by

Agar Hidup Lebih Tertata, Lakukan Tips Membuat Bullet Journal Ini

Memiliki kehidupan yang tertata adalah keinginan banyak orang, tetapi sering kali kita merasa bahwa hidup itu sangatlah rumit. Jika Anda ingin melakukan perubahan, maka Anda harus mau berusaha agar hidup tidak hanya jalan di satu tempat saja. Atau bahkan ada yang mengalami kemunduran dalam kehidupan.

Anda harus mengingat jika “Otak bukanlah Gudang”, sehingga sering kali otak akan membutuhkan waktu, untuk hal-hal seperti mengingat janji yang akan datang, tugas yang perlu diselesaikan, catatan yang ingin diingat dan masih banyak lagi.

Oleh karena itu, Anda memerlukan suatu bullet journal atau jurnal peluru, yang akan membantu hidup Anda agar menjadi lebih tertata. Berikut adalah pertanyaan-pertanyaan seputar bullet journal, yang akan membantu Anda lebih memahami tentang bullet journal.

Apa Itu Bullet Journal?
Foto: unsplash.com

Bullet journal merupakan campuran dari agenda harian, daftar tugas dan sebagai buku harian dengan di dalamnya terdapat banyak simbol-simbol.

Simbol tersebut akan membantu Anda dalam proses mengingat agenda harian serta daftar tugas Anda. Selain itu, juga digunakan untuk mendorong sisi kreatif seseorang, agar bullet jurnal lebih menarik ketika digunakan.

Dengan bullet journal, Anda akan memiliki kesempatan untuk cepat memasukkan informasi-informasi dengan kalimat pendek. Contohnya menggunakan “peluru” atau poin-poin standar untuk meringkas informasi panjang.

Apa Manfaat Menggunakan Bullet Journal?

jika Anda adalah tipe orang yang memiliki sejuta ide dan hal yang harus dilakukan, maka bullet journal dapat membantu Anda dalam menuangkan segala pikiran Anda di atas kertas. Berikut ini manfaat dari bullet journal yang wajib Anda ketahui.

  1. Sebagai tempat mengekspresikan diri, dengan mengatur isi pikiran dan menuangkannya dalam bentuk tulisan.
  2. Memiliki biaya anggaran yang sangat murah dan cocok bagi anak sekolah.
  3. Membantu Anda dalam perencanaan serta harapan dan tujuan di masa depan.
  4. Membantu dalam penyusunan skala prioritas Anda.
Baca Juga  Simak Yuk! 6 Tips Berbisnis Bagi Pemula

Setelah mengetahui apa itu bullet journal hingga manfaat dari menggunakan bullet journal. Berikut adalah cara membuat bullet journal yang sangat mudah dilakukan.

1. Kumpulkan Alat Dan Bahan Yang Anda Butuhkan
tips buat bullet jurnal
Foto: istockphoto.com

Untuk memulai membuat bullet journal, Anda hanya membutuhkan dua hal yaitu buku catatan dot grid dan pena. Carilah jurnal dengan punggung datar, kertas berkualitas tinggi, kotak titik yang ringan dan enak dilihat serta halaman bernomor.

Sebagai tambahan Anda dapat membeli pena gel berwarna, cat air ataupun stiker. Barang tersebut dapat digunakan untuk menambah kesan estetik dan artistik pada bullet journal Anda.

2. Tentukan Tujuan Jurnal Peluru Anda Akan Berfungsi
Foto: unsplash.com

Jurnal peluru bisa berupa kalender, daftar tugas, pelacak tujuan, dan buku harian sekaligus, tetapi tidak harus semuanya itu. Sebelum Anda meletakkan pena di atas kertas, pertimbangkan bagaimana jurnal peluru Anda dapat memberikan manfaat terbaik bagi Anda.

Contohnya, jika Anda membuat bullet journal untuk gaya hidup yang lebih sehat. Maka Anda dapat memulainya dengan membuat poin-poin jadwal rencana makanan sehat, jadwal olahraga rutin dan sebaginya.

3. Tambahkan Unsur-Unsur Dalam Bullet Journal
Foto: instagram.com/bjornbergplanning

Unsur-unsur yang terdapat di dalam bullet journal digunakan untuk menandai dan mengkonsep isi dari jurnal yang Anda buat. Berikut adalah unsur-unsur dalam bullet journal yang dapat Anda tambahkan ketika memulai menulis.

  • Nomor halaman: Mulailah dengan menomori halaman Anda untuk memudahkan referensi.
  • Indeks: Halaman pertama jurnal peluru Anda haruslah indeks. Buat daftar item atau simbol-simbol yang akan membantu Anda menemukan apa yang Anda cari dalam bullet journal.
  • Log harian: Terdiri atas pengingat harian dan daftar tugas yang harus dilakukan setiap hari.
  • Log bulanan: Berisi kalender bulanan tempat Anda dapat mencantumkan tenggat waktu, acara, janji temu dan sebagainya.
Baca Juga  6 Tips Gaya Berpakaian Selama Rapat Online agar Berkesan Baik dan Profesional

Setelah mengetahui dasar-dasar dari bullet journal mulai dari arti buller journal, manfaat hingga cara membuat bullet journal.

Dengan biaya buku catatan yang murah, pena sederhana dan beberapa kreativitas, Anda dapat mengembangkan perencana yang bermanfaat untuk membantu Anda dalam menetapkan tata hidup yang lebih baik. Selamat mencoba!

Comment

Berikan Komentar Untuk Tulisan Ini

Artikel Terkait