by

6 Tahap Membuat Anak Pintar Hingga Mahir Dalam Bermain Gitar

Halo sobat Lintashaba, apakah kamu ingin si buah hati pintar dalam bermain gitar? Atau apakah kamu pernah memimpikan dia menjadi seorang gitaris hebat yang handal?

Nah, buat kamu yang menginginkan kedua hal di atas, namun masih saja merasa kesulitan dalam mengajarkan Sang buah hati kesayangan untuk bermain gitar, kamu bisa coba nih, enam tahap yang dapat membuat anak tanggap hingga ia mahir dalam bermain gitar. Wah, apa saja tahap-tahap tersebut ya? Yuk, kita bahas bersama-sama..

1. Memperkenalkan Kunci Gitar Pada Anak

anak laki-laki mengajar untuk bermain gitar di sekolah musik - teach guitar potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Nah, ini dia sobat Lintashaba, hal pertama yang harus kita lakukan agar anak pintar dalam bermain gitar. Ya, memperkenalkan jenis kunci pada gitar. Bagi anak kecil, tentu saja mengingat kunci akan lebih mudah di dilakukan daripada orang dewasa loh, jadi bagi sobat Lintashaba yang saat ini merasa khawatir dalan meminta sang anak untuk menghapalkannya, tidak perlu khawatir lagi ya.

Berikan saja jenis kunci apa yang bisa kamu perkenalkan, asal tidak memaksanya untuk menghapalkannya. Namun, pada langkah awal ini, alangkah baiknya jika kunci yang akan kamu ajarkan ialah kunci serdehana, yang dapat mengiringi beragam jenis lagu menggunakan kunci-kunci yang sama. Jadi untuk kunci minornya di tahan dulu ya sob

Adapun kunci yang dimaksud ialah, kunci C – D – F dan G . Dimana jika kunci dasar yang digunakan dimulai dari C, maka nada tingginya berada di kunci F. Sedangkan jika pada kunci dasar yang di gunakan dimulai dari G, maka kamu akan mendapati nada tinggi yang berada di kunci C.

Pengenalan ini akan perlahan didapati oleh sang anak, seiring dengan keterlatihannya dalam mengiringi dan memainkan sebuah lagu menggunakan gitar.

Untuk memastikan anak telah mengenali kunci pun dapat dilakukan dengan mencoba meminta anak, untuk menunjukkan letak kunci yang secara acak kamu sebutkan.

Jika pada kesempatan tersebut ia dapat melakukannya dengan benar, maka ini membuktikan bahwa ia telah berhasil melalui tahap pengenalan kunci dengan baik.

Akan tetapi ada hal yang perlu sobat ketahui nih, yakni karena yang kamu latih adalah seorang anak, maka kamu juga harus benar-benar sabar dan benar-benar berkarakter sejiwa dengan mental anak, agar kamu dapat menghadapi mood anak yang umumnya suka berubah – ubah, serta membuatnya tidak bosan ya sob..

2. Melatih Anak Dalam Memindahkan Kunci

bermain gitar dengan saudaraku - teach guitar potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Wah, jika pengenalan kunci telah berhasil di terima, kini saatnya untuk  memasuki langkah keduanya nih. Ya, melatih anak untuk memindahkan kunci.

Untuk hal kedua ini, kamu dapat melakukannya dengan menyebutkan jenis kunci secara cepat dan acak, serta meminta anak untuk memindahkan kunci tersebut secara cepat pula. Meskipun harus cepat, tetap harus sabar ya sob, agar tangan sang anak tidak terluka saat memindahkan.

Kecepatan dan ketepatan yang dilakukan anak saat memindahkan kunci juga akan melatih kelincahan jari jemarinya, ketika ia mulai memainkan sebuah lagu. Jadi semakin anak cepat dan tepat dalam memindahkan kunci, maka semakin besar kemungkinan ia menjadi pintar dalam bermain gitar.

3. Memperkenalkan Anak Jenis Genjrengan Yang Sesuai Dengan Karakter Lagu

ayah dan anak memainkan lagu baru - teach guitar potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Ini dia sobat langkah ketiganyanya, yaitu memperkenalkan genjrengan yang bersesuaian dengan karakter lagu yang akan dimainkan.

Tahukah kamu? Genjrengan menjadi satu hal yang sangat penting sekali bagi seorang pemula yang belajar bermainkan musik gitar. Mengapa demikian?

Jawabannya ialah karena untuk/dalam memainkan musik gitar, pola dan cara kita melakukan genjrengan akan menjadi pola alunan kesepadanan pada sebuah lagu yang dimainkan.

Kebayangkan jika genjrengan yang lambat diberikan pada lagu bertempo cepat, dan jika genjrengan yang berjenis dangdut di pakaikan pada musik yang berjenis pop? Wah, bisa – bisa gagal menyanyikan kemurnian lagu bukan?

Oleh karena itulah, genjrengan pun harus bersesuaian dengan karakter lagu yang menjadi pilihan, yakni selain lebih enak di dengar, tentu akan lebih sepadan mengikuti sebuah nyanyian.

4. Mengajarkan Satu Lagu Pada Anak

mahasiswa belajar musik sebagai hobi - teach guitar potret stok, foto, & gambar bebas royalti

 

Baca Juga  Ingin Cepat Jago Berbahasa Asing? Berikut Trik Belajar Bahasa Asing Cepat

Setelah mengajari anak jenis genjrengan, langkah keempat yang harus kamu lakukan ialah mengajarkan anak sebuah lagu, untuk menilai hal yang kamu ajarkan selama latihan.

Untuk pemilihan lagu ini, kamu dapat memilih jenis lagu yang berkarakter dengan usia anak, yakni yang liriknya lagunya sangat serdehana. Jadi gak usah panjang-panjang ya sobat..

Atau, jika anak memiliki lagu kesukaan yang kuncinya juga masih serdehana, kamu dapat mengajarkan lagu tersebut kepadanya.

5. Melatih  Tarikan Suara yang Bersesuaian dengan Kunci yang Digunakan

ayah mengajarkan gitar dan ukulele kepada putrinya. gadis kecil belajar gitar di rumah. merapatkan. kelas ukulele di rumah. anak belajar gitar dari ayahnya - teach guitar potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Untuk langkah selanjutnya dapat kamu lakukan dengan melatih anak menarik suara berdasarkan kunci yang sedang ia gunakan.

Pada pemain gitar yang tidak dapat menyesuaikan suara mereka, tentulah pasti mereka akan merasa sangat sulit ketika harus memilih kunci dalam menyanyikan sebuah lagu. Hingga cukup terbilang gagal, karena tidak dapat memilih kunci yang tepat saat ia sedang memainkan sebuah lagu dengan tepat.

Nah, ada hal terpenting yang harus kamu ketahui, yaitu ketika kamu sedang menyanyikan sebuah lagu, dan kamu sama sekali tidak tahu menahu akan kunci pada lagu, kamu tetap akan bisa memainkannya lewat pengenalan nada yang kamu sedang nyanyikan di lagu tersebut.

Dengan demikian, ketika kamu mencoba mengiringi seseorang yang bernyanyi dengan lagu yang kamu tidak ketahui, kamu tetap akan bisa meraba kunci dengan mengenali nada dari lagu yang sedang orang itu nyanyikan.

6. Memberi Anak Daftar Chord Gitar Lagu, untuk Ia Pelajari Secara Mandiri

boy belajar bermain gitar melalui panggilan video dengan gurunya - teach guitar potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Wah gak terasa ya udah sampai di tahap terakhir.. Baiklah, jika sang anak telah mampu menyesuaikan tarikan suara secara tepat berdasarkan dengan kunci yang ia gunakan, maka kini kamu dapat memberikan anak daftar chord lagu untuk ia pelajari secara mandiri.

Hal ini juga berguna agar anak lebih percaya diri, dan lebih mampu untuk mengembangkan kekreatifannya dalam memainkan sebuah lagu yang ia pilih.

Pelatihan yang dilakukan oleh anak secara sendiri juga dapat membuat anak berkembang dalam peningkatan akan kemahirannya, untuk melakukan genjrengan pada musik gitar.

Nah, begitulah sobat Lintashaba, ke-6 tahapan yang dapat kamu lakukan bagi si kecil agar dia mahir dalam bermain gitar dan kelak menjadi gitaris yang berbakat.

Comment

Artikel Terkait