oleh

10 Saran Berguna untuk Mencari Asisten Rumah Tangga

Mempunyai Asisten Rumah Tangga (ART) adalah sebuah kebutuhan yang sangat penting bagi kita, yang tidak mempunyai cukup waktu untuk mengurus semua pekerjaan rumah tangga, termasuk menjaga anak-anak saat sedang bekerja. Untuk mendapatkan ART yang sesuai dengan yang diinginkan, ternyata tidak mudah dan membutuhkan usaha serta kesabaran.

Banyak kejadian tidak menyenangkan yang terjadi saat para ART bekerja di rumah majikan, seperti yang sering diberitakan atau ditayangkan di berbagai media. Mulai dari kejadian seperti pencurian, penipuan, hingga penculikan anak. Kita harus sangat selektif dalam mencari ART yang akan bekerja di rumah dengan melakukan hal-hal sebagai berikut;

1. Mendapatkan ART dari Orang-orang Terdekat

Jika kita memilih untuk mencari ART melalui teman, tetangga, atau kerabat, akan lebih baik jika kita sudah mengenal dengan sangat dekat orang tersebut. Sebagai contoh, kita bisa meminta bantuan dari ART tetangga dekat kita untuk mencari ART baru bagi kita saat ia akan pulang kampung. Dengan demikian kita akan mengetahui asal-usul calon ART tersebut dengan jelas.

2. Menggunakan Jasa Yayasan

Jika pilihan kita adalah mencari ART melalui yayasan penyalur ART, maka pilihlah yang terpercaya dan sudah cukup berpengalaman. Mintalah rekomendasi pada teman atau kerabat dekat yang pernah memakai jasa suatu yayasan. Jangan menggunakan jasa dari yayasan yang meminta persyaratan berlebihan seperti, harus membayar gaji ART sebanyak tiga bulan di muka atau persyaratan-persyaratan yang memberatkan lainnya.

3. Menggunakan Iklan di Berbagai Media

Pilihan lain yang mudah dilakukan saat ini adalah mencari ART melalui iklan-iklan daring. Kita tinggal mencantumkan persyaratan apa saja yang kita inginkan untuk calon ART, maka akan banyak sekali yang melamar.

Baca Juga  5 Tips Meningkatkan Penghasilan Bisnis UMKM di Tengah Pandemi

Perhatikan data-data yang mereka cantumkan di surat lamaran dan bio-data, dan coba cocokkan dengan akun-akun media sosial mereka, jika ada. Pilihlah yang benar-benar mencantumkan segala keterangan dengan jelas. Pantau juga aktivitas mereka di media sosial, untuk mengetahui kegiatan mereka sebelum bekerja di rumah kita.

4. Lakukan Wawancara

Apa pun cara yang kita pilih untuk mendapatkan ART, selalu lakukan wawancara sebelum menerima mereka untuk bekerja. Saat wawancara, perhatikan kata-kata, mimik wajah dan gerakan tubuh mereka.

Orang yang bersikap tenang dan menjawab semua pertanyaan dengan jelas biasanya lebih dapat dipercaya. Sebaliknya, orang yang kelihatan terlalu bersemangat dan menjawab pertanyaan-pertanyaan dengan berlebihan, belum tentu dapat dipercaya.

Pergunakan kesempatan wawancara tersebut untuk menggali sebanyak mungkin informasi mengenai asal-usul, kemampuan, dan pengalaman kerja calon ART. Buat suasana yang nyaman saat wawancara agar mereka tidak merasa sungkan atau tertekan saat diwawancarai.

5. Minta Referensi

Jika kita hanya menginginkan calon ART yang sudah mempunyai pengalaman kerja, maka saat wawancara mintalah pada mereka nomor telepon para majikan tempat mereka pernah bekerja, dan tanyakan alasan mereka berhenti dari tempat-tempat tersebut.

Jika ada calon ART yang sudah kita pilih, cobalah untuk menelepon mantan majikan-majikannya untuk mencocokkan keterangan yang diberikan oleh calon ART. Jangan menerima mereka yang tidak mau memberikan nomor telepon mantan majikan dengan berbagai alasan.

6. Perhatikan Penampilan Calon ART

Keuntungan dari melakukan wawancara dengan calon ART adalah kita dapat melihat langsung penampilan mereka dari cara bersikap, berpakaian, dan berkomunikasi. Dari hal-hal tersebut kita bisa menilai kebersihan, kerapihan, keramahan, dan sopan-santun mereka. Pilihlah yang terlihat rapi, bersih, dan enak diajak bicara.

Baca Juga  Akta Kelahiran Hilang! Jangan Panik Dulu Begini Cara Mudah Mengurusnya
7. Berlakukan Masa Percobaan

Jika setelah melakukan wawancara kita sudah mendapat calon ART yang sesuai, maka berlakukanlah masa percobaan. Tentunya kita harus memberi tahukan, bahwa kita akan menilai hasil pekerjaannya selama masa percobaan tersebut yang berlangsung selama satu atau dua minggu.

Keputusan untuk menerima calon ART tersebut untuk seterusnya bekerja di rumah kita atau tidak, tergantung hasil kerjanya selama masa percobaan. Hal ini sangat penting jika ART tersebut juga akan kita minta untuk menjaga anak-anak, terutama balita. Kita bisa melihat reaksi anak-anak terhadap calon ART tersebut selama masa percobaan.

8. Utamakan Kejujuran

Pergunakan masa percobaan dengan sebaik-baiknya. Mintalah calon ART untuk mulai bekerja pada hari libur, saat kita sedang berada di rumah. Jika memungkinkan, usahakan untuk berada di rumah selama beberapa hari. Dari segala kriteria yang kita inginkan dari seorang calon ART, maka yang paling utama adalah kejujuran. Jika orang yang bodoh bisa diajari hingga pintar dan orang yang lamban bisa diajari untuk bekerja cepat, maka orang yang tidak jujur sangat sulit untuk diubah.

Jika kita menitipkan anak-anak balita pada seorang ART yang tidak jujur, maka ia tidak akan melapor jika anak kita jatuh, terantuk, atau mengalami cedera. Bukankah hal seperti itu akan sangat berbahaya? Kita tentu masih ingat pada kasus ART yang memberi obat tidur pada bayi yang dirawatnya selama berbulan-bulan.

Kita juga tidak bisa menitipkan rumah dengan segala isinya pada orang yang tidak jujur. Bukankah kita sering melihat tayangan tentang seorang ART, yang bekerja sama dengan pencuri untuk menggasak harta benda milik majikannya?

9. Ciptakan Suasana Nyaman

Usahakan untuk membuat ART merasa nyaman saat bekerja di rumah kita pada masa percobaan. Ajak ia berbicara tentang hal-hal yang ringan agar ia menjadi kerasan untuk bekerja di rumah kita. Ajari anak-anak untuk bersikap sopan kepada ART dan meminta bantuan dengan cara yang halus.

Baca Juga  5 Cara Merawat Tanaman di Musim Hujan yang Harus Anda Ketahui

Jangan membebaninya dengan pekerjaan yang terlalu berat, seperti menyetrika pakaian yang sudah bertumpuk-tumpuk dan harus diselesaikan semuanya. Jika ART tersebut akan tinggal di rumah kita, siapkan kamar yang layak, bersih, dan mempunyai ventilasi udara yang cukup.

10. Berikan Apresiasi atas Hasil Kerjanya

Jika calon ART sudah berhasil melewati masa percobaan dengan sukses, maka sudah saatnya kita menawarkan kontrak kerja secara tertulis. Jika pada masa percobaan ia hanya mendapatkan gaji, setelah menjadi pekerja tetap kita bisa memberikan hal-hal lain sebagai tambahan seperti, paket sembako, tunjangan kesehatan, bonus, atau THR menjelang hari raya.

Semua hal tersebut di atas berlaku saat mencari ART yang akan tinggal di rumah kita ataupun hanya bekerja paruh waktu. ART akan merasa kerasan bekerja untuk jangka waktu yang panjang, jika kita memperlakukannya dengan baik sehingga ia merasa nyaman. Sebagai perpanjangan tangan kita dalam mengurus rumah dan anak-anak, sudah seharusnya kita memperlakukan mereka seperti anggota keluarga sendiri.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Publikasi Terkait Lainnya