutera yang akan kamu cuci tidak luntur.
  • Isilah wadah atau ember yang akan digunakan untuk mencuci dengan air hangat dan deterjen cair yang aman. Jangan lupa membaca takaran yang diperlukan pada kemasan produk.
  • Masukkan baju ke dalam wadah cucian dan rendam selama 5 menit.
  • Setelah itu, ganti air dengan air dingin dan masukkan pelembut pakaian sesuai takaran penggunaan yang sesuai.
  • Rendam baju pada air dingin selama beberapa menit, kemudian bilas dengan air yang mengalir untuk menghilangkan semua sisa deterjen dan pelembut.
  • Keringkan kain sutera, namun jangan memerasnya karena dapat merenggangkan serat dan merusak bentuk pakaian.
  • Sebagai alternatif, letakkan baju sutera di atas permukaan handuk yang kering. Kemudian, gulung handuk untuk mengangkat air pada kain.
Baca Juga  Tips Mudah dan Cara Pasang Wifi di Rumah Sendiri
2. Langkah mencuci kain sutera menggunakan mesin cuci

Sebelum mencuci pakaian berbahan sutera menggunakan mesin cuci, kamu juga perlu memperhatikan label yang tertera pada pakaian. Jika pada label tertera bahwa pakaian suteramu aman dicuci menggunakan mesin, maka kamu bisa mengikuti langkah di bawah ini:

  • Masukkan baju sutera ke dalam mesin cuci bersama dengan pakaian yang berwarna serupa. Hal ini untuk menghindari kemungkinan terjadinya kelunturan, jika mencampurnya bersama pakaian dengan warna berbeda.
  • Pastikan bahwa pakaian yang dicuci bersama tidak memiliki aksesoris yang dapat merusak kain sutera, misalnya kancing logam.
  • Selalu gunakan deterjen yang aman dan perhatikan takaran penggunaan pada label kemasan.
  • Pilih temperatur rendah dan mode mencuci bahan alus saat mencuci baju suteramu.
  • Setelah selesai mencuci, keringkan baju sutera dengan cara yang sama seperti di atas.
  • Hindari mengeringkan pakaian menggunakan mesin pengering, karena panas yang dihasilkan dapat menciutkan kain sehingga bisa menyebabkan menurunnya kualitas kain.
Tips Lain Merawat Kain Sutera Agar Tetap Indah

Selain memperhatikan bagaimana mencuci kain sutera yang baik dan benar, kamu juga perlu memperhatikan tips lain dalam merawat kain sutera agar tetap indah. Tips tersebut seperti cara menyimpan, menyetrika, hingga menjemur kain sutera yang baik dan benar.

1. Cara menyimpan kain sutera

Dalam menyimpan pakaian berbahan sutera, pastikan lemari yang kamu gunakan dalam keadaan kering. Hal ini untuk menghindari timbulnya jamur, yang dapat merusak keindahan baju sutera milikmu. Cara penyimpanan kain sutera yang baik dan benar adalah:

  • Jangan melipat kain sutera. Pastikan selalu menggantung baju sutera dengan gantungan pakaian yang berbahan lembut dan dilapisi busa agar tidak merusak kain.
  • Gunakan kamper atau akar wangi untuk mengusir ngengat atau serangga pada lemari pakaian.
  • Tips lain dalam menyimpan kain sutera yaitu melapisinya menggunakan kain katun dan bukan dengan plastik. Sebab, membungkus kain sutera menggunakan plastik bisa menyebabkan kain sutera ditumbuhi jamur.
  • Jangan menyimpan kain sutera di tempat yang langsung terkena cahaya matahari.
Baca Juga  Kamu Pejuang UTBK? Siapin Sekarang 10 Strategi Lolos UTBK SBMPTN Ini
2. Cara menyetrika kain sutera

Menyetrika baju berbahan sutera juga tidak boleh dilakukan sembarangan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar kualitas dan keindahan kain tetap terjaga. Hal yang harus diperhatikan dalam menyetrika kain sutera adalah sebagai berikut:

  • Gunakan setrika dengan temperatur panas yang sedang. Atur mode ‘silk’ untuk menyetrika kain sutera dan usahakan kain masih dalam keadaan lembab saat akan disetrika.
  • Setrika baju hanya pada bagian dalam saja (bagian dalam berada di luar), kemudian lapisi menggunakan kain katun.
  • Jika kamu menggunakan setrika uap, maka sebaiknya berhati-hatilah. Jika tidak, maka setrika uap bisa meninggalkan bekas uap permanen pada kain suter milikmu.
3. Cara menjemur kain sutera

Setelah kain sutera selesai dicuci, kamu pun harus memperhatikan hal-hal khusus dalam penjemuran kain. Hindarilah menjemur kain sutera di bawah sinar matahri langsung. Sebab, hal ini dapat merusak kualitas benang dan membuat warna sutera memudar.

Dalam mencuci kain sutera, cara terbaik yang bisa kamu gunakan adalah menggunakan teknik pencucian tangan daripada mesin. Sebab, daya pencucian mesin bisa menyebabkan resiko kerusakan kain yang lebih tinggi. Yang terpenting adalah, selalu perhatikan langkah-langkah mencuci kain sutera yang baik dan benar agar kualitas kain tetap terjaga.

Comment

Artikel Terkait