by

7 Tips Mendesain Baju untuk Para Pemula Agar Mahir

Bisa mendesain baju dengan unik, cantik dan menarik merupakan salah satu kemampuan yang dibutuhkan untuk menjadi seorang desainer baju. Tak boleh diremehkan, nyatanya mendesain baju ini termasuk dalam kegiatan yang cukup susah, apalagi untuk pemula.

Seorang pemula tentunya harus bisa mempelajari tahap-tahap dasar mendesain, seperti menggambar, belajar mendesain, belajar mengenai mode, mencari inspirasi, sampai belajar menjahit. Nah, buat kamu yang berniat ingin menggeluti dunia fashion dan tertarik untuk menjadi desainer baju, berikut ini tips mendesain baju untuk kamu.

1. Tumbuhkan Niat serta Keinginan Kamu

Tips mendesain baju yang pertama ialah tumbuhkan dahulu niat serta keinginan kamu untuk bisa berhasil mendesain baju. Dalam hal apapun, suatu kegiatan yang diawali dengan niat dan keinginan pastinya akan membantu untuk melancarkan semua usaha yang dilakukan.

Selain itu, rasa bosan, malas dan ingin menyerah saat berada di tengah-tengah proses belajar bisa menghambat progress kamu ke depannya, sehingga kamu membutuhkan niat serta keinginan yang kuat untuk belajar mendesain.

2. Belajar Keterampilan Dasar Dahulu

Sebelum mulai mendesain baju, hendaknya kamu belajar keterampilan dasar mendesain baju terlebih dahulu. Keterampilan dasar ini di antaranya ialah keterampilan menggambar dan belajar mengenai desain.

Dengan mempelajari keterampilan menggambar kamu bisa menjelaskan keinginan kamu secara visual dalam bentuk gambar. Kamu hendaknya bisa menjadi seorang illustrator yang hebat dan bisa membuat serta mengembangkan gaya khas kamu sendiri. Untuk mempelajari keterampilan menggambar ini, kamu bisa mencoba untuk menyisihkan waktu selama 30 menit setiap hari untuk belajar menggambar.

Kemudian belajar mengenai desain. Belajar mengenai desain pastinya menjadi salah satu hal terpenting untuk bisa mendesain baju. Banyak prinsip-prinsip teori rancangan yang dapat berlaku pada semua bidang disiplin.

Baca Juga  Langkah-langkah Dalam Membuat Puisi, Sebuah Karya Sastra yang Indah

Kamu tidak perlu khawatir untuk belajar mengenai desain ini dari siapa, mungkin kamu bisa mencoba membeli buku mengenai desain baju, melihat di YouTube, atau mungkin kamu mengikuti kursus.

3. Belajar Mengenai Teknologi Desain dan Menjahit

Belajar mengenai teknologi desain dan menjahit juga termasuk dalam keterampilan dasar mendesain baju. Belajar mengenal dan bisa mengoperasikan teknologi bisa membantu kamu dalam membuat illustrasi, sehingga kamu tidak hanya sekedar mendesain di atas kertas, tetapi kamu juga perlu bisa menggunakan beberapa aplikasi seperti Adobe Photoshop dan Illustrator, untuk membuat sketsa kamu bisa menjadi lebih nyata dan mendetail.

Apabila kamu ingin mendesain di Tablet atau komputer, sebaiknya gunakan pen tablet yang bagus untuk membantu kamu.

Kemudian mengenai belajar menjahit, walaupun kamu mungkin bukan orang yang akan menjahit desain baju rancangan kamu sendiri, tetapi kamu juga perlu tahu mengenai teori dan praktik menjahit, hal ini bertujuan untuk membantu kamu agar bisa mendapatkan ide-ide yang kreatif dan inovatif. Untuk memulainya kamu bisa membeli pola sederhana terlebih dahulu untuk latihan di rumah.

4. Menggambar Sketsa Orang Terlebih Dahulu

Setelah mengenal berbagai macam keterampilan dasar yang harus kamu kuasai sebelum mendesain baju, selanjutnya kamu perlu menggambar sketsa orang terlebih dahulu.

Menggambar skesta orang sebelum mendesain baju ini tujuannya ialah saat merancang baju, pastinya kamu perlu berpikir mengenai bagaimana pakaian tersebut dipakai di badan. Oleh sebab itu, banyak perancang yang menggambar rancangan mereka ke dalam bentuk orang.

Tidak perlu menggambar orang dengan bentuk yang begitu nyata, kamu hanya perlu menggambar orang dengan bentuk manekinnya saja. Apabila kamu merasa jika tidak bisa menggambar skesta orang, kamu bisa menggunakan model sketsa orang yang bisa kamu bebas unduh dari internet.

Baca Juga  Simak Yuk! 6 Tips Berbisnis Bagi Pemula
5. Belajar Menggambar Sketsa

Sebagian desainer menggunakan metode yang disebut 9 kepala supaya gambar mereka bisa proporsional bentuknya. Gunakan satu kepala untuk unit ukuran dan kemudian gambar satu tubuh, yang ukurannya sembilan kepala mulai dari bagian kaki hingga puncak leher. Pertama-tama gambarlah garis lurus terlebih dahulu kemudian bagi menjadi sepuluh bagian yang sama panjangnya.

Bagian 1 mulainya tepat di bawah kepala dan ukur badan mulai dari bagian leher paling atas hingga dada bagian tengah. Bagian 2 diukur mulai dari dada bagian tengah hingga pinggang. Bagian 3 diukur dari bagian pinggang sampai bawah pinggul. Bagian 4 mulai dari bawah pinggang hingga paha bagian tengah. Bagian 5 mulai dari paha bagian tengah hingga lutut. Bagian 6 mulai dari lutut hingga betis bagian tengah betis. Bagian 7 mulai dari betis bagian atas sampai betis bagian pertengahan. Bagian 8 mulai dari betis bagian tengah hingga tumit. Dan bagian 9 merupakan bagian kaki.

6. Jiplak Sketsa “Orang” yang Telah Kamu Buat

Maksud dari menjiplak sketsa “orang” di sini ialah bukan kamu harus menjiplak sketsa milih orang lain, tetapi kamu jiplak sketsa “orang” yang sudah kamu buat tadi.

Cara menjiplak ini cukup mudah, kamu tinggal menaruh selembar kertas putih di antara sketsa “orang” yang sudah kamu buat menggunakan pensil. Untuk membantu kamu agar gambarnya menjadi lebih jelas, kamu bisa menggunakan kotak lampu atau meja kaca yang di dalamnya terdapat lampunya, agar kamu bisa lebih jelas membedakan mana sketsa asli dan jiplakan sketsa kamu.

7. Gambar Rancangan Baju dan Warnai

Setelah kamu selesai menjiplak sketsa “orang” yang sudah kamu buat, kemudian baru kamu bisa menggambar rancangan serta mewarnai baju yang kamu inginkan.

Baca Juga  Atasi Writer’s Block dengan 4 Tips Menulis Cerdas Ini

Untuk menggambarnya kamu bisa memulainya dari bentuk baju yang dasar terlebih dahulu, kemudian kamu kembangkan dan menambahkan detail-detailnya. Jangan lupa buat desain baju yang unik, kekinian dan pastinya inovatif. Nah, setelah kamu puas dengan hasil sketsa kamu, baru kamu bisa menebali dan mewarnainya menggunakan warna-warna yang kamu inginkan.

Itu tadi tips mendesain baju untuk pemula. Proses mendesain baju ini memang cukup panjang, Sobat! Oleh karena itu, apabila kamu sudah berniat menjadi seorang desainer, coba untuk terus tekuni dan jangan menyerah dalam belajar membuat desain baju ya, Sobat! Jangan pernah puas dan teruslah mencoba!

Comment

Artikel Terkait