by

8 Tips Belanja Hemat Ibu Rumah Tangga agar Bebas Perilaku Boros

Tips belanja hemat bagi ibu rumah tangga sejatinya cara menghindari perilaku boros, karena perilaku ini sangat tidak baik dan berpotensi merusak finansial keluarga. Yang perlu dikhawatirkan ialah, penyebab perceraian salah satunya adalah ini. Jadi, tinggal dipilih saja ingin keluarga bahagia atau kehancuran mahligai.

Finansial keluarga harus dikelola dengan teratur dan sistematis. Bahkan kalau perlu dicatat di dalam buku khusus. Dan yang terpenting bijaklah di dalam berbelanja. Oleh sebab itu, terkait dengan hal ini, silakan baca list tips berbelanja hemat di bawah ini sampai selesai:

1. Utamakan Membeli Barang yang Dibutuhkan

Tidak ada satu manusia pun yang merasa cukup kalau terkait dengan uang belanja. Kecuali apa yang dibeli memang kebutuhan yang mendesak. Begitu juga dengan ibu rumah tangga. Pastikan uang belanja dialokasikan untuk membeli barang yang memang dibutuhkan.

Ibu rumah tangga harus nge-list barang apa saja yang akan dibeli hari ini. Lalu analisis, apakah barang tersebut memang dibutuhkan atau tidak. Misal, jika kompor gas masih bagus dan bisa digunakan, berarti tidak perlu membeli lagi. Sekalipun ada harga promo atau produk dari brand ternama.

2. Beli Barang Sesuai Ketersediaan Uang

Seorang ibu rumah tangga yang ingin berbelanja pastikan sudah tahu harga dari barangnya. Setelah itu, bawa uang dengan nominal yang sama atau ditambah sedikit selisih. Ini untuk mengantisipasi adanya kenaikan harga. Namun pastikan kalau harga tetap, maka uang tersebut tidak dibelikan barang yang lain.

Terkadang ibu rumah tangga membawa banyak uang melebihi dari harga barang. Alasannya karena berjaga-jaga ada barang baru yang terlihat saat berbelanja. Tentunya teknik semacam ini sangat tidak bagus, karena alokasi uang menjadi tidak jelas bahkan bisa memicu konflik keluarga.

Baca Juga  Referensi Kado Pernikahan: Cocok untuk Diberikan Pada Pengantin Baru
3. Cari Barang Diskon dan Harga Promo

Sebisa mungkin tidak terburu-buru ketika berbelanja. Siapa tahu mendapatkan produk yang sedang diskon atau sedang dirilis harga promo terhadapnya. Tentunya ini keuntungan karena sisa uang bisa ditabung atau dibelanjakan kebutuhan yang lain. Yang terpenting, barangnya memang berkualitas dan layak pakai.

Sekalipun demikian ibu rumah tangga tidak boleh menjadikan diskon sebagai alasan untuk boros. Sebentar-sebentar belanja karena alibi-nya sedang ada penurunan harga besar-besaran. Jika konsep ini yang dipilih hasilnya juga tidak bagus. Nantinya finansial keluarga tetap bakal mengalami gangguan.

4. Tidak Deal Belanja Sebelum Menawar

Tips belanja hemat ibu rumah tangga yang berikutnya, tidak berbelanja sebelum menawar. Jangan karena bawa budget banyak, sekali diberikan harga langsung dibayar. Lebih baik tawar dulu sampai mendapatkan yang lebih murah. Sehingga budget masih tersisa dan bisa dibawa pulang untuk ditabung.

Kalau barang memiliki banderol harga, maka tentunya tidak bisa dilakukan tawar menawar. Namun tidak juga langsung dibayar melainkan cari dulu mungkin ada barang sama tetapi lebih murah. Kalau kualitasnya hanya sedikit di bawah yang pertama mending jatuhkan pilihan pada produk kedua.

5. Hentikan Kebiasaan Berbelanja Bulanan

Sebagian ibu rumah tangga lebih suka berbelanja bulanan. Sehingga, ketika menerima uang, langsung dialokasikan untuk kebutuhan 30 hari ke depan. Cara semacam ini kurang efektif karena pengeluaran yang keluar ber-nominal besar. Khawatir setelah uang habis, tiba-tiba ada kebutuhan lain yang perlu untuk dipenuhi.

Berbelanja bulanan adalah cikal bakal pemicu lahirnya kebiasaan berhutang. Karena tidak pernah diketahui apa yang akan dialami ketika baru selesai berbelanja. Padahal keuangan yang sehat adalah keuangan yang selalu ada setiap dibutuhkan, terutama terkait dengan kebutuhan prinsip seperti biaya anak yang sakit..

Baca Juga  5 Cara Merawat Mesin Mobil Anti Panas dan Aus
6. Ada Alokasi Khusus untuk Belanja

Jika ingin belanja hemat, maka harus ada alokasi khusus dengan nominal tertentu. Dan anggaran ini tidak boleh dicampur dengan biaya kebutuhan yang lain. Misal, untuk biaya listrik dan air, tidak boleh diambilkan dari anggaran ini. Begitu juga ketika kurang belanja, jangan mengambil dari alokasi berbeda.

Seharusnya anggaran belanja harus dihabiskan karena sudah sesuai dengan kebutuhan. Namun kalau bisa tetap ada sisa untuk ditabung. Sedangkan yang tidak boleh ialah membelanjakan uang melebihi dari jumlah alokasi. Ini sama saja dengan pemborosan.

7. Catat Belanjaan Sebelum Mulai Berbelanja

Sekalipun hanya ingin berbelanja kebutuhan memasak, tetap harus dicatat dengan detail. Dan lakukan pencatatan sebelum tiba di pasar atau di toko. Ada beberapa manfaat dari catatan belanja yang salah satunya untuk menghemat uang, karena yang dibeli pasti sesuai dengan apa yang dituliskan.

Belanjaan yang dicatat juga tidak mungkin terlupakan sehingga ibu rumah tangga, bisa berbelanja dengan nyaman sekalipun dirinya memiliki tipikal pelupa. Sebaliknya kalau tidak dicatat, tentu masalah ini bisa terjadi. Jika jarak pasar dekat tidak masalah, tetapi kalau jauh tentu rugi transportasi kalau harus kembali.

8. Buat Tabungan Khusus Tambahan Belanja

Jika selalu kurang uang belanja, coba lakukan teknik menabung khusus tambahan. Ini penting jika seluruh dana yang ada telah digunakan untuk menutupi kebutuhan lain. Sumbernya bisa diambilkan dari kembalian atau dari bonus yang diberikan suami. Jika ini yang dipilih, berarti ibu rumah tangga benar-benar irit dan hemat.

Ibu rumah tangga semacam ini sejatinya tidak begitu suka berbelanja, kecuali yang memang dibutuhkan dan sudah sesuai dengan catatan. Bagi dia, uang kecil tetap bermanfaat sehingga perlu ditabung. Toh nantinya bisa digunakan untuk menambah uang belanja yang kurang.

Baca Juga  10 Saran Berguna untuk Mencari Asisten Rumah Tangga

Jika ingin rumah tangga harmonis, maka jaga pengelolaan finansial-nya. Sedangkan perilaku boros merupakan masalah yang akan menghancurkan hal tersebut. Untuk itu, terapkan tips belanja hemat ibu rumah tangga di atas dengan sepenuh hati. Tidak lupa juga untuk senantiasa berdoa agar diberi kemudahan rejeki.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Publikasi Terkait Lainnya