by

Yuk Kenalan Sama Aplikasi Alternatif Chat Selain WhatsApp Ini

Kemajuan teknologi telah membawa banyak perubahan, terutama pada bidang komunikasi. Sekarang ini banyak apikasi chatting yang menyuguhkan berbagai fitur, untuk memudahkan pengguna smartphone sendiri, seperti mengirim gambar, dokumen, video dan masih banyak keunggulan lainnya.

Sebut saja WhatsApp yang merupakan salah satu aplikasi chatting terpopuler saat ini. Tapi tahukah Anda bahwa sebenarnya masih banyak aplikasi alternatif chat selain WhatsApp, yang bisa Anda gunakan. Penasaran? Simak penjelasannya di bawah ini. Chek it out!

1. Telegram
Telegram, Whatsapp, Messages and other phone Apps on iPhone screen London, UK - July 30, 2018: The buttons of Telegram, WhatsApp, Facebook, Messages and other apps on the screen of an iPhone. telegram stock pictures, royalty-free photos & images
Logo Aplikasi Telegram (Foto: istockphoto.com)

Aplikasi pertama yaitu Telegram yang mempunyai banyak fitur unik dan menarik, yang tentunya patut untuk dicoba. Salah satunya adalah pengguna bisa mengedit pesan yang telah terkirim. Selain itu, ada juga fitur pesan rahasia yang memungkinkan untuk menjaga privasi dari penggunannya.

Selain fitur pesan rahasia yang bisa langsung hilang ketika Anda sedang bertukar informasi, karena adanya enkripsi sandi, adanya fasilitas penyimpanan cloud, dapat memudahkan penggunan untuk mengirimkan file berkapasitas besar, yaitu sekitar 1 GB lebih. Menarik untuk dicoba bukan?

2. Line

Tampilan laman muka line (Foto: LINE)

Bisa dibilang aplikasi ini merupakan gabungan dari Facebook dan WhatsApp, dari segi fitur dan fasilitasnya, walaupun menggunakan perpaduan fitur dari kedua aplikasi besar tersebut, fasilitas yang disediakan aplikasi Line belum selengkap Facebook maupun WhatsApp.

Tetapi jangan berkecil hati, meskipun tidak mempunyai fitur lengkap seperti yang dimiliki kedua aplikasi tersebut, Line masih mempunyai keunggulan lainnya dan tentunya sangat menarik ,yaitu fitur stiker dengan berbagai bentuk serta desain yang lucu juga menggemaskan. Recommended banget pokoknya!

3. WeChat
Penemu Wechat Dan Sejarah Terlengkap - Link Pengetahuan
Logo aplikasi WeChat (Foto: WeChat)

Selanjutnya yaitu WeChat, memiliki fitur yang bernama Nearby People ,yang memungkinkan penggunanya untuk terhubung secara langsung dengan orang terdekat, hanya dengan men-shake ponsel atau smarphone saja, fitur ini memudahkan untuk mencari teman baru di sekitar lokasi Anda.

Baca Juga  Inilah Penyebab Facebook Hilang dan Cara mengatasinya!

Untuk fitur lainnya masih sama dengan yang dimiliki oleh kebanyakan aplikasi chatting saat ini, yaitu seperti voice note, video call, mengirim stiker, mengirim gambar, serta masih banyak fitur menarik lainnya yang bisa Anda coba.

4. Viber
Viber and WhatsApp Novi Sad, Serbia - December 16, 2015: Various apps (Facebook, Viber, WhatsApp, Google Maps, Email) on an android smartphone touchscreen, with two popular messaging apps Viber and WhatsApp in the center Viber stock pictures, royalty-free photos & images
Tampilan logo aplikasi Viber (Foto: istockphoto.com)

Walaupun tidak terkenal dan populer seperti WhatsApp, aplikasi ini bisa dibilang sebagai aplikasi terbaik untuk dijadikan sebuah alternatif. Selain itu, banyak yang mengatakan bahwa aplikasi Viber merupakan paduan atau kolaborasi dari aplikasi WhatsApp dan Blackberry Mesenger.

Tentu dari segi fitur aplikasi Viber tidak kalah dengan WhatsApp, semua fitur yang dimiliki WhatsApp juga ada pada Viber, contohnya seperti unsend pesan, panggilan video, panggilan suara, hingga enkripsi pesan end-to-end. Jadi aplikasi ini cocok saat Anda bosan dengan WhatsApp.

5. Skype
Perombakan tampilan aplikasi Skype di iOS dan Android
Logo aplikasi skype (Foto: Skype)

Meskipun pada dasarnya merupakan aplikasi khusus panggilan suara dan video, tidak menutup kemungkinan bahwa aplikasi Skype bisa digunakan untuk berkirim pesan dengan teks, seperti pada aplikasi chatting populer lainnya, terlebih lagi ukuran aplikasi ini terbilang ringan.

Fitur chatting pada Skype lebih ditujukan kepada pengguna yang suka berkomunikasi jarak jauh, atau bisa dibilang komunikasi dengan cakupan lebih luas atau berskala global. Jadi aplikasi ini sangat cocok digunakan, untuk berkomunikasi dengan teman maupun kerabat yang ada di luar negeri.

6. KakaoTalk
Kakao Talk App on Apple iPhone 4s Screen "Portland, Oregon, USA - August 17, 2012: A close up of an Apple iPhone 4s screen showing  the starting screen of Kakao Talk app, one of very popular Korean text messaging app. Featuring high resolution Retina Display, Apple iPhone 4s is one of the most wanted and powerful smartphone on the world wide." KakaoTalk stock pictures, royalty-free photos & images
Logo aplikasi KakaoTALK (Foto: istockphoto.com)

Untuk aplikasi terakhir yaitu KakaoTalk yang bisa menjadi alternatif Anda jika sudah bosan dengan WhatsApp. Memiliki kesamaan dengan WhatsApp yang menggunakan nomer ponsel, guna menambah teman pada kontak pengguna, menjadi sangat mudah bagi Anda untuk memakai aplikasi ini.

Selain itu, dari segi fitur ada salah satu yang menjadi keunggulan KakaoTalk yaitu Plus Friends. yang memungkinkan pengguna untuk berteman dengan artis, brand, atau media favorit lainnya. Selebihnya Anda juga dapat menerima notifikasi kabar maupun konten terbaru dari fitur Plus Friend tersebut.

Baca Juga  Bahasan Unik Seputar Pandemi dan Panic Buying ‘Susu Bear Brand’

Demikian mengenai aplikasi alternatif chat selain WhatsApp yang bisa dicoba, ketika sewaktu-waktu mengalami kebosanan atau terdapat masalah pada WhatsApp yang sedang down. Semoga dapat membantu untuk kemudahan Anda dalam berkomunikasi.

Comment

Artikel Terkait