by

5 Cara Membuat Plan Konten Instagram yang Baik dan Benar

Plan konten untuk instagram sangat penting, terutama jika kamu memiliki tujuan khusus. Seperti branding diri maupun produk. Pasalnya, jika ingin berjualan tidak hanya mengupload foto produk dan informasi produk saja.

Namun, membutuhkan konten lain sehingga tidak monoton atau membosankan. Selain itu, membuat konten tidak bisa langsung dibuat secara otodidak karena membutuhkan persiapan yang matang. Dengan begitu, kamu tidak akan kebingungan dalam membuatnya.

Cara Membuat Plan Konten untuk Instagram Yang Baik

Apa itu plan konten? Ini merupakan sebuah rencana untuk membuat konten mencakup, visual, caption, tema, maupun jadwal tayangnya. Lantas apa saja cara untuk membuatnya? Yuk simak beberapa cara berikut ini dengan seksama!

1.  Sesuaikan dengan Target Market

Meskipun nantinya membuat konten itu beragam, tetapi usahakan hal tersebut dibutuhkan oleh target market. Cobalah kamu mengingat kembali siapa target market yang kamu tuju. Seperti kebiasaan, ketertarikan, usia, tempat tinggal dan lain sebagainya.

Misalnya, jika kamu menjual produk body care untuk usia  20 tahun hingga 25 tahun, tempat tinggal nya di kota-kota industri, dan menyukai warna-warna pastel. Maka kamu bisa membuat konten dengan menyoroti manfaat body care untuk kulit saat berada di suhu panas. Kemudian buatlah perencanaan desain dengan warna pastel.

2. Tentukan Tema

Hal berikutnya yang perlu kamu tentukan adalah dengan membuat tema, dengan begitu kamu pun lebih mudah membuatnya. Kamu bisa membuat khusus promo, tips and trik, pengetahuan umum, dan Profil brand. Setelah itu, coba lah memecah tema-tema tersebut ke beberapa tanggal. Usahakan setiap minggunya menyangkut tema yang ada.

Namun, jika tidak tidak apa-apa dan pilihlah secara acak sehingga tidak monoton. Jika konten membutuhkan riset yang membutuhkan data mendalam maka usahakan untuk mencari materi sebelum hari H konten tersebut tayang. Dengan begitu, waktu yang tersisa digunakan untuk fokus membuat konten dengan materi yang sudah didapat.

Baca Juga  Ingin Cepat Jago Berbahasa Asing? Berikut Trik Belajar Bahasa Asing Cepat
3. Tentukan Tipe Visual

Tipe visual ini maksudnya lebih ke arah, foto, story Instagram, video, atau desain grafis. Selain itu, pastikan untuk memilih tipe visual sesuai dengan konten yang dibuat. Misalnya, ingin menunjukan kelembutan dari bahan hijab, maka rasanya kurang hidup apabila hanya hanya berbentuk foto saja, maka kamu perlu membuat sebuah video.

Baik itu video untuk dipasang di feed atau video berdurasi pendek yang unggah untuk kebutuhan story Instagram. Dengan begitu, pesan yang ingin disampaikan pun dapat diterima oleh calon konsumen atau target market yang dituju.

4. Tentukan Caption dan Hastag

Tidak lengkap rasanya jika konten tanpa sebuah caption, karena hal tersebut berfungsi untuk memperjelas apa yang ingin disampaikan melalui foto maupun video yang diunggah. Namun, seperti yang diketahui bahwa caption di Instagram terbatas oleh jumlah karakter. Maka usahakan untuk membuat caption sepadat dan sejelas mungkin.

Selain itu, kamu pun perlu memikirkan hastag apa yang cocok untuk konten tersebut. Sehingga, ketika orang mencari produk atau jasa maka apa yang kamu sediakan itu akan tampil. Misalnya, ketika ingin membuat konten tentang skincare, maka kamu bisa membuat hastag kulit sehat, wajah cerah, perempuan cantik, dan lain sebagainya.

5. Tentukan Jadwal Tayang

Setelah semua selesai dilakukan, maka saatnya kau menentukan waktu tayang konten. Misalnya, kamu ingin mengunggah pada pukul 09.00 dan pada pukul 13.00 siang. Namun, jika kamu membuat sebanyak tiga konten maka bisa membagi waktu menjadi tiga bagian. Sehingga tidak kamu unggah secara sekaligus.

Hal yang Perlu Disiapkan Sebelum  Membuat Plan Konten

Ada beberapa hal yang perlu kamu siapkan untuk membuat menyiapkan plan konten, sehingga kamu tidak kebingungan. Lakukan hal ini sebelum kamu riset untuk kebutuhan materi konten. Beberapa hal tersebut diantaranya adalah sebagai berikut!

Baca Juga  Sering Berhutang? Lakukan 5 Tips Ini Dalam Kehidupan Sehari-hari!
1. Mengenal Lebih Jauh Company Profile

Sangat penting mempelajari profile dari perusahaan itu sendiri. Hal tersebut dimaksudkan agar konten dibuat tidak menyalahi visi maupun misi dari perusahaan tersebut. Selain itu, kamu pun akan lebih mudah mengarahkan konten yang dibuat akan seperti apa. Sehingga konten yang dibuat menampilkan ciri khas dari perusahaan tersebut.

2. Mempelajari Target Market

Pada poin di atas, diarahkan untuk mengingat kembali seperti apa target market dari perusahaan, bukan? hal tersebut berguna untuk menyesuaikan konten dengan target konsumen yang ingin dituju. Setiap perusahaan pasti memiliki target market untuk produk maupun jasa.

Maka cobalah untuk mempelajari siapa yang dituju oleh perusahaan. Tinjau kembali dari berbagai aspek, baik psikologis maupun demografi. Dalam sisi psikologis seperti hobi, konten yang lebih sering dilihat, dan lain sebagainya. Adapun dalam sisi demografi. Seperti pendapatan, budaya dan lain sebagainya.

3. Mendalami Produk Atau Jasa yang Ditawarkan

Penting untuk mengenal lebih jauh produk yang akan dipasarkan. Hal tersebut untuk mengetahui manfaat atau kelebihan yang ada dalam produk. Selain itu, jika produk yang ditawarkan berupa barang maka kenali bahan dasar pembuatannya, metode pembuatannya, dan lain sebagianya. Adapun jika produknya adalah jasa, maka pelajarilah pelayananya, jenis jasa yang ditawarkan, harga jasa, pembeda dengan jasa lain dan lain sebagainya.

Membuat plan konten untuk Instagram memang tidak bisa dilakukan dalam waktu singkat. Terutama jika kamu tidak mengetahui profile company, target market, maupun mengenal produk atau jasa yang ditawarkan. Selain itu, jika kamu masih bingung, gunakanlah cara-cara di atas untuk membuat rencana konten yang akan dibuat atau bisa juga dijadikan acuan bahan referensi.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Publikasi Terkait Lainnya