by

Apa saja Tips Memilih Jasa Catering untuk Hajatan yang Tepat?

Catering untuk hajatan sangat penting diperhatikan. Pasalnya, makanan merupakan salah satu hal yang akan di suguhkan kepada para tamu undangan. Sehingga, kebersihan, cita rasa dan jenis makanan merupakan tanggung jawab dari sang penyelenggara hajat.

Tentu akan merasa tidak nyaman pada tamu undangan, bukan? Apabila makanan yang dipesan dari catering rasanya kurang enak. Ditambah apabila sang penyedia jasa catering telat mengirim makanan. Sementara tamu undangan udah banyak yang berdatangan. Namun, makanan belum tersedia.

Tips mudah memilih Catering Untuk Hajatan

Ada berbagai cara memastikan jasa catering tersebut memanglah tepat untuk kamu pilih. Akan ribet jika kamu salah memilih Jasa. Pasalnya itu akan mempengaruhi proses hajatan pula. Baik pernikahan maupun acara sunatan. Apabila kamu bingung bagaimana caranya memilih jasa catering yang tepat, inilah beberapa cara yang bisa kamu ikuti!

1. Mencari melalui internet atau pun orang terdekat

Kamu bisa mencari catering yang tepat dari orang terdekatmu. Misalnya, teman mu yang baru menyelenggarakan pernikahan, saudaramu yang baru menyelesaikan acara khitanan, dan lain sebagainya. Namun, apabila kamu rasa catering yang mereka gunakan kurang sesaui dengan keinginanmu. Kamu bisa mencarinya melalui internet.

Baik melalui mesin pencarian maupun dari sosial media. Biasanya, para jasa penyedia catering pun mempublikasikan layanan mereka. Beserta mengenai menunya. Apabila dari artikel maupun feed instagram, tidak menemukan informasi mengenai harga cateringnya.

Kamu bisa langsung menanyakan kepada pihak yang bersangkutan. Sehingga semua jelas dan pastikan pula, siapa saja yang memasak hidangan tersebut. Apakah didominasi oleh orang-orang yang berpengalaman serta profesional atau malah sebaiknya.

2. Menu catering beragam

Kamu pasti akan kebingungan, apabila hanya dapat memilkih 3 atau 4 menu saja untuk acara hajatanmu. Tentu, masakannya pun tidak akan beragam, bukan? Sehingga kamu perlu memilih catering yang memiliki menu beragam. Sehingga kamu dapat menyajikan makanan pada tamu undangan dengan beraneka macam.

Baca Juga  Bosan Belajar Online? Ini 5 Tips Belajar Daring Agar Tetap Semangat Selama Pandemi Covid-19

Jika mereka memiliki alergi atau tidak suka terhadap satu makanan, tamu undanganmu dapat mencoba makanan yang lain. Namun, sebelum kamu memutuskan untuk memilih menu mana saja. Pastikan sudah mengetahui alergi para tamu undangan yang akan datang. Dengan begitu, kamu dapat menyediakan berbagai pilihan makanan lainnya yang tidak memicu alergi tamu hajatan tersebut.

3. Menawarkan test food

Namanya makanan, tidak bisa ditentukan oleh gambar saja. Melainkan kamu perlu mencobabya secara langsung. Pasalnya, makanan dapat dikatakan sesuai atau tidak dengan selera, apabila sudah mencobanya terlebih dahulu.  Hal ini pun dimaksudka, jika ada kekurangan mengenai menu yang dipilih. Dapat langsung mengajukan request atau permintaan pada pihak penyedia catering.

Misalnya, kamu memesan rending. Namun, rasa dari rending tersebut bumbunya kurang terasa. Sehingga kamu bisa mengajukan, bahwa ini harus ditambahkan bumbunya. Lebih baik lagi, jika pada saat memasak ulang kamu bisa mencobanya kembali. Sampai kamu yakin rasa tersebut, sudah cocok dengan selera yang kamu anggap baik.

4. Cek kredibilitas

Hal yang sangat penting sebelum kamu memutuskan untuk bekerja sama dengan jasa catering adalah memastikan kredibilayas mereka. Pasalnya, ada beberapa jasa yang memang kurang kredibilitasnya. Awalnya menyanggupi, tetapi pada akhirnya tidak sesuai dengan apa yang disepakati.

Misalnya, ada perubahan menu secara mendadak, rasa yang berubah, dan lain sebagainya. Tentu hal ini akan merugikan. Maka, kamu perlu memastikan kredibilitasnya, melalui berbagai ulasan yang ditulis para kostumennya bila di internet. Namun, bila mendaptkan informasi dari oaring terdekat, kamu perlu menanyakannya kepadanya secara detail mengenai layanan, masakan, dan lain sebagainya.

5. Memiliki kontrak yang jelas

Hal ini pun sangat penting. Ibaratnya yang namanya bisnis harus ada perjanjian di atas hitam putih. Dengan begini, dua belah pihak akan merasakan keuntungan. Pasalnya, semua pihak yang terlibat dalam surat perjanjian tersebut akan bertanggung jawab terhadap kewajibannya dan berhak mendapatkan haknya.

Baca Juga  Ingin Sukses dan Terkenal? Inilah Syarat Jadi Influencer Beserta Tips Suksesnya

Namun, apabila tidak melakukannya. Hal tersebut dapat diajukan kepada pihak yang berwajib. Namun, pastikan surat perjanjian tersebut dan tersimpan di tempat yang aman. Tentu, berbisnis seperti ini jauh lebih aman.

Hal ini pun perlu diberlakukan  dalam menggunakan jasa catring untuk kamu gunakan. Sebelum menandatangani surat tersebut, pastikan kamu sudah membacanya secara detail. Dengan begitu, tidak ada pihak yang dirugikan.

6. Manajemen waktu yang baik

Bisa terbanyang, bukan? catering yang dipesan terlambat gara-gara dia memiliki klien yang yang banyak. Tentu hal tersebut menjenggelkan dan merusak mood. Tidak hanya itu, tetapi dalam dirimu akan muncul perasaan tidak enak hati dengan pelayanan seperti ini. Maka , pastikan terlebih dahulu jasa yang kamu pilih ini, apakah bisa memenej waktu dengan baik atau tidak.

Sebaiknya, memilih jasa catering yang melayani hajatan dua apabila SDM nya bagus. Selain itu, kamu pun bisa memilih jasa yang hanya melayani satu orang yang hajatan saja setiap harinya. Ini merupakan salah satu cara yang baik.  Karena pihak catering akan fokus kepada acara hajatanmu. Terlebih jika hajatan yang kemu gelar mengundang banyak tamu undangan.

Enam cara memilih catering untuk hajatan tersebut dapat kamu praktikan ketika akan menyelenggaran hajatan. Selain itu, perhatikan pula jumlah yang di undang berapa. Sehingga makanan yang dipesan sesuai dengan jumlah tamu undangan. Namun, ada pula jasa yang memaparkan per-item produk pada customernya. Sementara jumlah totalnya akan dihitung setelah acara hajatan selesai dilakukan.

Comment

Artikel Terkait