by

7 Langkah Memilih Bahan untuk Membuat Home Dress

Bahan untuk membuat home dress tidak bisa sembarangan. Pasalnya, bahan tersebut harusnya nyaman dan adem. Sehingga orang yang menggunakannya merasa nyaman. Jika kamu tertarik untuk berwirausaha maupun digunakan pribadi, maka kamu perlu mengetahui beberapa cara dalam memilih bahan. Dengan begitu, bahan tersebut akan cocok untuk home dress.

Langkah Memilih Bahan untuk Home Dress

Biasanya home dress menggunakan bahan rayon maupun katun. Pasalnya, kedua bahan tersebut memiliki karakteristik lembut, ringan, adem, dan mudah untuk dicuci maupun kering. Sehingga sangat cocok untuk digunakan. Namun, jika kamu bingung menentukan memilih bahan yang mana. Maka cobalah ikuti beberapa tips berikut ini!

1. Analisa Kebutuhan

Seperti yang diketahui bahwa sudah seharusnya kita memilih apapun sesuai dengan kebutuhan. Termasuk bahan untuk membuat home dress. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah menganalisa kebutuhan bahan yang digunakan untuk home dres tersebut. Apakah bahannya yang ringan atau agak berat sehingga tidak mudah tertiup angin.

Hal tersebut perlu ditentukan agar memudahkanmu nanti memilih bahan. Jika home dress ini digunakan untuk kebutuhan bisnis. Maka, kamu perlu mempelajari target market yang akan disasar oleh kamu. Baik secara fisiologis maupun demografi. Misalnya, jika orang yang kamu sasar adalah orang yang tinggal di pantai, menggunakan bahan yang adem dan tidak tebal.

2. Cari Jenis Bahan yang dibutuhkan

Setelah menganalisa apa saja yang dibutuhkan selanjutnya, mencari tahu apa jenis bahan apa saja yang sesuai dengan karakteristik tersebut. Kamu bisa mencarinya di mesin pencarian internet dengan memasukan keyword atau kata kunci karakteristik bahan. Misalnya, bahan yang dibutuhkan untuk market masyarakat pesisir pantai.

Maka, kamu cukup memasukan beberapa keyword di antaranya bahan lembut, adem dan ringan. Dengan begitu, halaman akan memunculkan bahan-bahan yang memiliki karakteristik yang sama. Perhatikanlah dengan detail informasi yang dibutuhkan. Pasalnya, ada beberapa bahan yang memiliki karakteristik yang sama. Namun, tiap jenis bahan berbeda.

Baca Juga  Biar Nggak Telat Lagi, Ini 7 Tips Supaya Bangun Pagi

Selain cara di atas, kamu dapat bertanya pada orang yang sudah memiliki pengalaman terjun lama di bidang konveksi atau bahan. Biasanya mereka lebih tahu. Terutama jika mereka adalah orang terdekat. Ceritakanlah bahan yang dibutuhkan olehmu secara detail. Maka, orang tersebut biasanya akan mudah merekomendasikan bahan yang bagus untuk dipilih.

3. Cari Informasi Harga Bahan

Mengapa hal ini penting dilakukan? Karena setiap bahan memiliki harga yang berbeda. Sehingga, harga satu bahan tidak bisa disamaratakan. Hal ini pun berkaitan dengan tekstur maupun karakteristik dari bahan-bahan.

Semakin bahan memiliki banyak keunggulan, maka harga pun pasti tinggi. Dengan mengetahui harga dari bahan tersebut, kamu dapat menentukan budget. Tentu ini akan membantu dalam mengumpulkan budget.

4. Cari Supplier Bahan

Untuk menentukan supplier bahan kamu perlu memperhatikan dengan betul, bahwa ia dapat dipercaya. Sehingga bahan yang dijual pun memang bagus. Tanpa dilebih-lebihkan atau dikurangi. Pasalnya, dalam satu jenis bahan ada beberapa tingkatan karakteristik bahan. Kamu dapat mencari supplier bahan di mesin pencarian.

Sekarang sudah banyak supplier bahan yang memiliki website sendiri. Perhatikanlah setiap foto produk dan penjelasan dari supplier mengenai bahan tersebut. Lihat pula, testimoni dalam halaman website tersebut. Jika hal tersebut memang ada. Selain itu, kamu pun dapat menanyakan ke beberapa temanmu mengenai supplier bahan yang lengkap itu dimana.

5. Datang Langsung Ke Supplier Bahan

Sebenarnya, memilih bahan dapat dilakukan secara online. Namun, untuk pertama kali sebaiknya langsung datang ke toko atau gerai suppliernya. Dengan begitu, kamu akan melihat dan merasakan langsung tekstur dari setiap bahan yang akan dipilih.

Ini tentu akan membuat kamu dapat memutuskan dengan tepat bahan mana yang sebaiknya dibeli.Selain itu, tanyakan pula pada penjaga atau pemilik toko tersebut mengenai kelemahan dari bahan tersebut. Dengan begitu, kamu akan lebih matang  mengambil keputusan. Biasanya, bahan dijual per-roll. Namun, ada pula yang menjual secara meteran bahkan kiloan.

Baca Juga  5 Cara Meningkatkan Mood Lebih Baik

Akan tetapi, jika kamu ingin membuat home dress dengan jumlah yang banyak. Sebaiknya, membeli bahan yang per-roll karena akan lebih hemat. Dibandingkan dengan membeli per meter atau per kilo. Untuk awal-awal, belilah dua atau sampai tiga warna. Sehingga tidak terlalu berat untukmu.

6. Tanyakan Kandungan Bahan

Seperti yang sudah dibahas di atas bahwa setiap bahan memiliki karakteristik tertentu. Dimana hal tersebut sangat dipengaruhi oleh kandungan yang digunakan oleh bahan tersebut. Misalnya, bahan katun, ada yang katun murni dan ada pula yang campuran.

Nah yang campuran ini, memiliki takarannya masing-masing. Seperti 50% katun, 70% Kantun dan lain sebagainya. Sehingga sisanya menggunakan bahan lain yang bukan katun. Maka, kamu perlu menanyakan hal ini lebih jauh.

7. Tanyakan Cara Perawatan Bahan

Hal ini sangat penting untuk ditanyakan, karena ada beberapa bahan yang memang butuh penanganan khusus. Dengan mengetahuinya, kamu pun dapat menginformasi kepada para customer atau pelanggan. Ini akan menjadi nilai plus karena mereka akan merasa diperhatikan dan dijaga. Oleh kamu sebagai seorang produsen home dress  dan akan meningkatkan kepercayaan mereka.

Selain itu, sebagai seorang pengusaha kamu pun akan diuntungkan. Pasalnya, jika kamu menyetok, produk tersebut akan aman. Sehingga terhindar dari pakaian yang berjamur, bau apek, dan lain sebagainya. Hal ini pun akan membuat produk jadi maupun bahan mentahnya akan awet.

Tips memilih bahan untuk home dress di atas dapat kamu lakukan secara bertahap. Selain itu, untuk mendapatkan bahan yang sesuai dibutuhkan kesabaran. Terlebih di langkah pertama. Hal ini sangat penting sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama dibanding langkah-langkah lainnya.

Comment

Artikel Terkait