by

9 Cara Cepat Memahami Pelajaran: Wajib Disimak Buat Kamu yang Susah Paham!

Di luar sana masih banyak anak-anak pelajar atau mahasiswa yang dalam menangkap pelajaran kecepatannya berbeda-beda. Ada yang sekali dijelaskan oleh guru atau dosennya langsung bisa paham, tetapi ada juga yang harus berkali-kali dijelaskan baru paham.

Nah, buat kamu yang dalam memahami pelajaran juga kerap merasa kesulitan atau kerap merasa lama dalam mengolah materi, berikut cara cepat memahami pelajaran buat kamu!

1. Buat Catatan-Catatan Kecil

catatan tempel kertas, spanduk, untuk melakukan daftar atau memo - sticky note ilustrasi stok

Salah satu kesalahan yang kerap dilakukan oleh seseorang dalam memahami pelajaran, ialah dengan menghafalkan semua materinya, padahal hal ini cukup membuat kesulitan dan pastinya banyak memakan waktu. Nah, oleh karena itu, sebaiknya kamu buat saja catatan-catatan kecil untuk menuliskan poin-poin pentingnya.

Kemudian bagaimana caranya agar kamu tertarik untuk membaca kembali poin-poin penting tersebut? Caranya ialah kamu bisa menuliskan poin-poin penting dari materi di sticky notes, atau kamu bisa membuat kotak-kotak yang berisi poin-poin penting tersebut di buku kamu, kemudian kamu warnai menggunakan spidol atau highlighter warna-warni, atau jika kamu menggunakan sticky notes, kamu bisa tempel sticky notes tersebut di tempat-tempat yang kerap kamu lihat, seperti di cermin, pintu, dinding, laptop, buku dan lainnya.

2. Garis Bawahi Hal-Hal yang Penting

siswa yang menggarisbawahi teks - underline note potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Tak hanya dengan membuat catatan kecil, kamu juga bisa mengingat materi pelajaran kamu dengan cara menggaris bawahinya. Kamu bisa menggaris bawahi poin-poin penting yang ada dalam materi kamu menggunakan bolpoin warna-warni, atau kalau perlu menggunakan highlighter.

Apabila catatan kamu tampak berwarna, hal ini bisa membantu kamu untuk lebih semangat lagi dalam membacanya, dan membantu kamu untuk memudahkan mencari materi yang akan kamu baca atau kamu ingat.

3. Buat Mind Map

profesional kreatif membuat papan suasana hati di kantor - mind map potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Ada lagi cara yang bisa membuat kamu untuk lebih menghemat dalam mengingat dan mencari materi yang akan kamu hafalkan, yaitu dengan membuat mind map. Mind map sendiri merupakan suatu cara untuk memetakan pikiran, dengan tujuan menghubungkan konsep-konsep suatu masalah tertentu.

Baca Juga  Ini Dia Beberapa Fungsi Website Sekolah

Tulisan yang dihasilkan dari mind map ini nantinya ialah berupa gambaran langsung, dari cara kerja koneksi yang ada di dalam otak. Cara ini juga bisa membantu kamu untuk mengembangkan cara berpikir kreatif.

4. Fokuskan Diri saat Sedang Belajar

close up dan selective focus shot wanita yang sedang membaca buku teks di atas meja menunjukkan konsep pendidikan belajar keras dan belajar untuk mendapatkan pengetahuan untuk ujian dalam kehidupan yang tidak penting dan sukses. - focus study potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Saat kamu sedang belajar, sebisa mungkin kamu harus bisa memfokuskan diri kamu agar lebih cepat dalam menerima dan mengolah pelajaran. Oleh sebab itu, sebaiknya sebelum kamu belajar, kamu bisa menyingkirkan barang-barang atau hal-hal yang bisa mengganggu konsentrasi kamu, seperti ponsel misalnya, kemudian tinggalkan atau lupakan sejenak hal-hal yang bisa membuat kamu kepikiran selain mengenai belajar.

5. Sering-Seringlah untuk Latihan Soal

closeup pengusaha mengetik di komputer laptop. fokus pada laptop. bekerja dari rumah. - focus study potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Pasti masih banyak di luar sana pelajar atau mahasiswa yang masih malas untuk berlatih soal, sehabis mendengarkan guru atau dosen menyampaikan materi. Padahal, dengan sering berlatih soal inilah, bisa membantu kamu untuk paham dengan model soal yang ditanyakan. Sebab, pastinya soal yang nanti akan diujikan tidak jauh berbeda dengan latihan soal yang sebelum-sebelumnya.

6. Coba Belajar dengan Menggunakan Case Study

studi kasus - case study potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Case study atau studi kasus bisa menjadi salah satu cara yang bisa kamu gunakan, agar cepat dalam memahami pelajaran, sebab terdapat beberapa materi yang sulit dipahami apabila hanya mengikuti teorinya.

Dengan belajar menggunakan case study inilah kamu bisa dihadapkan dengan suatu kasus, sehingga kamu nantinya dapat memvisualisasikan teori-teori tadi menjadi lebih mudah untuk dipahami.

7. Coba Brainstorming Bersama Teman

kerja tim staf - brainstorming with friend potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Buat kamu yang suka belajar bersama teman karena merasa cepat bosan saat belajar sendiri, kamu bisa nih mencoba cara cepat memahami pelajaran dengan cara brainstorming.

Brainstorming merupakan salah satu cara untuk bisa saling bertukar, serta memperluas ide bersama dengan teman-teman kamu. Saat kamu melakukan hal ini, kamu dan teman-temanmu tidak ada yang salah ataupun benar, kalian semua sama. Tak hanya lebih seru, nantinya kamu bisa mendapatkan banyak ide-ide baru yang bisa memperkaya pengetahuanmu.

Baca Juga  Bukan Hanya karena Uang Saja, Ini Seharusnya Alasan Luhur Menjadi Guru
8. Cari Tahu Kira-Kira Tipe Belajar Kamu yang Mana

sekelompok orang berbicara dan berpikir, - brainstorming with friend ilustrasi stok

Masih banyak orang yang menghiraukan dan tidak mau mencoba mencari tahu tipe belajarnya sendiri. Hal inilah yang tak jarang membuat seseorang menjadi kesulitan dalam menerima suatu pelajaran.

Oleh sebab itu, salah satu cara yang bisa kamu pakai agar kamu dimudahkan dalam menerima dan memahami pelajaran, ialah dengan mencoba mengetahui tipe belajar kamu. Tipe belajar satu orang dengan orang lain berbeda-beda, sehingga tidak masalah apabila tipe belajar kamu berbeda atau bahkan terlihat aneh di mata orang lain.

9. Buat Jadwal Belajarmu Sendiri

foto meja berbaring datar - study schedule potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Buat kamu yang berniat ingin lebih rajin dan teratur dalam belajar, kamu bisa memakai cara ini. Yaitu dengan membuat jadwal belajar sendiri. Memang dengan membuat jadwal belajar ini terlihat sepele, tetapi hal ini bisa membantu kamu untuk lebih konsisten lagi dalam belajar, apalagi di waktu-waktu mendekati ujian, seperti Ujian Tengah Semester atau Ujian Akhir Semester.

Untuk mengingatnya, kamu bisa menempelkan jadwal belajarmu di dinding, meja belajar atau tempat-tempat yang biasanya kamu gunakan untuk belajar.

Nah itulah, beberapa cara cepat memahami pelajaran yang bisa kamu coba. Memang dalam memahami pelajaran yang disampaikan oleh guru atau dosen tidak selalu gampang. Oleh sebab itu, kamu terkadang harus ekstra keras dalam memahami materi tersebut. Walaupun tak jarang kamu harus merasa kesusahan, tetapi bukan berarti hal itu menjadi alasan kamu untuk menyerah dalam belajar. Tetap semangat dan ayo berjuang menggapai cita-citamu.

Comment

Artikel Terkait