by

10 Cara Berdamai dengan Diri Sendiri Agar Hidup Lebih Tenang dan Nyaman

Kehidupan yang tenang dan nyaman merupakan hal yang diinginkan setiap orang. Namun, hal tersebut sulit terwujud jika kamu belum berdamai dengan dirimu sendiri. Oleh karena itu, kamu membutuhkan cara berdamai dengan diri sendiri agar kehidupanmu menjadi lebih baik.

Tidak bisa dipungkiri, setiap orang pasti memiliki permasalahan tersendiri. Masalah tersebut mungkin dipendam hingga membuat hati dan pikiran menjadi tidak tenang. Hal inilah yang menjadi salah satu penyebab seseorang sulit berdamai dengan dirinya sendiri.

Bagaimana Cara Berdamai dengan Diri Sendiri?

Hati dan pikiran yang tenang memang membawa dampak positif bagi kehidupan. Kamu mungkin berpikir bahwa ketenangan hidup bisa didapatkan ketika tidak ada masalah. Padahal, ketenangan tersebut harusnya bisa kamu ciptakan sendiri setiap saat, yaitu dengan jalan berdamai dengan diri sendiri. Lantas bagaimanakah caranya?

1. Jangan fokus pada hal yang tidak bisa kamu kendalikan

Untuk bisa berdamai dengan diri sendiri, kamu perlu menghilangkan rasa kekhawatiran akan sesuatu yang belum terjadi. Kamu harus menghilangkan rasa kekhawatiran pada sesuatu yang tidak bisa kamu kendalikan, misalnya tidak perlu terlalu memikirkan apa yang akan terjadi esok hari.

Fokuslah pada hal-hal yang dapat kamu kendalikan. Fokuslah pada apa yang kamu lakukan hari ini. Buang jauh-jauh rasa kekhawatiran berlebih tersebut. Dengan begitu, hati dan pikiranmu bisa jauh lebih tenang.

2. Bersikap jujur pada diri sendiri

Agar lebih tenang dan bahagia dalam menjalani hidup, kamu harus selalu bersikap jujur pada dirimu sendiri. Jalani hidupmu sesuai dengan nilai dan prinsip yang kamu miliki. Bersikap tegas dan jangan biarkan orang lain memaksamu, untuk melakukan sesuatu yang tidak kamu inginkan.

Ingat, dalam hidup ini kamu tidak perlu menghabiskan waktu untuk membuat orang lain terkesan. Jangan mengejar sesuatu yang bukan keinginanmu. Sebab, hal tersebut justru akan membebani dirimu dan mmebuat hidup tidak tenang dan bahagia.

Baca Juga  Temukan Banyak Inspirasi Kreatif di 8 Rekomendasi Channel Youtube DIY Berikut
3. Belajar untuk memaafkan

Ketika kamu disakiti orang lain, wajar jika merasa terluka ataupun marah. Namun, menyimpan rasa dendam ataupun hinaan yang berlebihan justru membuat hidup tidak tenang. Apalagi, perasaan marah semacam ini juga bisa menyebabkan berbagai gangguan kesehatan fisik dan mental.

Belajarlah memaafkan orang lain dan dirimu sendiri setelah melakukan kesalahan. Karena, dengan memaafkan kamu dapat memperoleh kedamaian batin dan membuatmu lebih mampu menerima diri sendiri.

4. Luangkan waktu untuk diri sendiri

Meluangkan waktu untuk diri sendiri ternyata baik untuk kesehatan mental, termasuk dalam berdamai dengan diri sendiri. Dengan memberikan ruang untuk diri sendiri, bisa meningkatkan perasaan puas yang lebih dalam dari waktu ke waktu.

Kamu bisa merefleksikan apa yang sudah terjadi dan rencana apa yang akan kamu lakukan ke depannya. Selain itu, kamu bisa menenangkan diri dengan melakukan berbagai aktivitas, yang sudah terjadwal sehingga waktumu lebih  efektif dan fleksibel.

5. Belajar membuka diri

Belajar membuka diri dengan menceritakan permasalahan yang sedang dihadapi kepada orang yang kamu percaya, dapat membuat bebanmu terasa lebih ringan. Dengan cara ini, dapat membuatmu memiliki perspektif yang lebih luas untuk menyelesaikan suatu permasalahan. Dukungan dan saran dari orang sekitar akan membuatmu lebih tenang.

6. Melakukan kegiatan yang positif

Melakukan kegiatan positif, seperti menekuni hobi dapat mmebuatmu jauh lebih rileks dan nyaman. Hal ini tentunya berdampak pada kesehatan mental dan kualitas hidup yang kamu jalani. Lakukan sesuatu yang kamu senangi dan membuatmu bahagia saat melakukannya.

Melakukan kegiatan yang positif dapat membuatmu lebih produktif, sehingga rasa kreativitas dalam dirimu lebih berkembang. Dengan memfokuskan diri untuk melakukan hal positif dan mengembangkan kreativitas, membuatmu lebih bisa mengenal potensi diri dan mampu berdamai dengan diri sendiri.

Baca Juga  Jangan Dibuang, Ini 7 Manfaat Air Beras Alami Untuk Kecantikan
7. Percaya pada diri sendiri

Dengan memberikan kepercayaan pada diri sendiri, membuatmu mampu mengurangi perasaan ragu tentang apa yang akan kamu lakukan. Apapun yang terjadi pada dirimu nantinya, teruslah belajar dan tumbuh dari peristiwa atau pengalaman yang sudah kamu alami.

Jangan merasa takut pada setiap langkah yang akan kamu coba. Percayalah bahwa segala sesuatu yang kamu lakukan, akan membawa dampak yang baik bagi pertumbuhan dirimu selanjutnya. Jangan takut untuk melakukan kesalahan. Sebab, dari situlah kamu belajar menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

8. Melawan rasa takut

Jika kamu memiliki ketakutan mengenai hal-hal yang belum terjadi sebelumnya, maka terimalah perasaan tersebut. Coba pahami dan hadapi rasa takut yang kamu alami. Dengan menghadapi rasa takut tersebut, kamu bisa menjadi pribadi yang lebih kuat dan melewati segala kemungkinan yang akan terjadi di masa depan.

9. Tidak perlu terlalu ambisius pada diri sendiri

Memiliki rasa ambisius yang tinggi memang tidak salah. Namun, rasa ambisius yang berlebihan ternyata dapat menyebabkan kamu terlalu memaksakan diri, yang dapat menyakiti pikiran dan tubuh. Sebaiknya, kenali kemampuan dan kapasitas diri sehingga kamu dapat menyesuaikannya dengan keinginan yang akan kamu capai.

10. Jangan bergantung pada orang lain

Hal yang wajar apabila manusia selalu membutuhkan manusia lainnya. Namun, terlalu bergantung pada orang lain justru bukanlah hal yang baik. Bergantung pada orang lain akan membuatmu memiliki ekspektasi berlebihan pada orang tersebut. Jika ekspektasi tersebut tidak terpenuhi, kamu pasti akan kecewa hingga membuatmu kehilangan kedamaian diri.

Cara di atas dapat kamu terapkan untuk berdamai dengan diri sendiri agar hidup lebih tenang dan bahagia. Sebab, berdamai dengan diri sendiri sangat penting dalam hidup ini. Dengan kedamaian diri, kamu bisa lebih mensyukuri apa saja yang kamu punya dan tidak membandingkan diri dengan orang lain.

Comment

Artikel Terkait