by

Apa Saja Hal yang Harus diperhatikan Sebelum Merantau?

Merantau merupakan pilihan bagi siapa saja. Terutama bagi mereka yang memutuskan bekerja maupun kuliah di luar kota. Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum merantau. Sehingga, kamu lebih siap untuk beradaptasi di lingkungan baru. Terutama jika daerah yang kamu kunjungi, memiliki budaya yang bertolak belakang atau sedikit berbeda dengan tempat tinggal asal.

Memutuskan kuliah atau meniti karir di luar kota, memang bukanlah keputusan yang mudah. Pasalnya, kamu harus jauh dari rumah dan keluarga. Sehingga, mengharuskan kamu, mau tidak mau haruslah bertahan seorang diri. Terutama bagi orang yang tidak memiliki sanak keluarga di kota tersebut.

Inilah Hal yang Harus diperhatikan Sebelum Merantau

Ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan sebelum merantau, hal ini dilakukan untuk membuatmu lebih matang lagi ketika memulai hidup yang baru di tempat barumu.

Selain itu, ketika merantau pasti kita harus dituntut untuk bersosialisasi. Baik dengan tetangga tempat kos, rekan kerja, maupun yang lainnya. Asal mereka pun bisa jadi dari berbagai daerah dengan budayanya masing-masing. Maka, hal berikut penting untuk diperhatikan sebelum kamu memutuskan berangkat merantau.

1. Mengenal daerah atau kota tujuan

Seperti yang disinggung di awal, bahwa cenderung setiap kota memiliki karakteristik tersendiri. Baik secara kebiasaan, budaya dan lain sebagainya. Sehingga sebelum kamu memutuskan untuk pergi, cobalah untuk mengenal atau menganalisa terlebih dahulu mengenai kota tujuanmu tersebut. Meskipun, sebenarnya ketika kamu tinggal disana, akan lebih memahami situasi.

Namun, tidak ada salahnya apabila hal ini kamu pelajari. Baik secara geografis maupun secara psikologis orang-orang yang tinggal di daerah yang akan kamu tinggali. Informasi ini dapat kamu peroleh melalui mesin pencarian internet. Di sana dapat diperoleh berbagai informasi yang ingin kamu ketahui. Dengan begitu, sedikit banyak nya kamu mengetahui budaya maupun kebiasaan di sana.

Baca Juga  Perlengkapan yang Harus Dipersiapkan Menjelang Lebaran
2. Cari kosan

Ketika merantau, pasti kamu membutuhkan tempat tinggal. Untuk rehat maupun untuk aktivitas lainnya. Selain melakukan pekerjaan atau kuliah. Sebaiknya, pencarian kost ini dilakukan sebelum kamu berangkat merantau. Dengan begitu, ketika sampai kota yang dituju, tidak perlu repot-repot lagi mencari. Selain itu, kamu pun dapat langsung menuju kosan yang ingin disewa.

Meskipun ada beberapa kosan yang tidak memasukan identitas atau informasinya di mesin pencarian. Namun, yang memposting kosan mereka di media sosial maupun di website sudah banyak. Bahkan, kamu dapat memilih kosan mana saja yang sesuai dengan kebutuhan maupun keinginan. Dari mulai fasilitas yang minim hingga yang lengkap.

Tentu setiap fasilitas, luas kamar, dan daerah memiliki ketentuan tersendiri. Bahkan informasi mengenai tempat kos ini dapat kamu cari untuk berbagai wilayah di Indonesia.

Selain itu, biasanya informasi ini disertai dengan nomor kontak dari pemilik kos atau rumah. Dengan begitu kamu dapat mengobrol langsung dengannya. Baik perihal harga, aturan dan lain sebagianya.

3. Siapkan mental untuk menghadapi hal baru

Hal yang perlu dipersiapkan adalah mental. Hal ini tentunya tidak kalah penting dengan hal lainnya. Pasalnya, kesiapan mental sangat berpengaruh terhadap keberlangsungan hidup kamu nantinya. Jika mental kamu down, maka beberapa aktivitas pun akan ikut terganggu. Sehingga sangat penting untuk menyiapkan mental.

Sebelum berangkat, berjanjilah pada dirimu sendiri apapun yang nanti akan dihadapi, untuk tidak tersulut emosi, tidak mencoba hal yang aneh-aneh, dan tidak menyerah terhadap hal yang diimpikan oleh dirimu.

Selain itu, jangan terlalu mendengarkan ucapan orang lain, terutama jika hal tersebut meremehkan mimpi ataupun cita-citamu. Fokuslah pada sesuatu hal yang dapat kamu kendalikan.

Baca Juga  10 Mencari Ide Bisnis Ini Bisa Kamu Pakai Jika Bingung Mau Membuat Bisnis Apa

Yaitu, pikirkan dirimu sendiri. Pasalnya, apapun yang kamu pikiran, itu dapat mempengaruhi perasaan, hingga kepada kinerja dalam bekerja atau belajar. Sementara, orang lain tidak dapat kita jangkau. Karena sekeras apapun kita berusaha, pasti akan ada orang yang menguji kesabaran kita.

Dengan begitu, dirimu akan lebih siap menghadapi tantangan baru. Meskipun hal tersebut sulit, tetapi bukan berarti tidak dapat dilakukan, bukan?

4. Miliki toleransi dan berhati-hati dalam memberikan kepercayaan

Selanjutnya, kamu perlu memahami bahwa setiap orang yang akan kamu temui adalah orang yang berbeda dan dengan karakteristik yang berbeda pula.

Dengan begitu, toleransi dalam dirimu akan meningkat. Toleransi di sini, bukan hanya perkara menerima atau membenarkan segala hal yang dilakukan orang tersebut benar.

Akan tetapi, lebih kepada menghargai keputusan maupun pandangan orang tersebut. Sehingga sangat penting untuk mengenal orang tersebut berdasarkan latar belakang. Untuk pertama kali bertemu, sering-seringlah bertanya dan mendengarkan terlebih dahulu. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah mendapatkan informasi.

Selain itu, kamu perlu hati-hati. Terutama dalam mempercayai orang yang baru ditemui. Kamu dapat berteman dengan siapa saja, tetapi untuk kepercayaan jangan sampai diletakan pada orang yang kurang tepat. Dengan begitu, kamu pun perlu menyaring siapa saja orang yang pantas dipercayai.

5. Minta doa restu

Seperti yang diketahui, bahwa doa restu orangtua sangat dibutuhkan. Sehingga, mintalah doa restu mereka sebelum merantau. Bahkan, diskusikan terlebih dahulu hal tersebut kepada orangtua, sebelum akhirnya kamu memutuskan untuk pergi merantau. Dengan begitu, perjalanan merantau pun akan lebih mudah dan ringan karena mendapat doa restu dari orangtua.

Kamu pun tidak akan terbayang-bayang hal-hal yang menyakitkan, karena tidak minta restu atau izin sebelum merantau. Jika orangtua tidak mengizinkan mu untuk merantau, tanyalah alasannya kenapa. Setelah itu, yakinkanlah mereka bahwa kamu mampu beradaptasi dan siap bertanggung jawab atas pilihan ini.

Baca Juga  Berikut Motivasi Untuk Merubah Hidupmu Lebih Baik

Beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum merantau tersebut, dapat membantumu lebih ringan dan beradaptasi dengan lingkungan baru. Dibanding kamu langsung merantau begitu saja tanpa persiapan, bukan?

Comment

Artikel Terkait