by

5 Cara Membuat Ringkasan Materi Anti Bosan

Materi pada sebuah buku akan lebih mudah dipelajari, jika dibuat menjadi ringkasan dengan kalimat-kalimat yang lebih pendek dan mudah dipahami. Ringkasan ini juga akan membuat pembaca lebih mudah mempelajari materi yang memiliki poin-poin penting sehingga belajar menjadi lebih efektif dari biasanya.

Ringkasan materi pun seharusnya dibuat dengan cara yang menarik, sehingga dapat membuat pembaca terhindar dari rasa bosan dan mengantuk yang sewaktu-waktu terjadi saat belajar. Bagaimana sih cara membuat ringkasan materi yang menarik, lucu dan anti bosan? Yuk simak penjelasan lengkapnya agar kamu bisa belajar efektif.

1. Tentukan poin-poin penting dari materi ringkasanmu

Sebelum membuat ringkasan, pastinya kamu harus menentukan dulu poin-poin penting dari materimu dong, seperti pengertian, manfaat, fungsi, tanggal peristiwa penting dan langkah-langkah penting.

Baca terlebih dahulu bukumu sambil menentukan bagian yang penting, lalu menggaris bawahi poin penting tersebut menggunakan pensil atau bolpoin. Usahakan kalimat yang kamu anggap penting itu sudah kamu ringkas, menjadi kalimat yang lebih sederhana dan singkat.

2. Jika perlu, tulis poin-poin penting tersebut pada buku khusus

Berikutnya adalah cara membuat ringkasan materi pada buku khusus. Kamu bisa menulis kembali kumpulan poin penting yang telah kamu garis bawahi tadi, dari buku utama ke buku catatan khusus kumpulan ringkasanmu.

Tulis menjadi kalimat yang lebih pendek dan mudah dipahami dengan spasi yang memperjelas tulisanmu. Buat catatannya menjadi lebih menarik dengan beberapa hiasan dan tulisan warna-warni karena bisa membuatmu lebih semangat untuk membacanya. Bisa juga membuat kolom-kolom kecil untuk membagi kalimatmu dengan lebih estetik dan rapi.

3. Gunakan pena atau highlight yang berwarna-warni

Ringkasan yang kamu buat di buku pelajaran milikmu sendiri, dapat kamu coret-coret menggunakan pena warna-warni milikmu atau membloknya dengan highlight.

Atau bisa diterapkan pada buku catatan khusus untuk memberi hiasan berwarna-warni agar terlihat lebih indah. Cara ini berfungsi untuk mempertegas kalimat penting agar kamu mudah mencarinya.
Selain itu, cara ini juga lebih efektif untuk membuat ringkasanmu mudah dibaca.

Baca Juga  Cuma Pakai Smartphone Bisa Jadi Youtuber, Simak 5 Tips Jadi Youtuber Modal HP

Lebih-lebih, sesuatu yang berwarna-warni dapat membuat tulisanmu lebih menarik, lucu dan membuatmu bersemangat.

4. Pakai sticky note untuk menambah catatan penting

Pada suatu catatan, kamu mungkin akan menemukan istilah baru yang asing atau mungkin sesuatu yang ingin kamu perjelas. Maka kamu bisa menambah catatan penting di sticky note, untuk menghindari tulisan tambahan pada bukumu dengan letak yang kurang nyaman.

Isi dari kertas tersebut juga bisa berupa keterangan tambahan, atau gambar kecil untuk memperjelas kalimat pada materi. Sticky note bisa kamu tempel pada sudut yang dekat dengan tulisan istilah yang kamu pilih.

5. Buat tulisan yang menarik dan mudah dibaca

Beberapa orang menyukai hand lettering dengan bentuk huruf yang unik. Tulisan ini bisa dibuat oleh siapapun yang memiliki tingkat ketelatenan yang tinggi. Namun, tidak ada ruginya membuat tulisan yang bagus dan bernilai seni, karena dapat memperindah buku ringkasanmu.

Cara membuat ringkasan materi di atas cukup mudah dan sederhana. Kamu bisa menikmati hasil ringkasanmu yang menarik itu sambil belajar santai. Bahkan, tulisan itu bisa menjauhkanmu dari rasa mengantuk karena keunikan dan estetika tulisan, yang tidak bisa kamu dapatkan di buku pelajaran utama yang penuh dengan teks.

Lebih baik kamu membuat catatan ringkasan, lebih efektif pula gaya belajarmu. Dan lebih bagus pula catatan ringkasan yang kamu buat, lebih bersemangat pula kamu mempelajarinya.

Comment

Berikan Komentar Untuk Tulisan Ini

Artikel Terkait