by

7 Cara Agar Tidak Overthinking Sebelum Tidur

Pernahkah kamu kesulitan untuk tidur? Banyak hal sebenarnya yang menjadi penyebab tidak bisa tidur. Namun, yang paling umum adalah mengalami overthinking. Terutama bagi orang-orang yang memiliki sifat perfeksionis. Pasalnya, dia akan mudah terserang rasa khawatir mengenai berbagai hal karena menginginkan hasil yang sempurna. Sehingga, menemukan cara agar tidak overthinking itu penting.

Karena jika dibiarkan malah akan merusak kesehatanmu yang disebabkan kurangnya tidur. Overthinking sebenarnya dapat menyerang siapa saja, tanpa mengenal usia maupun pekerjaan. Selain itu, overthinking akan meningkat ketika malam hari, tepatnya ketika menjelang akan tidur.

Cara Agar Tidak Overthinking 

Jika hal ini menyerang, kamu dapat melakukan berbagai cara. Sehingga kamu dapat segera tidur. Meskipun, setiap orang memiliki caranya tersendiri dalam menghadapi berbagai hal. Termasuk menghadapi overthinking ketika menjelang tidur. Namun, apabila kamu mengalami kesulitan menemukan cara Inilah untuk mengatasi overthinking, cara ini dapat dicoba!

1. Bersih-Bersih dan kenakan pakaian yang nyaman

Sebelum tidur, usahakan kamu bersih-bersih diri. Misalnya, menggosok gigi, mencuci tangan, mencuci kaki dan mencuci muka. Jika kamu menggunakan perawatan sebelum tidur, maka gunakanlah. Setelah itu, gantilah pakaian yang memang kamu rasa tidak nyaman dibawa tidur. Pasalnya, apapun yang kamu kenakan akan mempengaruhi kualitas tidur kamu.

Pilihlah pakaian yang terbuat dari bahan lembut, longgar dan adem digunakan. Misalnya, pakaian atau baju yang terbuat dari bahan katun maupun rayon. Namun, jika dalam keadaan hujan dan kamu tidak mengenakan penghangat ruangan, kenakanlah pakaian yang hangat. Sehingga kamu tidak akan kedinginan.

2. Ketahui Penyebabnya

Ketika akan hendak tidur dan sudah melakukan cara di atas, kamu masih overthinking. Kamu dapat sejenak mengajari dirimu untuk berbicara dan menanyakan beberapa hal yang masih berkaitan dengan masalah yang kamu pikirkan. Misalnya, apa yang menjadi  latar belakang dari hal tersebut, mengapa kamu merisaukan hal tersebut dan lain sebagainya.

Baca Juga  7 Tips Agar Tidak Mudah Lelah Saat Puasa

Usahakan untuk menggali informasi secara perlahan-lahan. Tidak perlu terlalu terburu-buru karena hal tersebut dapat membuat dirimu tertekan secara tidak langsung. Selain itu, bila beberapa jawaban dirasa kurang relevan atau kurang detail, kamu dapat mengajukan pertanyaan kembali untuk menggali informasi lebih dalam.

3. Cari Solusi dan Hadapi Ketakutan

Tentu mengetahui penyebab overthinking saja tidak cukup, bukan? Kamu perlu mengetahui solusi dari masalah yang kamu pikirkan tersebut. Sehingga kamu dapat merasa tenang. Namun, ada beberapa hal yang sebenarnya lahir dari pikiran saja, dimana akhirnya melahirkan berbagai ketakutan hingga kamu merasa tidak tenang.

Lalu bagaimana cara menemukan solusi untuk masalah yang dihadapi? Salah satunya yaitu dengan menghadapi segala hal, termasuk rasa takut yang kamu khawatirkan. Dengan begitu kamu akan menemukan solusinya, karena jika kamu tidak tenang atau cemas, maka kamu tidak akan fokus kepada solusi. Melainkan pada masalah atau rasa takut tersebut.

4. Rileks dan Atur Pencahayaan Kamar

Setelah semuanya terjawab, usahakan tubuh rileks dan lemaskan semua otot-otot pada tubuhmu. Sehingga, dirimu lebih merasa tenang. Jika perlu kamu dapat menyetel musik relaksasi, shalawat atau hal lainnya. Dimana hal tersebut dapat membantu kamu rileks. Semprotkan pula aroma aromatherapy yang akan membuat dirimu lebih tenang.

Pasalnya indera penciuman pun dapat mempengaruhi pikiran maupun perasaan. Selain itu, usahakan kamar tidak terlalu gelap maupun terang.  Pasalnya, lampu yang menyala terang akan membuat otakmu terus bekerja. Tentu hal tersebut akan menghambat kamu cepat tidur, bukan? Bahkan, meningkatkan peluang overthinking muncul kembali.

5. Ubah Posisi Tidur

Jika kamu merasa tidak nyaman dengan posisi tidur yang sekarang atau masih tetap kesulitan tidur. Kamu dapat mencoba dengan mengubah posisi tidur. Temukanlah posisi tidur yang nyaman dan bila sudah menemukan, cobalah untuk mengenakan selimut dan  sesuaikan posisi bantal dengan posisi kepalamu.

Baca Juga  Tidak Perlu Perawatan Mahal, Berikut 10 Makanan Yang Bisa Membuat Kulit Sehat dan Glowing

Bagi kamu yang tidak menyukai kesempitan, maka usahakan supaya tempat tidur mu tetap memiliki space yang cukup untuk bergerak dengan leluasa. Jika masih belum menemukan posisi yang enak, maka ubahlah posisi tidur sampai kamu menemukan posisi ternyaman.

6. Bersyukur  dan memaafkan kesalahan orang lain

Dengan mengungkapkan rasa terimakasih kepada Tuhan yang Maha Esa, dapat membantu perasaan lebih lapang dan tenang. Tentu hal ini tidak bisa terjadi begitu saja, kamu perlu mengetahui terlebih dahulu apa yang perlu kamu syukuri.

Sekecil apapun hal yang kamu syukuri, itu akan memiliki dampak yang besar. Dengan rasa syukur, rasa kebahagian yang kamu miliki pun akan meningkat. Lakukan hal ini ketika setiap kali menjelang tidur. Selain bersyukur, maafkanlah setiap kesalahan orang lain. Termasuk dirimu sendiri. Pasalnya, menyimpan rasa benci yang mendalam, pada akhirnya hanya akan merugikan dirimu sendiri.

7. Berdoa

Untuk membuat overthinking mu lebih kurang yaitu dengan meminta pertolongan Tuhan. Sebaiknya, setiap kali mau tidur, berdoalah. Sehingga, uneg-uneg maupun harapanmu dapat dikeluarkan dengan baik. Sehingga tidak mengganjal di dalam diri.

Mintalah pada Tuhan untuk melindungimu dari berbagai hal yang merugikan dirimu sendiri dan doa-doa lainnya yang kamu butuhkan. Dengan membaca doa, beberapa orang mengatakan cukup efektif untuk segera membuat tubuh rileks. Tentu, berdoa pun harus dilandasi dengan rasa keyakinan pada Tuhan, karena tanpa rasa keyakinan, semuanya akan nampak sia-sia.

Cara agar tidak overthinking tersebut, dapat diaplikasikan setiap kali kamu akan tidur. Usahakan pula, untuk mengatur jadwal, Sehingga kamu dapat lebih fokus dan tidak akan terganggu dengan berbagai ketakutan yang akhirnya menjadikan kamu overthinking.

Comment

Artikel Terkait