by

5 Tips Memilih Kampus yang Tepat untukmu!

Ketika sudah lulus Sekolah Menengah pertama atau SMA, kamu pasti akan disibukan untuk memilih kampus mana yang tepat atau baik untukmu. Dengan demikian, informasi tips memilih kampus ini sangat berguna untukmu karena dapat lebih memudahkan dalam mengambil keputusan.

Namun, kamu pun perlu mendiskusikannya setelah kamu menemukan kampus mana yang akan kamu pilih ini dengan orangtua, sehingga orang tua mengetahui dengan jelas alasan kamu memilih kampus tersebut, dan mereka pun dapat lebih mudah mencari informasi mengenai tempat kamu akan menempuh pendidikan. Inilah beberapa tips tersebut!

1. Tentukan Tujuan

Banyak orang yang cenderung bingung dalam menentukan kampus mana dan jurusannya apa. Hal ini kebanyakan karena kurangnya mengetahui tujuan yang ada dalam diri mereka. Sehingga membuat mereka ragu dalam melangkah.

Hal inilah yang membuat suatu tujuan menjadi penting dan sangat berpengaruh dalam setiap keputusan. Ketika kamu sudah mengetahui tujuannya apa, maka kamu akan lebih mudah dalam mengambil tindakan.

Begitu Pula dalam memilih kampus, temukanlah tujuan dari kuliah itu untuk apa, sehingga itu akan menuntunmu, lalu memberikan beberapa list kampus dan jurusan yang sesuai dengan apa yang ingin kamu tuju.

Misalnya, kamu ingin berkarir di bidang pertanian. Maka, carilah kampus-kampus terbaik di bidang pertanian dan buatlah listnya. Hindari, masuk suatu kampus hanya karena ikut-ikutan saja. Jika kamu sulit menentukan tujuan, kamu bisa menelusuri apa mimpimu sebenarnya atau konsultasi dengan guru BK untuk memudahkanmu menemukan tujuan.

2. Tentukan Jurusan

Jika sudah menetapkan tujuan, maka saatnya kamu menentukan jurusan yang ingin kamu ambil. Misalkan di bidang pertanian, kamu ingin lebih fokus kemana. Jika kamu ingin fokus ke tata cara atau membuat inovasi alat untuk pertanian, mungkin kamu bisa ngambil teknik pertanian.

Namun, apabila kamu ingin fokus ke bisnis hasil bumi, kamu bisa mencoba masuk ke Agribisnis. Setelah kamu mengetahui jurusan apa yang akan diambil, maka lihatlah atau telusuri mata kuliah apa yang akan diajarkan di sana.

Dengan begitu kamu memiliki sedikit gambaran untuk memutuskan mana saja jurusan yang kamu ambil. Jika kamu masih bingung, kamu bisa mengikuti tes minat dan bakat online untuk mengetahui minat dan bakatmu.

3. Siapkan Jurusan Cadangan

Mengapa hal ini penting? Karena apabila jurusan yang pertama kamu tidak lulus, kamu bisa mencoba jurusan cadangan. Namun, nilai passing brandnya perlu lebih rendah dibandingkan passing grade jurusan yang pertama kamu ambil atau bisa juga seimbang.

Ketika memilih jurusan dalam sebuah tes, misalnya SNMPTN maupun SBMPTN pun kamu perlu mencantumkan sampai tiga jurusan. Hal ini agar ketika jurusan pertama yang kamu pilih tidak lulus, maka akan jurusan lain yang akan dipertimbangkan.

Namun, apabila kamu tidak lolos di semua jurusan, kamu perlu mencoba jurusan utama maupun jurusan cadangan dalam tes yang berbeda. Jika, kamu selalu tidak lolos di jurusan utama, sebaiknya tidak terlalu memaksakannya.

Percayalah, itu bukanlah akhir dari segalanya. Kamu bisa mencoba rangkaian tes lainnya dalam memilih jurusan cadangan pun, tidak sembarangan. Melainkan, jurusan yang hampir mendekati dengan jurusan yang inginkan atau jurusan yang membuat tertarik untuk mempelajarinya.

Sehingga ketika nanti kamu lulus dan belajar nya pun tidak akan setengah-setengah. Meskipun kamu merasa lelah atau mengalami kesulitan, itu tidak akan berat dibandingkan kamu kuliah di jurusan yang tidak kamu minati sama sekali.

4. Riset Profile Company Kampus

Menentukan tujuan, menentukan jurusan dan menentukan jurusan cadangan sudah dilakukan, maka selanjutnya mencari informasi detail mengenai kampus tersebut. Dimulai dengan budaya kampus, prestasi, program pengembangan diri, fasilitas, beasiswa dan hal lainnya.

Mengapa ini penting? Karena ketika kamu sudah mengetahui semuanya, kamu akan lebih mantap lagi untuk kuliah di sana dan ini dapat membantu kamu merasa lebih nyaman ketika kuliah disana. Selain itu, dengan kamu mengetahui hal tersebut, ini akan membantu dalam menangani berbagai hal.

Misalnya, kamu ingin menempuh pendidikan secara gratis, maka hal yang paling memungkinkan adalah mendapatkan beasiswa. Jenis dari beasiswa pun berbagai macam, ada yang dari kampus sehingga disebutnya beasiswa internal atau ada pula beasiswa dari luar.

Biasanya beasiswa seperti ini berasal dari perusahan-perusahan yang memiliki kepedulian terhadap pendidikan, misalnya beasiswa djarum dan yang lainnya. Beasiswa jenis ini kadang tidak semua kampus mendapatkan, jadi perlu juga melihat kampus mana saja yang bekerja sama dengan perusahan tersebut.

5. Cari Tahu Biaya dengan Detail

Biaya tiap jurusan di setiap kampus itu berbeda, misalnya jurusan teknik pertanian akan berbeda dengan biaya jurusan kedokteran. Dengan demikian, maka sangat penting mengetahui rincian dari biaya kuliah.

Jika kalian memilih perguruan tinggi atau universitas negeri, maka kalian akan membayar setiap satu semester satu kali saja, yang kita kenal sebagai pembayaran UKT atau uang kuliah tunggal. Namun, biaya wisuda, sidang dan lain sebagainya, mahasiswa tidak lagi dituntut untuk membayarnya.

Beda halnya dengan universitas atau perguruan tinggi swasta, kamu akan dikenakan biaya semester, uang pangkal, biaya wisuda dan lain sebagainya. Maka, sangat penting mengetahui informasi mengenai  biaya detail dari kampus dan jurusan yang kamu pilih.

Ini pun akan memudahkan orangtua kamu dalam menganalisa berapa uang yang harus dibayarkan, ketika kamu pertama kali masuk kuliah dan membayar untuk biaya semester kamu. Sehingga, ketika kamu sudah mengetahui detail biaya dari kampus yang kamu pilih, kamu bisa mendiskusikannya bersama orangtua.

Dengan begitu, kamu dan orangtua dapat mengambil keputusan yang matang. Sampaikan pula alasan kalian memilih kampus atau jurusan tersebut, sehingga orang tuamu akan mengerti bahwa kamu memiliki tujuan yang jelas, bukan hanya asal memilih saja.

Menentukan tujuan, menentukan jurusan, menyiapkan jurusan cadangan, menggali informasi mengenai kampus yang dituju lebih detail, dan mengetahui biaya merupakan 5 tips memilih jurusan kuliah yang dapat kamu coba, jika kamu mengalami kebingungan.

Baca Juga  5 Cara Menjaga Tubuh Agar Tidak Mudah Sakit yang Bisa Dicoba di Rumah

Comment

Berikan Komentar Untuk Tulisan Ini

Artikel Terkait