by

8 Tips Obati Flu yang Aman dan Murah

Saat ini, banyak masyarakat yang diserang penyakit flu. Oleh sebab itu, tips obati flu yang aman harus diketahui dan dilaksanakan dengan serius. Sehingga, gangguan ini tidak membuat aktivitas menjadi terbengkalai. Serta tidak memicu terjadinya peningkatan keparahan penyakit.

Di artikel ini, terdapat ulasan terkait kiat menyembuhkan penyakit flu. Bisa juga disebutkan sebagai pengobatan pertama yang efektif. Dan jangan khawatir, Anda tidak perlu mengunjungi dokter untuk melakukannya. Sarananya pun mudah didapatkan. Ini dia tips yang dimaksud:

1. Lebih Banyak Istirahat di Rumah

pria sakit berbaring di sofa dan tidur di rumah - sleep flu potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Siapapun yang sedang flu, lebih baik tinggal di rumah. Ini untuk mencegah penularan serta untuk mengatasi penyakit bertambah parah. Di rumah pun harus banyak beristirahat. Termasuk tidak melakukan aktivitas yang melelahkan. Pasalnya, semakin lemah kondisi tubuh, maka virus influenza akan semakin beringas

Virus penyebab flu tidak akan menyerang orang yang memiliki imunitas tinggi, sedangkan istirahat yang cukup merupakan alat untuk membangkitkannya. Untuk itu, perbanyaklah hingga tubuh benar-benar bugar dan sistem kekebalan menjadi bagus. Setelah itu, silakan mulai beraktivitas kembali.

2. Berkumur Menggunakan Air Garam

berkumur dengan ikon konsep air garam - berkumur garam ilustrasi stok

Penyakit flu kadang disebabkan oleh adanya virus di saluran pencernaan termasuk di mulut. Untuk mengatasinya, silakan berkumur dengan rajin, terutama menggunakan air hangat yang dianggap bisa membunuh kuman yang ada di sana. Lain daripada itu, aktivitas juga bisa melegakan tenggorokan dan mengatasi sariawan.

Kalau ingin hasil maksimal, silakan berkumur menggunakan air campuran garam. Lakukan empat kali sehari atau sampai flu benar-benar sembuh. Setelah itu, hentikan aktivitas karena bisa memicu terjadinya mulut kering. Dan ini berpotensi menimbulkan gangguan yang lain termasuk stomatitis.

3. Minum Air Hangat

wanita sakit terbaring di tempat tidur dengan demam tinggi. flu dingin dan migrain - sleep flu potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Terdapat beberapa manfaat minum air hangat. Salah satunya bisa meredakan gejala flu dan selesma. Jika melakukannya, hidung yang tersumbat menjadi lancar. Sinus yang encer pun berubah kental. Akhirnya penyakit flu hilang sekalipun tidak diobati dengan obat yang dijual di apotik.

Baca Juga  Cara Menghilangkan Kebiasaan Begadang: Wajib Disimak Buat Kamu yang Suka Tidur Larut

Ada yang mengatakan, air dingin lebih mampu menghilangkan haus daripada air hangat. Padahal, kalau dihitung dari segi durasi, justru air hangat yang lebih maksimal. Itu artinya, minuman ini tidak hanya bisa mengatasi flu tetapi juga membuat tenggorokan basah lebih lama. Jadi, silakan minum sekarang juga.

4. Mandi Menggunakan Air Hangat

wanita sakit terbaring di tempat tidur dengan demam tinggi. flu dingin dan migrain - sleep flu potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Tips obati flu yang aman berikutnya ialah mandi menggunakan air hangat. Efek hangat pada tubuh itulah yang bisa meringankan gejala flu. Bahkan, uapnya saja sudah bisa melembapkan saluran hidung. Akhirnya sinus bisa dikeluarkan dengan mudah. Walaupun demikian, hindari mandi ketika malam hari.

Ada yang mengatakan bahwa flu akan bertambah parah kalau penderitanya mandi. Pendapat ini benar karena virus influenza suka mendiami tubuh pada saat suhunya sedang dingin. Sekalipun demikian, bukan berarti tidak boleh mandi. Melainkan menggunakan air hangat.

5. Oleskan Produk Penghangat

wanita dewasa dingin ditutupi dengan pakaian di malam hari di rumah - flu hangat potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Kalau flu menyerang, coba oleskan penghangat ke badan terutama di bawah hidung. Untuk produknya terserah, apakah minyak angin, salep atau minyak kayu putih. Yang terpenting, mampu memunculkan rasa hangat bukan panas. Dan dilarang menggunakan salep untuk otot.

Usahakan penghangat tidak sampai masuk ke dalam hidung. Dan jangan coba-coba melakukannya sekalipun demi alasan kesembuhan. Sebab organ lembut di dalamnya akan mengalami infeksi. Akhirnya, bukan flu yang sembuh, malah hidung yang perih karena mengalami iritasi.

6. Tidur dengan Posisi Wajah Lebih Tinggi

seorang wanita cina asia tergeletak di sofa ruang tamu menutupi hidungnya dengan tisu - flu tidur potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Salah tidur juga membuat penyakit flu bertambah parah, terutama yang tidur telentang dengan posisi tubuh sejajar dengan kasur. Lebih baik, posisikan wajah sedikit lebih tinggi. Caranya dengan menambah jumlah bantal atau tidur dengan bersandar ke tembok. Setelah itu, usahakan bisa tertidur dengan nyenyak.

Baca Juga  Tips Jadi Selebgram: Tidak Hanya Terkenal, Kamu Bisa Dapat Banyak Uang

Sekalipun posisi ini terasa nyaman bagi penderita flu, tetapi tetap harus berhati-hati ketika melakukannya. Jangan sampai leher menjadi kaku apalagi sampai kram. Maka dari itu, pilih bantal empuk yang mampu menopang leher dengan ideal. Jika pun memilih tidur setengah duduk, pastikan punggung tetap nyaman.

7. Makan Makanan yang Bersifat Anti Radang (Inflamasi)

wanita sakit memiliki sup untuk pulih - flu makan potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Sejatinya, penderita flu tidak boleh makan sembarangan. Tetapi pilihlah makanan yang bersifat anti infeksi dan anti peradangan (inflamasi). Seperti lebih banyak makan sayur dan buah-buahan. Silakan memilih sup ayam dan bubur jika untuk sarapan. Pasalnya, uap hangatnya bisa meredakan hidung yang tersumbat.

Penyakit flu kadang disebabkan oleh adanya peradangan di dalam saluran pernafasan. Oleh karena itu, makanan yang dikonsumsi seharusnya yang bersifat anti inflamasi. Sehingga penyakit menjadi berkurang atau bahkan sembuh seperti sedia kala. Untuk itu, jangan asal mengkonsumsi makanan kalau sedang flu.

8. Konsumsi Obat Flu

obat alami untuk flu - flu obat potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Jika penyakit flu tidak kunjung hilang, coba atasi dengan mengkonsumsi obat generik. Pilih yang dijual bebas karena biasanya dosis yang digunakan masih standar. Ini merupakan solusi terakhir dengan kadar minum yang tidak boleh berlebihan. Pasalnya, yang namanya obat kimiawi pasti mengandung efek samping.

Jika sudah minum obat flu, tetapi penyakit masih menyerang, maka segera kunjungi dokter. Mungkin kondisi yang terjadi hanya berupa gejala yang menunjukkan adanya penyakit lain yang lebih berbahaya. Dan tentunya ini membutuhkan diagnosis sekaligus perawatan yang lebih serius. Oleh sebab itu jangan remehkan flu beserta tanda-tandanya.

Tips obati flu yang sudah dijelaskan di atas hanya pertolongan pertama saja. Bahkan Anda bisa menerapkannya sebelum penyakit mulai menyerang. Tentu fungsinya sebagai pencegahan. Didasarkan pada ungkapan, masih lebih bagus mencegah daripada mengobati. Sebab berobat ke Rumah sakit membutuhkan biaya yang jauh lebih mahal.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Publikasi Terkait Lainnya