by

Menjalankan Perintah dengan Mudah Menggunakan Ctrl Pada Komputer

Banyaknya jenis tools dan option yang tersedia pada komputer, terkhususnya pada Office Word, pasti menyulitkan kita untuk mengelola atau mengerjakan perintah yang ingin kita jalankan.

Tapi tunggu dulu, kamu tidak perlu khawatir lagi nih sekarang. Tombol Ctrl yang ada di pojok kiri bawah keyboard, serta 26 huruf yang tersedia, ternyata memiliki fungsi yang mempermudah kamu dalam menjalankan perintah loh. Fungsinya juga sangat banyak, mulai dari menyalin dan menempelkan salinan, memindahkan file atau membuka file, dan masih banyak lagi tentunya.

Cus, daripada kelamaan membahas kegunaannya, sebaiknya kita langsung saja masuk pada fungsi ctrl-nya ya! Yuk..

1. Ctrl + A

Membahas tentang memilih, tentu kamu juga pernah memilih. Begitupun dengan memilih word atau data yang ada di komputer, seperti memilih teks yang ada pada sebuah file. Belum lagi jika teks yang ingin kamu pilih sangat panjang dan jumlahnya sangat banyak, pasti kamu kesulitan dalam mengarahkan cursor serta menariknya sampai mendapati titik akhir.

Untuk itu, menekan tombol Ctrl dan tombol huruf A secara bersamaan, akan membantu kamu dalam memilih teks secara keseluruhan, karena dengan kedua tombol ini, seluruh dokumen atau data yang ada pada layar akan diblok dengan cepat tanpa harus capek menarik cursor sampai ke bawah.

2. Ctrl + B

Mengetik di word memanglah tak pernah lepas dari judul. Ditambah lagi bentuk judul yang harus dibuat tebal, dan yang berbeda dari teks lainnya, seolah-olah telah memaksa si pengguna untuk mengolahnya. Oleh karena itu, untuk lebih cepat dan juga simple, kamu hanya perlu menekan tombol Ctrl dan huruf B secara bersamaan, setelah itu, teks yang ingin kamu tebalkan otomatis akan menebal tanpa menunggu lebih lama.

3. Ctrl + C

Menyalin atau melakukan copy merupakan hal yang juga sering dilakukan oleh pengguna komputer. Mulai dari menyalin teks, gambar atau sejenis file lainnya. Akan tetapi, sekarang kamu tidak perlu lagi repot mengklik tombol kanan mouse dan mengarahkan cursor hingga memilih option. Cukup tekan tombol Ctrl dan huruf C secara serentak atau bersamaan. Otomatis, data yang kamu pilih sudah pasti tersalin tanpa adanya pemberitahuan.

4. Ctrl + D

Ragamnya jenis perintah dalam komputer semakin membuat pengguna kerap merasa pusing dan lelah. Terutama untuk melakukan double pada suatu file. Nggak kebayang gimana tangan harus sibuk bekerja dengan berhati-hati agar tidak salah perintah. Syukurnya, komputer memiliki alternatif lain untuk memudahkan perintah agar lebih cepat dikerjakan. Ya, dengan menekan tombol Ctrl dan tombol huruf D secara bersama-sama, perintah double pada gambar atau sejenis data lainnya akan segera dikerjakan oleh komputer dengan begitu saja. Sungguh praktis ya..

5. Ctrl + E

Selain melakukan double file, user atau pengguna juga sering melakukan edit dokumen di word, seperti membuat dokumen berada ditengah-tengah layar. Memposisikan dokumen pun tergolong sedikit melelahkan, terutama jika dokumen yang harus diatur ada banyak jumlahnya.

Tapi tenang, dengan menekan tombol Ctrl plus E secara bersamaan, perintah untuk membuat dokumen berada di tengah-tengah layar akan segera berubah sesuai perintah. Jadi nggak harus menyusahkan diri lagi untuk menyelesaikan tugas pribadi.

6. Ctrl + F

Selanjutnya ada Ctrl plus F. Kedua tombol ini memiliki fungsi untuk mencari kata atau kalimat dari keseluruhan teks yang kamu miliki, jika ditekan dalam hentakan yang sama. Sungguh membantu sekali ya.

7. Ctrl + G

Membahas perintah pada komputer tentu tidak lepas dari tabulasi open office. Istilah tabulasi dipakai untuk mengatur posisi atau perataan teks yang membentuk susunan kalimat maupun paragraf, dimana nantinya akan menampilkan susunan yang rapi juga terstruktur dan sejajar.

Dengan demikian, menggunakan tombol Ctrl dan tombol huruf G, yakni yang ditekan secara bersamaan, akan memudahkan kamu melakukan tabulasi pada open Office

8. Ctrl + H

Fungsi ctrl lainnya ialah mengaktifkan kotak history pada browser. Banyak dari pengguna komputer yang tertarik melacak riwayat pencarian di Chrome, Mozilla atau lain sebagainya. Terlebih perusahaan besar, yang ingin tahu apa bawahan mereka cari di kotak pencarian. Oleh karena itu, menekan tombol Ctrl dan tombol huruf H secara bersamaan, akan langsung menampilkan riwayat pencarian yang terekam.

9. Ctrl + I

Selanjutnya ada tombol Ctrl dan tombol huruf I, dimana jika ditekan secara bersamaan, kedua tombol ini akan membantu kamu untuk memiringkan tulisan pada word atau membuatnya dalam bentuk Italic Text. Memang, menggunakan tools word juga tidak terlalu sulit, namun dengan memakai cara ini, kamu akan lebih ringan untuk menjalankan perintah yang kamu berikan pada komputer.

10. Ctrl + J

Browser pada komputer merupakan aplikasi yang sering dikunjungi oleh user atau pengguna. Seperti halnya melakukan download dan melihat hasil download. Ketersediaan banyaknya Window di browser kerap membuat pengguna bingung untuk melihat kotak download. Dengan demikian, menggunakan tombol Ctrl plus J, file yang telah di download atau masih dalam proses download akan segera ditampilkan di layar laptop milik kamu.

11. Ctrl + K

Masih di pembahasan browser, mode mencari cepat di aplikasi browser seperti halnya Mozilla, kini dapat dilakukan dengan sangat mudah sekali. Yakni hanya dengan menekan tombol Ctrl dan huruf K secara bersamaan. Dalam hitungan detik, kotak pencarian yang ingin kamu telusuri akan terbuka dengan segera.

12. Ctrl + L

Penelusuran alamat web memanglah hal yang juga sering dilakukan oleh pengguna browser. Masalahnya, loading yang berkepanjangan atau cursor yang sulit digerakkan, membuang waktu yang dimiliki dengan percuma.

Tapi jangan khawatir, tombol Ctrl dan tombol huruf L yang ditekan secara bersamaan, dapat menolong user dalam memasukkan alamat web pada browser.

13. Ctrl + M

Email client merupakan bentuk dari pengaplikasian pada dekstop yang berguna mengirim/menerima email bisnis. Dan dengan menggunakan tombol Ctrl plus M, kamu akan merasa lebih mudah dalam mengelola email milik kamu.

14. Ctrl + N

Membuat file baru pada word memang tergolong sulit bagi seorang pemula. Akan tetapi, dengan bantuan tombo Ctrl plus N, membuat file baru tidak akan sesulit biasanya dan tentu akan lebih cepat dan lebih mudah dilakukan.

15. Ctrl + O

Jika menekan tombol Ctrl dan tombol huruf O yang dilakukan secara bersamaan, komputer akan merespon cepat dalam membuka dokumen. Hal ini sangat cocok bagi user yang ingin membuka banyak file dalam sekaligus.  

16. Ctrl + P

Melakukan print merupakan hal yang  sering dilakukan oleh user dalam mencetak hasil file. Agar lebih mudah, gunakanlah tombol Ctrl dan tombol huruf P yang ditekan secara bersamaan. Sehingga kamu hanya perlu mengisikan jumlah lembar print yang ingin kamu cetak.

17. Ctrl + Q

Keluar dari open Office yang seharusnya cepat dilakukan bisa menjadi lambat akibat loading yang lama. Namun, dengan bantuan tombol Ctrl plus Q, kamu tidak lagi perlu melakukan klik pada tombol close.

18. Ctrl + R

Merata kanankan dokumen merupakan hal yang paling penting dilakukan saat membuat file word. Sekarang, bentuk perintah ini dapat dilakukan dengan mudah menggunakan tombol Ctrl dan tombol huruf R yang ditekan secara bersamaan.

19. Ctrl + S

Menyimpan suatu hasil dokumen atau yang di kenal dengan istilah “save”, terkadang sangat sulit dilakukan bagi seorang pemula di word. Oleh demikian, dengan menekan tombol Ctrl + S secara bersamaan, kamu dapat lebih mudah untuk menyimpan file yang kamu ingin simpan.

20. Ctrl + T

Bagi kamu yang ingin cepat membuka tab baru yang ada pada kolom pencarian di browser, maka menekan tombol Ctrl plus T secara serentak menjadi solusi yang dapat kamu gunakan. Selain tidak sulit, kamu tidak perlu membuang waktu menunggu tab terbuka. 

21. Ctrl + U

Hal umum yang sering dikenal dengan istilah underlined, atau menggaris bawahi teks, dapat dilakukan dengan mudah menggunakan tombol Ctrl + U, selai cepat, juga dapat menggantikan peranan cursor dan juga mouse yang sedang bermasalah.

22. Ctrl + V

Selanjutnya ada Ctrl + V, kedua tombol ini berguna untuk meletakkan kata yang sudah dipilih atau yang sudah di salin. Tidak butuh waktu yang lama, kedua tombol ini seakan telah diprogram agar bekerja dengan cepat dan tak berlambat- lambat.

23. Ctrl + W

Tombol Ctrl dan tombol huruf W, akan memudahkan kamu untuk menutup tab yang ada pada browser. Caranya masih sama dengan yang lainnya, yakni hanya perlu menekannya secara bersamaan dan komputer akan bekerja menjalankan perintah.

24. Ctrl + X

Untuk tombol Ctrl dan tombol huruf X yang diklik secara bersamaan, memiliki fungsi untuk menggantikan perintah dalam memindahkan kata yang dipilih (cut pada word). Jadi, jika kamu ingin memindahkan kata yang kamu pilih, kamu bisa menekan kedua tombol ini dan tunggu sampai perintahnya selesai dikerjakan.

25. Ctrl + Y

Ctrl plus Y merupakan perintah pengganti untuk mengembalikan kata yang telah di Undo. Dengan menggunakan tombol ini perintah yang kamu berikan menjadi lebih cepat dikerjakan dan kegelisahan akan kehilangan turut dijauhkan nih.

26. Ctrl + Z

Terakhir ada tombol Ctrl dan tombol huruf Z, dimana jika ditekan secara bersamaan, akan mengembalikan file atau data yang terhapus kembali ke bentuk semula.

Itulah fungsi tombol Ctrl yang tersedia jika dipasangkan pada masing-masing huruf yang ada. Nah, dengan melakukan cara ini, kamu pun tidak lagi merasa sulit untuk menjalankan perintah yang ingin kamu kerjakan.

Baca Juga  Girls, Yuk Intip Rekomendasi Bedak untuk Ke Sekolah Agar Wajah Nggak Kusam!

Comment

Artikel Terkait