by

8 Cara Cepat Menurunkan Demam dan 5 Makanan Pantangannya

Di masa pandemi Covid-19 yang belum tuntas pulih ini, kondisi kesehatan tubuh sungguh acap kali terganggu. Terutama masalah kesehatan di musim penghujan yang memang cukup rawan terjadi. Seperti halnya demam. Akibatnya, aktivitas dan kontribusi kegiatan sehari-hari pun menjadi terhambat.

Tapi tidak perlu khawatir, karena di bawah ini ada beberapa cara cepat menurunkan demam, yang bisa kamu coba pada sanak keluarga atau teman yang sedang mengalami demam.

1. Kompres Air Hangat

Melakukan kompres dengan menggunakan air hangat merupakan langkah baik, yang bisa dijadikan sebagai andalan cepat kala demam mengguncang kesehatan. Dengan melakukan kompres air hangat, pori-pori akan segera membuka sehingga panas dalam tubuh akan lebih cepat keluar. Akhirnya suhu tinggi penyebab demam akan menurun dan tubuh kembali fit seperti semula.

2. Minum Air Hangat dengan Takaran yang Lebih Banyak Dari Biasanya

Selain melakukan kompres air hangat, minum air hangat dengan takaran yang lebih banyak dari biasanya juga ampuh menjinakkan demam. Oleh karena itu, minumlah air hangat kala demam mulai terasa meriang. Namun perlu diketahui, ketika selesai meminum air hangat, tubuh akan menimbulkan gejolak rasa mual atau ingin muntah. Jangan cemas, hal itu menjadi pertanda bahwa demam akan berkurang.

3. Konsumsi Air Lemon Tanpa Tambahan Gula

Berperan meningkatkan imunitas tubuh, buah lemon sangat manjur dijadikan obat penurun demam. Cara mengolahnya juga sangat serdehana. Hanya perlu memeras lemon dan melarutkan air perasannya dalam segelas air hangat. Meski akan terasa asam, upayakanlah untuk tidak menambah gula. Kalaupun yang demam adalah anak kecil, berilah sedikit tambahan madu agar ia mau meminumnya.

4. Konsumsi Sup Daging Atau Sup Tulang Sumsum

Salah satu cara cepat menurunkan demam lainnya ialah dengan mengonsumsi sup daging atau sup tulang sumsum. Selain itu, sup daging juga memiliki sejumlah kandungan glutathione, atau yang sering disebut dengan istilah “master antioksidan”. Dimana kandungan glutathione, selain berfungsi menurunkan demam juga berfungsi menghambat penuaan. Jadi bisa dikatakan sup daging atau sup tulang sumsum mempunyai double fungsi sekaligus.

Baca Juga  Berikut Motivasi Untuk Merubah Hidupmu Lebih Baik
5. Konsumsi Buah-buahan, Termasuk Buah Jeruk

Seperti yang kita ketahui, manfaat mengkonsumsi buah-buahan bagi tubuh sungguh sangat banyak sekali jumlahnya. Di antaranya ialah menurunkan demam. Maka dari itu, konsumsilah buah-buahan saat tubuh mengalami demam.

Kamu bisa memilih buah jeruk yang harganya sangat standar sekali. Terlebih buah jeruk sangat kaya akan vitamin C, sehingga demam akan lebih mudah turun karena daya tahan tubuh telah dikebalkan lewat penambahan asupan Vitamin C tersebut.

6. Konsumsi Sayur-sayuran yang Kaya Kandungan Air

Di luar mengonsumsi buah-buahan, upaya menurunkan panas yang tinggi juga bisa kamu lakukan dengan mengonsumsi sayuran yang banyak kandungan airnya. Jenis sayuran yang mempunyai kandungan air banyak ialah mentimun dan seledri.

7. Gunakan Baju yang Tipis dan Tidak Tebal

Untuk membantu kinerja tubuh dalam menurunkan demam, gunakanlah baju yang tipis dan hindari pemakaian baju yang tebal. Terkecuali demam menggigil, seseorang yang mengalami demam menggigil akan lebih optimal disembuhkan jika memakai pakaian yang tebal serta selimut yang tebal. Terlebih kalau keringat telah keluar, seorang yang mengalami sakit demam menggigil akan lebih mudah untuk sembuh.

8. Minum Air Kelapa

Meminum air kelapa juga merupakan cara cepat menurunkan demam. Dimana kandungan vitamin, mineral dan elektrolit yang ada pada air kelapa, menolong tubuh agar lebih bugar dan lebih berenergi. Kalau mau, kamu bisa mengolah air kelapa secara sendiri. Yakni memasak air kelapa muda diatas perapian dan menambahkan madu atau gula merah, serta potongan jahe ke dalamnya.

Makanan dan Minuman Pantangan Bagi Penderita Demam

Dirangkum dari hasil tinjauan dr. Yusra Firdaus pada tulisan Novita Joseph di hellosehat, ada 5 jenis makanan dan minuman pantangan bagi seorang penderita demam. Kelima hal itu ialah :

Baca Juga  Penyebab Gigi Berlubang Beserta Solusi Mengatasinya
1. Minuman Berenergi

Alasan mengapa minuman berenergi dijadikan minuman pantangan bagi penderita demam, ialah karena minuman berenergi umumnya mengandung gula tambahan, yang menyebabkan peradangan sistem kekebalan bagi penderita demam.

2. Roti tawar

Roti tawar juga tidak dianjurkan dikonsumsi bagi seorang penderita demam. Sebab roti tawar dapat menaikkan kadar gula dalam darah. Padahal ketika demam, tubuh berpotensi tinggi menaikkan tingkat peradangan usai mendapat asupan makanan yang mengandung gula.

3. Es krim

Hasrat untuk mengonsumsi jenis minum-minuman yang dingin seringkali terjadi bagi penderita demam, terutama es krim. Rasanya sukar sekali menjauhkan rasa keinginan tersebut dari dalam diri. Hanya saja, di balik rasa es krim yang sedap, es krim diklaim tidak baik bagi seorang penderita demam, lantaran adanya kandungan lemak dan gula yang ada pada es krim. 

4. Permen

Ketika sedang demam, papila lidah kadangkala tidak berfungsi secara normal. Tidak heran mengapa orang yang demam sering mengeluh soal makanan yang berasa pahit dan juga hambar. Sesuai kondisi ini, ada saja yang mengonsumsi permen agar lidah segera normal kembali. Sayangnya, memakan permen di saat demam ternyata bisa merangsang peradangan dan melemahkan sistem kekebalan tubuh.

5. Makanan yang digoreng

Selain ingin minum minuman yang dingin, rasa ingin makan makanan yang digoreng pun kerap terjadi bagi mereka yang menderita sakit demam. Namun, makanan yang digoreng juga masuk sebagai makanan pantangan yang tidak boleh dimakan oleh penderita demam. Karena makanan yang digoreng justru memiliki sejumlah besar dari lemak jenuh yang padat. Alhasil, tubuh sulit melakukan perlawanan pada virus penyebab infeksi.

Baiklah, semoga bahasan terkait cara cepat menurunkan demam ini, bermanfaat bagi kita.

Comment

Artikel Terkait