oleh

Awas Jangan Salah Pilih, Ini Tips Memilih Jenis Lampu yang Benar

Lampu merupakan kebutuhan manusia yang sangat penting karena dengannya, dunia menjadi terang benderang. Sekalipun demikian, Anda tetap tidak boleh memilih jenis lampu sembarangan karena resikonya cukup besar termasuk kebakaran akibat korsleting. Untuk itu, berhati-hatilah dengan lampu yang tidak memiliki standar keamanan tinggi.

Terdapat beberapa tips memilih jenis lampu supaya mendapatkan produk yang berkualitas tinggi. Sebagian di antaranya, akan dijelaskan di bawah ini yang bisa Anda jadikan sebagai informasi penting sebelum mulai memilih. Untuk itu, silakan dibaca, ini dia tips-tips yang dimaksud:

1. Memilih Lampu yang Tanpa Sinar UV

Lampu merupakan alat penerangan yang di jaman ini menjadi kebutuhan paling pokok bagi masyarakat. Makanya, mereka tidak segan membeli puluhan lampu untuk menerangi rumah masing-masing. Ini tidak masalah bahkan menjadi keniscayaan supaya rumah tidak gelap gulita. Namun pastikan jangan sampai salah memilih jenis lampunya.

Yang perlu dihindari adalah lampu yang di dalam cahayanya mengandung sinar UV. Biasanya lampu semacam ini mengandung bahaya yang salah satunya bisa merusak mata. Selain itu, daya silaunya begitu tinggi hingga membuat mata lelah sampai mengalami kebutaan. Maka dari itu, sebelum mulai membeli lampu silakan periksa dulu spesifikasinya.

Anda harus membaca kemasan lampu dan pastikan di dalamnya tertulis no sinar UV. Jika tidak ada tulisan semacam ini, maka Anda patut khawatir dan lebih baik pilih saja lampu jenis yang lain. Karena sejatinya, keamanan Anda tidak boleh dijadikan taruhan hanya demi harga murah.

2. Lampu yang Mampu Menyimpan Daya

Lampu yang cahayanya cukup terang, tentunya paling layak dipilih oleh masyarakat. Namun harus diingat, kalau semakin terang cahaya lampu, penggunaan daya juga lebih tinggi. Jadi jangan bingung dan mengeluh ketika sudah tiba pembayaran tagihan, biaya listrik menjadi membengkak.

Baca Juga  Suka Memanipulasi Orang Lain? Kenali 6 Tanda-tanda Toxic People!

Maka dari itu, pilihlah jenis lampu yang mampu menahan daya. Artinya, sekalipun cahaya yang dikeluarkan cukup terang, tetapi tidak sampai membuat biaya tagihan membengkak. Lampu semacam ini sudah sangat banyak yang biasanya berjenis LED dengan berbagai ukuran dan tipe.

3. Jangan Tertipu dengan Lampu Murah

Tidak ada seorangpun yang tidak ingin membeli produk apapun selama harganya murah. Namun, Anda harus selektif memilih termasuk mencoba menjauhi produk murah selama itu memiliki resiko keamanan yang tinggi. Salah satunya lampu yang berpotensi mengalami kerusakan jika kualitasnya buruk.

Untuk itu, demi keamanan Anda, tetaplah memilih lampu yang harganya standar atau sedikit mahal. Karena itu juga sebagai penanda kalau lampu tersebut memang memiliki kualitas yang bagus. Sehingga Anda lebih aman dari korsleting hingga kebakaran yang terkadang menimbulkan korban jiwa.

4. Pilih Lampu dengan Fitur Anti Silau

Tips memilih jenis lampu yang berikutnya ialah memilih lampu dengan fitur anti silau. Untuk konteks kekinian, lampu sudah menggunakan fitur semacam ini. Memang harganya jauh lebih mahal, tetapi pencahayaannya lebih merata, ideal dan tidak menyakitkan pada mata.

Lampu yang terlalu silau juga tidak enak ketika dijadikan sebagai alat penerangan. Apalagi kalau ukuran watt yang disematkan cukup tinggi sehingga berpotensi merusak kesehatan mata. Anda tidak perlu khawatir, karena biasanya pabrik sudah menuliskan fitur ini di kemasan dan jika tidak ada, lebih baik cari produk yang lain.

5. Memilih Lampu dengan Masa Pakai Cukup Lama

Lampu yang berkualitas biasanya memiliki masa pakai yang cukup lama hingga ribuan jam. Sedangkan normalnya, lampu yang bagus memiliki masa pakai dari 7000 jam hingga 15000 jam. Ini merupakan garansi yang menjadi penanda kalau lampu tersebut memang berkualitas tinggi. Apapun mereknya, jika masa pakainya selama itu, maka Anda layak untuk membelinya.

Baca Juga  Berbanding Terbalik! Inilah Perbedaan Tipe Pria Idaman Wanita Humoris dan Wanita Pendiam

Harganya memang sedikit mahal tetapi ini sebanding dengan kepuasan Anda yang sangat luar biasa. Bagaimana tidak, jika Anda memilih lampu yang murah, tetapi tidak berumur panjang, tentu biayanya jauh lebih mahal karena Anda harus mengeluarkan biaya baru untuk membeli lampu yang baru.

6. Pilih Lampu yang Mudah Dipasang

Sejatinya, pemasangan lampu merupakan aktivitas yang harus dilakukan oleh ahlinya. Namun terkadang ada beberapa lampu yang sejatinya bisa dipasang sendiri karena desainnya lebih mudah dan tidak berbahaya. Nah, seharusnya Anda memilih lampu-lampu semacam ini yang simpel dan mudah dipasang.

Akan tetapi, jika mendapatkan lampu yang terlalu rumit, maka lebih baik menghubungi PLN saja supaya dipasangkan. Karena ini tidak hanya terkait dengan kesalahan pemasangan tetapi juga kerusakan dari perangkat itu sendiri. Artinya, cari aman saja sekalipun harus mengeluarkan sedikit uang untuk biaya jasa.

7. Hindari Lampu Ilegal

Sekarang ini sudah banyak lampu-lampu ilegal yang dijajakan di jalanan dengan harga murah. Sejatinya, lampu ini merupakan hasil instalasi sendiri dengan memanfaatkan lampu-lampu yang awalnya sudah mati total. Untuk saat ini, pertumbuhan usaha ini cukup besar tetapi tidak diiringi dengan sertifikasi pengusahanya yang jelas.

Tentu sangat riskan kalau Anda membeli lampu jenis ini karena resiko terjadi kerusakan masih sangat besar. Sedangkan kalau menggunakan lampu original dari pabrik, perangkat pembuatannya tentu lebih canggih dan aman. Bukannya mengapa, melainkan karena lampu identik dengan keamanan Anda di rumah maupun di kantor.

Maka dari itu, silakan terapkan tips memilih jenis lampu di atas, supaya Anda tidak salah memilih. Dan jangan merasa ragu untuk mengeluarkan biaya mahal selama lampunya memang berkualitas tinggi. Jadi, tetaplah selektif ketika memilih dan jangan sampai tertipu dengan produk-produk lampu berharga murah.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Publikasi Terkait Lainnya