by

Penyebab dan Cara Mengembalikan Chat Telegram yang Terhapus

Telegram menjadi salah satu aplikasi berkirim pesan yang cukup populer, karena bisa membantu Anda mengirim pesan dalam berbagai bentuk. Anda mungkin membutuhkan cara mengembalikan chat Telegram yang terhapus jika sewaktu-waktu ada chat penting yang hilang.

Cara Mengembalikan Chat Telegram yang Terhapus

Untuk mengembalikan chat telegram yang terhapus dapat dilakukan dengan beberapa cara. Sehingga chat yang sudah terhapus permanen bisa pulih kembali.

Cara Mengembalikan Chat Secara Umum

Untuk cara ini, kamu bisa mengembalikan berbagai jenis pesan yang sudah terhapus. Bahkan Anda bisa mengembalikan semua list obrolan yang sudah dihapus dengan mudah. Berikut cara-cara tersebut!

  1. Buka aplikasi Telegram yang telah diunduh di hp Anda.
  2. Pilih baris tiga yang ada di atas kotak pesan.
  3. Pilih setting/pengaturan dari daftar pilihan yang ada untuk meminta file pesan yang dihapus.
  4. Setelah itu, pilih opsi.
  5. Pilih export Telegram data untuk bisa mengambil pesan yang sudah dihapus.
  6. Pilih obrolan mana yang ingin dipulihkan, lalu pilih tombol,
  7. Konfirmasi permintaan pemulihan obrolan dengan menekan tombol,
  8. Selanjutnya, buka bagian export telegram data kembali dan pilih tombol,
  9. Tunggu proses ekspor data, lalu ketuk show my data.
  10. Setelah itu, buka file export-results.html untuk melihat pesan yang sudah dihapus.
  11. File tersebut akan menunjukkan pesan-pesan yang berhasil dipulihkan.
Cara Mengembalikan Chat Berdasarkan Jenis  Pesan

Ada beberapa cara mengembalikan chat telegram yang terhapus berdasrkan jenis pesan. Baik gambar, video, maupun pesan suara. Inilah beberapa cara tersebut!

1. Cara mengembalikan chat gambar yang terhapus

Langkah cara mengembalikan chat Telegram yang terhapus dalam bentuk gambar, bisa dilakukan dengan membuka file manager ponsel. Setelah itu, carilah folder Telegram, lalu pilih Telegram images dan pilih gambar mana yang ingin disimpan kembali.

Baca Juga  Tips Agar Semangat di Pagi Hari: Simak Biar Kamu Jadi Semangat Beraktivitas!

Setelah memilih gambar mana yang akan disimpan, selanjutnya buat salinan gambar ke dalam folder khusus. Untuk memudahkan mencari file, maka beri nama baru pada file tersebut. Dengan cara tersebut, gambar yang terhapus sudah dapat dipulihkan kembali.

2. Cara mengembalikan dokumen yang sudah dihapus

Cara mengembalikan chat Telegram yang terhapus dengan bentuk file dokumen, hampir sama seperti cara mengembalikan pesan dengan bentuk gambar. Langkah pertama yaitu pergi ke file manager dan cari folder telegram, lalu pilih Telegram documents.

Setelah itu, pilih dokumen yang ingin Anda pulihkan kembali. Setelah ketemu, lanjut buat salinan dokumen tersebut dan pindahkan pada folder khusus. Selamat, dokumen yang hilang sudah dapat dipulihkan kembali.

3. Cara mengembalikan chat pesan suara yang sudah dihapus

Chat telegram dalam bentuk pesan suara yang sudah dihapus dapat dipulihkan kembali dengan cara yang hampir sama. Anda hanya perlu membuka file manager dan memilih folder Telegram. Lalu pilih Telegram audio.

Selanjutnya, pilih file audio yang ingin dikembalikan dan salinlah pada folder khusus sehingga mudah untuk di kategorikannya. Setelah selesai, maka chat pesan suara yang ada di Telegram sudah bisa dipulihkan kembali.

4. Cara mengembalikan chat video yang sudah dihapus

Telegram juga bisa digunakan untuk mengirimkan pesan video. Video dari Telegram yang sudah dihapus dapat dipulihkan kembali dengan cara memilih file manager pada ponsel, lalu cari folder Telegram dan pilih Telegram video.

Carilah file video yang ingin Anda pulihkan. Setelah itu, buatlah salinan file pada folder khusus dan beri nama baru agar mudah untuk dicari. Setelah selesai, maka file video yang terhapus sudah pulih kembali.

Baca Juga  Ingin Sekolah Gratis? Berikut Tips Mencari Beasiswa dan Lolos Seleksinya
Alasan Menghapus Chat Telegram

Sebenarnya, terdapat beberapa alasan chat telegram terhapus. Bahkan mungkin, pesannya terhapus secara menyuluh. Baik, bentuknya gambar, dokumen dan lain sebagainya. Inilah beberapa penyebab chat di telegram terhapus.

Pembersihan Data

Dalam situasi tertentu, Anda mungkin menginginkan untuk membersihkan data pada aplikasi Telegram karena alasan privasi atau lainnya. Pembersihan data ini dapat membuat beberapa file dan chat yang ada di Telegram ikut terhapus semuanya.

Alasan lain biasanya karena penuhnya kapasitas penyimpanan dalam telepon. Apalagi, jika kapasitas penyimpanan telepon Anda tidak terlalu besar. Maka, untuk mengosongkan ruang penyimpanan perlu meghapus beberapa chace aplikasi, termasuk Telegram.

Chat Telegram yang terhapus otomatis

Saat ini, Telegram telah memiliki fitur baru yang telah diluncurkan pada tahun 2013 silam, yaitu fitus hapus chat otomatis atau auto delete message. Artinya, chat atau pesan yang ada di Telegram Anda bisa terhapus otomatis tanpa perlu sengaja menghapusnya.

Fitur hapus pesan otomatis dapat membuat Anda menentukan kapan sebuah obrolan akan terhapus. Untuk bisa menggunakannya, Anda perlu mengaktifkannya terlebih dahulu. Fitur ini juga dapat digunakan dalam chat pribadi maupun chat grup.

Setelah fitur ini diaktifkan, maka obrolan tertentu akan dihapus secara otomatis sesuai waktu yang telah ditentukan. Untuk chat grup sendiri, pesan yang sudah dihapus akan bertahan maksimal 7 hari setelah pesan dikirimkan.

Sengaja DiHapus

Jika hal ini Anda lakukan mungkin tidak akan terlalu panik, chat terhapus. Pasalnya chat dihapus secara sengaja. Namun, ada beberapa kasus yang mengalami tidak sengaja menghapus chat di telegram. Misalnya, Anda ingin menghapus salah satu chat saja, tetapi tidak sengaja mengklik chat lain untuk dihapus. Maka, chat yang tidak akan dihapus pun ikut terhapus.

Baca Juga  Akta Kelahiran Hilang! Jangan Panik Dulu Begini Cara Mudah Mengurusnya

Maka, untuk memulihkan Anda perlu mengetahui Cara mengembalikan chat Telegram yang terhapus. Sehingga, hal tersebut  tidak akan menyusahkan Anda ketika akan memulihkannya. Apalagi, jika Anda adalah orang yang pelupa dan tidak sengaja menghapus chat penting yang sudah masuk.

Comment

Artikel Terkait