by

Agar Tak Stres, Ikuti 8 Tips Melewati Hari-Hari Selama Isolasi Mandiri di Rumah

Tetap jaga kesehatan ya para Sobat LintasHaba! Kali ini kami menyajikan beberapa cara agar kamu tak bosan atau stres selama melakukan tahap isolasi mandiri di rumah nih!

Bahasan mengenai isolasi mandiri memang identik dengan hal yang ‘tidak boleh melakukan aktivitas luar ruangan’. Sehingga, kamu tak akan bisa keluar sesuka hati karena dapat menyebabkan dampak yang signifikan pada kesehatan dan kesejahteraan kamu, jika kamu memaksa keluar rumah.

Oleh karena itu, yuk simak 8 tips teratas untuk melewati hari-hari selama isolasi mandiri di rumah, check it out!

1. Belajar sesuatu yang baru

Ini adalah waktu yang tepat untuk mencoba sesuatu yang baru, apakah ada hobi yang selalu ingin kamu coba tetapi tidak pernah punya waktu? Sebenarnya, ada banyak hobi yang bisa kamu mulai di rumah, dengan persediaan yang mudah diakses secara online.

Mungkin kamu ingin belajar merajut atau merenda? Atau mungkin memanggang dan menghias kue? Ada begitu banyak kegiatan di luar sana yang bisa kamu coba!

2. Keluar rumah menuju pekarangan untuk mendapatkan udara segar

Bahkan selama isolasi diri, penting untuk mendapatkan udara segar untuk membantu menjaga kesehatan kamu, karena kita memasuki bulan yang panas dan cuaca lebih baik, maka sinar matahari benar-benar dapat mengangkat suasana hati kamu.

Dan jika kamu cukup beruntung memiliki taman, makan inilah waktu yang tepat untuk keluar. Apakah itu dengan cara menghabiskan waktu untuk menyiangi, membeli beberapa tanaman baru atau hanya bersantai di luar dengan minuman dingin dan menikmati outdoor kamu!

3. Tetap jaga agar otak kamu dapat terstimulasi 

Sangat mudah untuk menghabiskan sepanjang hari dengan menonton serial TV baru atau menonton TV di siang hari, tetapi penting untuk menjaga otak kamu tetap terstimulasi dengan aktivitas lain, untuk menjaga tingkat positif kamu tetap tinggi.

Atau dengan kata lain agar kamu tak stress atau tertekan. Aktivitas dalam ruangan lain yang bisa kamu coba selain TV antara lain melakukan teka-teki, mewarnai atau buku aktivitas seperti pencarian kata dan permainan asah otak. 

4. Tetap berhubungan dengan keluarga dan teman kamu

Sangat penting untuk tetap berhubungan dengan orang yang dicintai, bahkan jika kamu tidak dapat bersama secara fisik, ada banyak platform digital yang berbeda di luar sana yang dapat kamu gunakan untuk tetap berhubungan.

Popularitas panggilan video meningkat, bahkan acara TV menggunakan cara ini untuk menjaga program mereka tetap berjalan. Nah,  aplikasi teratas untuk panggilan grup adalah Zoom, Facetime, Google Meet hingga Microsoft Teams. Atau, kamu juga dapat menggunakan aplikasi perpesanan yang mungkin sudah kamu kenal seperti WhatsApp dan Line.  

5. Cobalah beberapa meditasi 

Meditasi dapat membantu jika kamu menemukan tingkat stres kamu meningkat selama isolasi mandiri, apakah itu karena kekhawatiran keuangan atau tidak mengetahui seperti apa kehidupan setelah isolasi mandiri.

Sebenarnya, ada beberapa Aplikasi hebat di luar sana seperti  Headspace  dan  Calm, yang memandu kamu melalui keterampilan meditasi. Oya, aplikasi ini hanya masih dapat digunakan dalam versi bahasa Inggris ya! Uniknya, ini hanya membutuhkan komitmen beberapa menit setiap hari, dan sangat mudah untuk dimasukkan ke dalam rutinitas harian kamu!

6. Buat rutinitas olahraga

Olahraga adalah cara yang bagus untuk meningkatkan mood dan membuat kamu siap untuk hari itu, berapa pun usia atau tingkat kebugaran kamu.

Sejak isolasi mandiri dimulai, hampir 100 kelas online telah tersedia di berbagai platform, jadi apa pun preferensi kamu, kamu dapat bergabung melalui Zoom, Instagram, atau You Tube.

Kamu mungkin telah melihat bahwa sejak sekolah ditutup, ahli kebugaran Joe Wicks meluncurkan pelajaran olahraga online, sambil mengumpulkan uang untuk NHS, di mana orang tua juga bisa terlibat.

Jika ini sesuai keinginan kamu, mengapa tidak melihat 10 kelas kebugaran online teratas ini. Joe Wicks adalah salah satu instruktur pelajaran olahraga online yang banyak dicari akhir-akhir ini loh!

7. Cobalah bermain permainan!

Permainan adalah cara yang bagus untuk menghabiskan waktu dan juga menemukan kembali sisi kompetitif kamu selama isolasi mandiri di rumah, jadi mengapa tidak pergi dan menggali permainan papan lama itu?

Selain itu, jangan lupa jika kamu sedang isolasi mandiri hampir tidak ada alasan untuk tidak terlibat, berkat teknologi yang terus berkembang ada banyak game yang bisa kamu akses secara online.

Banyak keluarga sekarang juga terlibat dalam kuis grup di platform seperti Zoom, yang telah menjadi acara mingguan untuk mengejar ketertinggalan dengan semua orang dan bersenang-senang. Jadi mengapa tidak memulai kuis khusus keluarga kamu sendiri?

8. Rangkai penampilan alami kamu

Isolasi mandiri telah mencegah banyak orang, untuk dapat mengunjungi penata rambut dan mengakses produk kecantikan dan kosmetik secara normal, tetapi itu tidak berarti kamu tidak dapat menjalani rutinitas kecantikan.

Sehingga, mengapa tidak mengubah rutinitas normal kamu dan merangkul penampilan alami kamu? Cobalah masker rambut seminggu sekali untuk merawat rambut alami kamu, alih-alih melakukan highlight normal yang mungkin kamu dapatkan sebelumnya.

Juga, cobalah beberapa masker wajah yang berbeda untuk membantu membersihkan kulit kamu, ada begitu banyak masker wajah di luar sana bahkan untuk semua jenis kulit. Jadi apakah kamu ingin menghidrasi kulit atau hanya ingin mencoba sesuatu yang berbeda, ada banyak pilihan kok!

Begitulah 8 tips melewati hari-hari selama isolasi mandiri di rumah agar tak stres, patut dicoba nggak nih para Sobat LintasHaba?

Baca Juga  Mau Hubunganmu Awet Dengan Si Dia? Lakukan Beberapa Hal Ini

Comment

Berikan Komentar Untuk Tulisan Ini

Artikel Terkait