by

7 Tips Memilih Jasa Pengiriman untuk Partner Bisnis Online Anda

Pernahkah terpikirkan di benak Anda bahwa berbisnis online merupakan salah jalan yang paling menguntungkan. Selain itu, berbisnis dengan cara ini memberikan beberapa kemudahan bagi Anda maupun konsumen. Terlebih lagi pada keadaan yang seperti ini, yaitu masih dalam keadaan pandemi yang mengakibatkan banyak orang mengeluhkan tentang pekerjaan.

Nah, sebelum Anda memulai untuk menjajaki bisnis online ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan, salah satunya ialah menentukan atau memilih partner bisnis jasa pengiriman.

Ketika akan memilih jasa pengiriman yang ingin dipakai, Anda harus mempertimbangkan beberapa hal yang dasar. Berikut ini ada beberapa kiat atau tips memilih jasa pengiriman untuk produk Anda.

1. Pilihlah Jasa Pengiriman yang Telah Terpercaya

Tips pertama yang harus benar-benar Anda pahami dalam pemilihan jasa pengiriman, adalah dengan memperhatikan rating dari jasa pengiriman tersebut.

Rating yang dimaksud adalah dari rating tingkat kepercayaan.  Dengan memilih jasa pengiriman yang terpercaya, maka akan membuat memberikan nilai lebih bagi Anda sebagai penjual dan juga bagi konsumen, yang hendak membeli produk Anda.

Jangan asal dalam memilih jasa pengiriman karena akan mempunyai dampak bagi produk Anda nantinya, terlebih lagi bisa membuat kecewa para pelanggan dan akhirnya barang Anda pun sulit terjual, karena review dari konsumen yang kurang baik. Maka dari poin pertama dalam pemilihan jasa pengiriman ini harus sangat diperhatikan secra mendetail.

2. Mampu Melakukan Pengiriman Dengan Tepat Waktu

Faktor terpercaya atau tidaknya sebuah jasa pengiriman, juga tergantung pada pelayanan dalam pengiriman secara tepat waktu.

Ketepatan waktu dalam pengiriman merupakan suatu hal pokok dan termasuk dalam syarat utama, karena dengan pengiriman tepat waktu membuat pelanggan menjadi nyaman dan juga senang, sebab barang dikirim sesuai dengan perjanjian.

Baca Juga  6 Tips Menjaga Kesehatan Selama Pandemi Covid-19

Bisa mengirim dengan tepat waktu merupakan salah satu kriteria yang harus Anda cari, jika kesusahan dalam memncari referensi Anda bertanya kepada teman atau sesama pebisnis online.

Tanyakan pada pebisnis yang sudah mempunyai pengalaman lebih dalam pemilihan jasa ekspedisi, siapa tahu nantinya Anda akan mendapatkan rekomendasi terbaik dari teman Anda tersebut.

3. Pilihlah Jasa Pengiriman yang Mempunyai Tarif yang Sesuai dan Standar

Tips berikutnya yang juga harus Anda perhatikan dalam menentukan jasa pengiriman yang ingin dipakai, adalah dari biaya pengiriman barang.

Hal ini merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan secara mendetail, karena menyangkut soal keuntungan jika salah menentukan dari segi harga maka bisa-bisa Anda mengalami kerugian.

Banyaknya jasa pengiriman yang bermacam-macam dalam menawarkan biaya pengiriman, pasti membuat Anda menjadi dilema untuk mengatasi hal itu carilah referensi terlebih dahulu. Anda bisa mencari informasi mengenai rata-rata tarif pengiriman standar dan sesuai, setelah menemukan rata-rata tarif maka Anda tinggal menyimpulkan ingin memilih jasa yang mana.

4. Mempunyai Jaminan Dalam Hal Keamanan

Selain memperhatikan dari faktor kepercayaan, ketepatan waktu dan juga tarif pengiriman, ada satu hal lagi yang tidak kalah penting untuk diperhatikan yaitu dalam segi keamanan.

Ada beberapa hal yang termasuk dalam keamanan mengenai barang yang, dikirim yaitu dari keadaan atau kondisi barang. Ada kerusakan atau kecacatan yang diakibatkan dalam proses pengiriman.

Sebagai catatan untuk bahan pertimbangan Anda bisa melihat dari tiap-tiap review, sekaligus track record dari beberapa jasa pengiriman yang akan dipilih.

Selain itu, perhatikan juga mengenai biaya ganti rugi dari pihak jasa pengiriman jika ada kerusakan atau kecacatan yang diakibatkan dari proses pengiriman, jika ada maka pilihlah jasa pengiriman tersebut.

Baca Juga  Cantik Nan Indah, Berikut Ini Inspirasi Nama Bayi Perempuan Dari Nama Bunga
5. Cepat Dalam Pengirimannya

Tips selanjutnya yang harus Anda catat dan perhatikan dalam memilih jasa pengiriman, adalah dari faktor kecepatan dalam pengiriman.

Mungkin banyak dari Anda sebagai seorang konsumen yang pernah membeli suatu barang, tentu selain ketepatan dan juga keamanan dari kondisi barang, Anda pasti juga menginginkan barang Anda bisa terkirim dengan cepat.

Nah, maka dari itu kecepatan merupakan salah satu hal penting juga yang harus dimiliki oleh suatu agen jasa pengiriman. Bayangkan saja, jika Anda memilih jasa yang kurang cakap atau cepat dalam mengirimkan barang, maka bisa dipastikan bahwa konsumen yang pernah membeli ke toko Anda akan mengalami kekecewaan, tapi jika bisa dikirim dengan cepat mungkin akan jadi pelanggan tetap.

6. Adanya Pilihan Paket Dalam Pengiriman

Selain memperhatikan tentang beberapa hal terkait jasa pengiriman mulai dari tarif pengiriman, tingkat keamanan barang hingga kecepatan pengiriman, ternyata masih ada satu hal lagi yang harus diperhatikan yaitu pilihlah jasa pengiriman yang menyediakan banyak paket.

Hal ini sangat berguna sekali untuk Anda dalam melakukan pengiriman barang kepada konsumen.

Adanya pilihan paket yang beragam juga akan membuat mudah para konsumen, selain itu konsumen akan betah belanja di toko online Anda.

Selain itu, adanya pilihan paket pengiriman yang banyak juga mampu menjadi alternative bagi Anda dalam mengirim barang, jika tiba-tiba ada sebuah pesanan masuk dan jumlahnya banyak maka akan langsung bisa dikirim.

7. Pilihlah Jasa Pengiriman yang Bisa Di Tracking Atau di Pantau Secara Realtime

Tips terakhir yang juga tidak kalah penting dari semua poin di atas adalah dari segi tracking, yaitu lebih tepatnya pilihlah jasa pengiriman yang bisa dilacak dalam proses pengirimannya. Tujuannya yakni kita bisa mengetahui kinerja dari partner bisnis Anda tersebut.

Baca Juga  Kiat Mengajar agar Tidak Membosankan bagi Seorang Guru

Usahakan untuk trackingnya sendiri lakukan secara realtime, agar nantinya bisa terlihat kinerja keseluruhan dari jasa pengiriman yang Anda pakai. Faktor terakhir ini harus ada dan harus Anda lakukan, karena pelayanan yang baik juga akan membuat produk Anda menjadi banyak diminati.

Demikian ulasan sederhana tentang bagaimana cara atau tips memilih jasa pengiriman sebagai partner bisnis online. Semoga beberapa poin di atas, bisa menjadi referensi atau sumber rujukan ketika Anda ingin membuka usaha bisnis online.

Comment

Artikel Terkait