by

5 Tips Memulai Usaha Bunga untuk Pemula

Tips memulai usaha bunga bagi pemula – Menanam bunga memberikan peluang besar untuk menebalkan kantong pendapatan.

Lahan tanaman yang dibutuhkan pun tidak harus luas. Kamu bisa memanfaatkan pot, sehingga praktis dilakukan di sekitar pekarangan rumah. Menanam bunga boleh dikatakan perlu ketekunan, agar menghasilkan kualitas dan warna yang cerah.

Bunga yang ditanam mempunyai harga jual yang lebih tinggi dari bunga tiruan. Bunga biasanya dipakai untuk acara pernikahan, kado ulang tahun, dekorasi acara, dan sebagainya. Selain itu, keindahan bunga akan memberikan kesejukan dan bisa mengusir kepenatan kamu selama di rumah.

Bunga yang umumnya dicari adalah mawar, anggrek, melati, aglaoena, monstrea dan tanaman hias lainnya. Penasaran bagaimana memulai bisnis bunga ini? Berikut ini 5 tips memulai usaha bunga bagi pemula.

1. Tanah
Pixabay.com/free-photos

Langkah awal dalam memulai usaha bunga bagi pemula adalah menyiapkan tanah atau lahan. Pertumbuhan bunga sangat bergantung pada kondisi tanah.

Untuk bunga, tanah yang bagus mesti gembur, mudah meresap air dan mengandung cukup unsur hara. Kamu bisa membeli tanah gembur di toko tanaman hias.

Jika menanam pada lahan, sebelum menempatkan bibit bunga ke tanah, siapkan tanah 15 hari sebelumnya dengan menambahkan pupuk kompos. Jika bibit bunga sudah tumbuh sekitar 5 cm pindahkan ke tanah secara hati-hati karena akarnya masih rapuh.

2. Ketahui kebutuhan tanaman
pixabay.com/vikvarga

Persiapan lain yang perlu diketahui sebelum memulai usaha bunga adalah perawatan tanaman. Tanaman pada dasarnya membutuhkan sinar matahari dan air. Namun dalam memulai usaha bunga, jangan menempatkan tanaman langsung di bawah panas matahari, karena bunga akan layu.

Selain itu, ada tiga unsur nitrogen, fosfor, dan kalium atau yang disebut NPK sebagai nutrisi bagi pertumbuhan tanaman. Nitrogen diperlukan untuk daun. Fosfor untuk pertumbuhan akar, perkembangan bunga dan buah, dan kalium untuk kinerja tanaman secara keseluruhan.

Baca Juga  7 Ide Bisnis Paling Laku Saat Akan Lebaran

Kelangkaan nutrisi ini akan menyebabkan pertumbuhan terhambat dan hasil panen rendah. Jika daun mulai menguning, kemungkinan besar, ia kekurangan nitrogen. Kekurangan fosfor akan menyebabkan bintik hitam atau putih pada tanaman. Jadi cobalah mencermati tanaman kamu secara rutin.

3. Penyiraman
pixabay.com/MIH83

Perawatan bunga merupakan rutinitas yang tidak boleh dilewatkan. Untuk penyiraman, waktu terbaik adalah pagi dan sore. Selain air biasa, kamu juga bisa memanfaatkan air bekas beras ke tanaman kamu.

4. Pemupukan
Foto: GEP

Pupuk merupakan nutrisi untuk tanaman. Kamu bisa memakai pupuk kompos organik. Untuk memulai usaha bunga bagi pemula, kamu bisa memakai pupuk dari kotoran hewan seperti kambing yang memiliki kandungan kalium tinggi.

Pupuk lainnya yang bisa kamu terapkan pada bunga adalah model pemupukan bokashi. Kamu dapat membeli pupuk bokashi ini di toko tanaman hias.

5. Pemasaran
pixabay.com/publicdomainpictures

Setelah merawat dan memanen bunga, kamu juga harus menyiapkan pemasaran untuk menjual hasil tanaman. Bagaimana caranya? Kamu bisa memulai dengan bergabung ke komunitas bunga di tempat tinggalmu atau bergabung dalam forum di Facebook.

Posting bunga-bunga kamu di Instagram, Facebook, grup WhtsApp dengan foto bunga yang indah. Lalu kamu sebutkan nama dan manfaat bunga sebagai keterangan foto.

Tips lainnya, foto yang bagus dengan warna cerah dan segar akan menggugah ketertarikan orang untuk melihat produk kamu.

Selain itu, kamu bisa membangun kemitraan dengan petani dan penjual bunga di kota atau luar kota yang sudah mapan. Karena itu, mulailah untuk mencari tahu dan membangun relasi dan jaringan kepada mereka.

Itulah 5 tips memulai usaha bunga untuk pemula. Mungkin akan ada pertanyaan yang membuatmu ragu, tetapi dengan memulai langkah mendasar di atas, kamu akan menjadi terbiasa untuk merawat dan mengembangkan usaha bunga ini.

Comment

Artikel Terkait