by

10 Tips Hafalan Tidak Cepat Hilang Untuk Kamu yang Pelupa

Menjadi sosok yang pelupa adalah suatu hal yang tidak menyenangkan. Informasi penting yang seharusnya selalu dapat diingat akan membuat si pelupa kelabakan, jika mendadak lupa hal tersebut. Tak hanya seseorang yang pelupa saja, Oleh karena itu, berikut ini tips hafalan tidak cepat hilang untuk kamu yang pelupa.

1. Mengulang-Ulang Informasi

Tips hafalan tidak cepat hilang yang pertama ialah dengan mengulang-ulang informasi yang telah didapatkan. Cara yang pertama ini memang cara yang sangat biasa, tetapi cara ini terbukti ampuh dapat membantu memperkuat hafalan. Sebab, dengan mengulang-ulang informasi, kamu nantinya akan cenderung terbiasa dengan informasi tersebut.

2. Mengidentifikasi Waktu yang Cocok Untuk Hafalan

Kamu harus dapat mengetahui saat-saat kapan otak kamu terasa fresh dan dapat membantu kamu dalam menghafal secara maksimal, sebab dengan cara ini dapat membantu kamu agar hafalanmu tidak cepat lupa. Waktu-waktu yang biasanya cocok untuk hafalan ialah ketika di pagi hari setelah tidur malam, sebab di waktu ini otak masih fresh.

3. Menulis Kembali Informasi

Salah satu manfaat dari menulis ialah membuat hafalan menjadi lebih kuat, sebab dengan menulis, kamu nantinya akan mengingat hafalan dengan dua cara, yaitu saat kamu membaca informasi dan saat kamu kembali menuliskan informasi.

4. Jangan Menggunakan Sistem Kebut Semalam

Sistem kebut semalam atau yang biasa disingkat anak sekolah sebagai SKS ini, merupakan salah satu kegiatan yang sangat tidak efektif dalam menghafal, sebab dengan menghafal dalam jangka waktu yang pendek, ingatanmu juga tidak akan menjadi kuat.

5. Usahakan Tidak Terdistraksi

Distraksi atau yang biasa disebut dengan gangguan merupakan salah satu hal yang membuat kamu akan kesulihan untuk menghafal, sebab otak dan pikiran kamu akan teralihkan fokusnya pada gangguan tersebut. Oleh karena itu, agar tidak mendapat gangguan, usahakan untuk menghafal di tempat yang sepi atau nyaman.

Baca Juga  Perhatikan Hal yang Wajib Diperiksa Sebelum Berkendara Demi Keselamatanmu
6. Membaca Dengan Keras Serta Lantang

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2017, menghafalkan sesuatu dengan membacanya secara lantang dapat membantu untuk memperkuat hafalan.

Namun, sebaiknya kamu jangan mencoba hal ini saat berada di perpustakaan atau tempat umum, yang membutuhkan ketenangan ya, sebab bisa-bisa kamu malah diusir dari sana.

7. Memiliki Tidur yang Berkualitas

Tidur yang berkualitas di malam hari memberikan dampak yang bagus dalam menghafalkan sesuatu, agar hafalan tidak cepat hilang. Sebab apabila jam tidur malam terganggu, maka fungsi kognitif otak akan terganggu pula.

8. Memahami Informasi

Menghafal saja tanpa memahami apa yang dibaca rasa-rasanya kurang efektif , sebab dalam beberapa waktu hafalan itu pasti bisa cepat hilang. Oleh karena itu, sebaiknya kamu juga harus memahami apa yang kamu baca, untuk memperlancar hafalan dan memperpanjang daya ingat hafalan kamu tersebut.

9. Menggunakan Singkatan atau Bermain Kata

Cara agar hafalan tidak cepat hilang selanjutnya ialah dengan menyingkat atau menggunakan permainan kata, hal ini agar menghafal mudah dilakukan karena dengan menggunakan singkatan atau permainan kata, hafalan bisa lebih disingkat dan mudah diingat kembali.

10. Fokus Pada Apa yang Dibaca

Fokus menjadi sesuatu yang penting untuk dilakukan, dengan fokus pikiran kamu akan terus tertuju pada apa yang sedang kamu lakukan. Seperti halnya ketika membaca, saat kamu fokus membaca, hafalan kamu akan cenderung lama bertahan.

Itulah tadi beberapa tips agar hafalan tidak cepat hilang, menghafal mungkin menjadi sesuatu yang sulit dilakukan, oleh karena itu, semoga dengan tips-tips yang ada di atas dapat membantu kamu dalam menghafal dan mempertanahkan hafalan kamu.

Comment

Berikan Komentar Untuk Tulisan Ini

Artikel Terkait