by

5 Tips dan Rekomendasi Makanan untuk Kucing yang Sehat

Makanan untuk kucing sangat penting untuk diperhatikan. Pasalnya, itu akan sangat berpengaruh terhadap kesehatan kucing itu sendiri. Kenali kucing peliharaan, sehingga tidak salah memberikan makanan padanya.

Tips memberikan makanan untuk kucing

Memberikan makanan pada kucing, tidak bisa sembarangan. Pasalnya, ini akan sangat berbahaya bagi kesehatan si kucing. Jika kamu baru memelihara kucing, pasti akan sedikit kerepotan dan kebingungan, bukan? Untuk mengatasi hal tersebut, kamu dapat melakukan beberapa tips dibawah ini!

1. Periksa alergi makanan pada kucing

Sebelum memutuskan memberikan makanan kembali pada kucing, kenali apakah kucing memiliki alergi terhadap suatu makanan atau tidak. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah untuk menemukan makan yang baik untuk kucing kesayangan.

Biasanya, jika kucing memiliki alergi dia akan menunjukan beberapa tanda. Di antaranya, muntah, gatal-gatal dan lain sebagainya. Jika hal tersebut terjadi pada kucing kesayanganmu, segera hentikan makanan yang biasa kamu berikan.

2. Sesuaikan dengan kebutuhan

Kucing memiliki kebutuhan makanan yang berbeda tiap fasenya. Misalnya, kucing yang baru lahir. Dia lebih membutuhkan susu dibandingkan makanan yang biasa dimakan kucing dewasa. Pasalnya, pencernaanya belum siap.Biasanya, kucing yang baru lahir, membutuhkan susu formula sebanyak 2 sampai 6 ml botol dengan durasi waktu 2 hingga 3 jam.

Namun, lebih bagus lagi jika si kucing langsung menyusui ke induknya sendiri. Tentu hal ini berbeda dengan kebutuhan makanan kucing dewasa. Dimana ia akan mengkonsumsi daging, ikan, dan lain sebagainya. Selain itu, kucing dewasa membutuhkan protein maupun lemak yang lebih sedikit dibandingkan anak kucing.

3. Pilih makanan yang berkualitas

Seperti yang diketahui bahwa makanan kucing terdapat dua jenis. Yaitu, makanan kaleng atau instan dan makanan alami.  Jika kamu ingin yang lebih praktis, makanan instan atau kaleng lebih baik dipilih. Namun, jika kamu ingin memvariasikan makanan, sebaiknya makanan alami yang dipilih.

Baca Juga  Inilah 7 Hal yang Wajib diketahui Sebelum Umur 25 Tahun!

Makanan dengan jenis ini dapat membuatmu lebih leluasa dalam berkreativitas. Namun, itu tergantung dari kebutuhan kucing peliharaan. Apakah dia lebih cocok dengan makanan alami atau malah makanan yang instan. Hal ini dapat diketahui ketika ia menyantap makanan nya. Apakah dia makannya lahap atau tidak.

4. Bersihkan wadah dengan rajin

Selain makanan yang perlu diperhatikan, kamu pun perlu memperhatikan wadah atau alat makannya. Pasalnya, jika wadah tersebut tidak dibersihkan maka akan menyebabkan beberapa hal yang berakibat pada kesehatannya.

Terlebih jika lama tidak dibersihkan, bisa jadi ada debu atau kotoran lainnya. Dimana nantinya hal tersebut dapat bercampur dengan makanan yang disajikan untuk kucing kesayangan. Untuk membersihkannya bisa tiga hari sekali bahkan setiap hari setelah dipakai.

5. Berikan makan sesuai jadwal

Ini sangat penting dilakukan supaya kucing teratur makannya. Dengan begitu, dia akan meminta makan ketika jam makan datang. Selain itu, hal ini pun akan sangat bagus buat pencernaan kucing peliharaan.

Jika sebelumnya, kucing yang dipelihara belum teratur makannya. Kamu dapat mengatur jadwal makanannya. Misalnya sarapan pukul 09.00, makan siang pukul 13.00 dan makan malam pukul 19.00. Selain jadwal itu, kamu dapat menyesuaikan dengan kebutuhan dari si kucing. Kemudian biasakanlah hal tersebut.

Rekomendasi Makanan untuk Kucing yang Sehat

Selain makanan yang dijual di petshop, ada pula beberapa makanan yang alami. Sehingga kamu dapat mengolahnya sendiri. Sesuai dengan anjuran dari tips di atas, kamu perlu menyesuaikan kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh kucing. Untuk beberapa rekomendasi makanan untuk kucing, kamu dapat menyimaknya di bawah ini!

1. Daging

Makanan pertama yang bagus untuk kucing adalah daging. Hal ini dikarenakan  daging memiliki protein yang sangat bagus untuk kesehatan jantung, sistem produksi, dan lain sebagainya. Namun, dengan catatan daging ini harus dimasak terlebih dahulu.

Baca Juga  7 Rekomendasi Camilan Pereda Stres, Semuanya Enak Banget

Jika tidak demikian, maka akan menimbulkan bahaya bagi kesehatan kucing peliharaan kesayanganmu. Kamu dapat memasaknya dengan cara merebusnya terlebih dahulu sampai daging tersebut empuk. Lalu dinginkan terlebih dahulu, kemudian berikan pada kucing peliharaan.

2. Ikan

Ikan dikenal dengan kandungan Omega 3 nya yang sangat tinggi. Makanan ini dapat membantu kucing menjaga kesehatan jantung, artritis, ginjal dan lain sebagainya. Namun, perlu diperhatikan ketika memberikan ikan pada kucing.

Pastikan terlebih dahulu, tidak ada tulang kasar maupun tulang halus yang menempel pada daging ikan. Dimana nantinya, ikan ini akan diberikan pada kucing. Seperti halnya daging, kamu dapat merebusnya hingga matang.

3. Sayuran dan buah

Mungkin akan terdengar aneh atau asing, jika kucing mengonsumsi sayur dan buah. Namun, hal ini memang benar adanya. Karena sayuran memiliki kandungan yang sangat baik untuk kesehatan tubuh kucing. Adapun sayuran yang disukai oleh kucing di antaranya wortel, pisang, labu dan melon.

Kamu dapat membiasakan memberikan salah satu sayuran maupun buah di atas. Kemudian, perhatikan kucingmu lebih menyukai yang mana. Lebih bagus lagi, jika kucing yang kamu pelihara menyukai sayuran maupun buah dalam sekaligus.

4. Makanan instan

Salah satu makanan yang praktis dan memiliki kandungan baik untuk kesehatan adalah makanan instan untuk kucing. Makanan ini, ada yang kering dan ada pula yang basah. Namun, kamu harus hati-hati dalam memilih jenis makanan ini.

Pasalnya, setiap merek memiliki kandungan dan jenis yang berbeda. Maka, cobalah untuk mencari informasi terlebih dahulu. Kelebihan dan kekurangan dari masing-masing merk tersebut. Dengan begitu, kamu lebih mudah memilih produk mana yang akan dibeli.

Makanan untuk kucing akan membawa manfaat apabila mengandung nutrisi yang baik. Selain itu, perhatikan pula cara dalam memberikan makanan pada kucing agar tepat. Periksalah dengan rutin kesehatan kucing, sehingga terhindar dari berbagai penyakit.

Comment

Artikel Terkait