by

Apa Saja Skill yang Harus Dimiliki Desainer Grafis?

Desainer grafis merupakan orang yang bekerja di bidang seni dan komunikasi dalam bentuk visual digital. Profesi ini merupakan salah satu profesi yang banyak dibutuhkan saat ini. Sehingga tak heran banyak orang yang ingin bekerja di bidang ini. Namun, tahukah kamu apa saja skill yang harus dimiliki oleh desainer grafis?

Mengetahui berbagai skill yang harus dimiliki oleh seorang desainer grafis penting untuk dicari tahu, mengingat pekerjaan ini bukan merupakan hal yang mudah dan tentunya saja kamu akan menemukan banyak kompetitor. Sehingga, penting untuk mempersiapkan segala hal terlebih dahulu agar kamu lebih siap untuk jadi seorang desainer grafis yang handal.

Beberapa Hard Skill yang Harus Dimiliki Desainer Grafis

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa untuk menjadi seorang desainer grafis kamu perlu memiliki berbagai skill khusus. Berikut merupakan beberapa skill yang harus dimiliki oleh desainer grafis, yang perlu kamu ketahui sebelum masuk ke dunia desain grafis.

1.  Prinsip Desain

Hal pertama dan paling mendasar yang perlu kamu miliki ketika memutuskan untuk menjadi seorang desainer grafis yaitu, kamu harus memiliki prinsip desain. Seorang desainer grafis harus senantiasa memberikan desain yang bagus dan kreatif. Sehingga menentukan prinsip desain penting untuk dilakukan.

Ada lima prinsip desain yang perlu dimiliki seorang desainer grafis. Prinsip-prinsip tersebut diantaranya; alignment atau membuat desain menjadi padu, repetisi atau menyatukan bagian-bagian desain yang sebelumnya terpisah, kontras atau memberikan penekanan di bagian tertentu, hierarki atau menciptakan keteraturan, dan seimbang atau menciptakan struktur.

2. Tool Desain

Untuk membantu desainer agar menghasilkan hasil yang baik, seorang desainer grafis membutuhkan tools atau software desain. Adapun, beberapa software yang dapat membantu desainer grafis di antaranya Adobe photoshop, adobe illustrator, GIMP, Adobe InDesign, Vektor, dan masih banyak lagi.

Baca Juga  Manfaat Jahe dan Cara Mengolahnya, Bagus Untuk Kesehatan Lho!
3. Tipografi

Skill yang harus dimiliki oleh desainer grafis selanjutnya yaitu, tipografi. Tipografi sendiri merupakan jenis font atau gaya tulisan yang kerap kali muncul dalam suatu desain grafis. Pemilihan tipografi harus meliputi beberapa aspek seperti mudah dibaca oleh audiens, menjadi sarana branding, dan menciptakan hierarki.

Sehingga dapat diketahui bahwa tipografi memiliki peran yang juga tak kalah pentingnya. Oleh karena itu, perlu diperhatikan untuk selalu memilih font yang tepat dan pahami juga pemilihan tingkat kontras serta penempatan kata-kata yang tepat.

4. Branding

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa untuk menjadi seorang desainer grafis kamu perlu memiliki skill branding. Branding sangat penting dimiliki oleh suatu desain sebagai identitas yang membedakannya dengan desain lain, sehingga sebagai seorang desainer grafis kamu perlu menciptakan style untuk berbagai macam brand.

5. Ideation

Skill yang harus dimiliki desainer grafis berikutnya yaitu, ideation. Ideation mengacu pada riset serta cara seorang desainer dalam mengaplikasikan tren menjadi sebuah tampilan visual yang apik. Skill tersebut akan sangat penting dimiliki untuk bisa memikat klien.

Soft Skill yang Harus Dimiliki Oleh Seorang Desainer Grafis

Selain dari berbagai hard skill yang harus dimiliki desainer grafis yang telah dijelaskan sebelumnya, sebagai seorang desainer grafis kamu juga perlu memiliki berbagai soft skill untuk menjadikan kamu sebagai desainer grafis yang handal. Berikut merupakan beberapa soft skill tersebut.

1. Kreativitas

Aspek soft skill pertama yang harus dimiliki oleh seorang desainer grafis yaitu, kreativitas. Seorang desainer grafis bekerja di bidang kreatif, yang tentu saja selalu menuntut anggotanya untuk memiliki sifat yang kreatif pula. Seorang desainer grafis harus mampu menyampaikan pesan kepada audiens melalui desain yang menarik dan tidak membosankan.

Baca Juga  7 Tips Sederhana Agar Tidak Mudah lelah
2. Komunikasi

Selain memiliki kreatifitas yang tinggi, seorang desain grafis juga dituntut untuk bisa menguasai komunikasi visual. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa dalam desain selalu mengandung tulisan. Tulisan tersebut tidak boleh terlalu panjang dan berbelit-belit.

Seorang desainer grafis harus mampu melakukan komunikasi lewat desain yang dibuatnya. Hal tersebut penting agar seakan kamu bisa berinteraksi dengan audiens. Skill ini juga sangat penting dimiliki ketika kamu harus presentasi kepada klien atau berbicara dengan recruiter.

3. Manajemen Waktu yang Baik

Sudah menjadi rahasia umum bahwa seorang desainer grafis kerap kali menerima proyek secara bersamaan. Hal tersebut menuntut kamu untuk pandai melakukan manajemen waktu yang baik, agar pekerjaan kamu dapat terselesaikan sesuai dengan tenggat waktu yang diberikan oleh klien.

4. Active Listening

Selanjutnya, yang perlu dimiliki oleh seorang desainer grafis yaitu menjadi seorang active listening atau mampu mendengarkan secara fokus lawan bicara kamu. hal tersebut sangat penting dimiliki karena kamu harus mampu menerjemahkan visi klien.

Dengan begitu, kemudian kamu bisa mencurahkannya ke dalam bentuk desain visual. Sebagai seorang desainer grafis kamu perlu memahami apa yang diinginkan oleh klien terkait desain visual.

Seiring dengan perkembangan zaman, saat ini seorang desainer grafis perlu mengandung unsur UX. Sehingga, seorang desainer grafis dituntut untuk mengetahui tentang prinsip desain UX yang tepat, meskipun pada praktiknya desain grafis fokus pada iklan untuk media sosial. Kamu bisa mulai mempelajarinya dengan membedah tampilan pada aplikasi.

Beberapa skill yang harus dimiliki desain grafis di atas penting kamu kuasi. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah dalam menyelesaikan pekerjaan. Tidak hanya itu saja, kamu pun dapat lebih mudah lagi untuk menjaring klien baru. Bahkan membuat orang yang sudah menggunakan jasamu, ingin order kembali bahkan merekomendasikan ke orang lain lagi.  

Comment

Artikel Terkait