by

Manfaat dan Kerugian Menggandakan Aplikasi WhatsApp

WhatsApp atau WA merupakan sebuah aplikasi pesan. Aplikasi ini bisa membantu kamu untuk mengirim pesan chating, nelpon, sampai video call.

Tidak hanya itu, kamu pun bisa mengirim dokumen, video, maupun gambar. Dengan fasilitas tersebut, bermunculan sebuah aplikasi untuk menggandakan. Namun, terdapat beberapa kerugian menggandakan aplikasi, termasuk WA.

Meskipun demikian, tetap saja orang-orang mengunduh aplikasi tersebut. Hal ini dikarenakan dirasa dapat memudahkan urusan user. Ditambah aplikasi WA sangat diminati oleh banyak orang. Para pengguna BBM dulunya, kini berpindah ke WA, setelah BBM telah lama redup.

Menggandakan Aplikasi WA

Apa itu menggandakan aplikasi WA atau WhatsApp? Ini merupakan sebuah upaya untuk menjadikan aplikasi WA tidak hanya satu, tetapi dua. Meskipun begitu, tetap saja aplikasi kedua tersebut memiliki fungsi yang sama. Dari mulai fitur hingga ukuran dalam penyimpanannua pun sama.

MIsal, kamu ingin menggandakan aplikasi WA personal (bukan WhatsApp bisnis), maka hasil aplikasinya pun adalah WA personal. Dengan seara tidak langung, bahwa penggandaan akan menghasilkan aplikasi yang diinginkan dengan keunggulan maupun kelemahan yang sama percis.

Manfaat dan Kerugian

Seperti pada umumnya, suatu hal pasti memiliki dua sisi. Begitu pula pada upaya hal tersbeut. Terdapat manfaat maupun kerugian menggadakan aplikasi WA bagi para penggunanya. Dari hal ringan sampai hal yang besar bagi kamu sebagai orang yang menggadakan WA.

Manfaat

Meskipun, di awal lebih cenderung dibahas mengenai kerugian. Namun, menggandakan WA memiliki beberapa manfaat yang dapat kamu rasakan. Beberapa manfaat tersebut,  memudahkanmu untuk mengoperasikan sebuah aplikasi dengan akun yang berbeda. Inilah beberapa manfaat yang ditawarkan dari menggandakan sebuah aplikasi WA!

1. Tidak perlu menggunakan dua handphone

Aplikasi WhatsApp mengharuskan para penggunanya untuk memasukan satu nomor telepon. Hal ini dilakukan, supaya para user dapat  mengakes semua fasilitas yang ditawarkan. Dengan kata lain, untuk log in ke WA hanya memerlukan satu nonor telepon yang aktif. Maka, apabila ingin memiliki aplikasi WA dua, kamu pun harus memiliki handphone dua.

Baca Juga  Ketahui Sejarah Serta Perbedaan Instagram Lite dan Instagram Regular!

Hal ini dikarenakan WA hanya bisa bisa login dengan menggunakan satu nomor dan satu aplikasi saja, pada sebuah perangkat. Kecuali, kamu ingin mengunduh aplikasi WA personal dan Bisnis. Itu bisa saja kamu unduh dalam satu aplikasi.

Sehingga, ketika kamu ingin memiliki dua aplikasi dengan fitur yang sama, diperlukan aplikasi untuk menggandakan WA. Dengan begitu, WA dalam satu perangkat bisa dua lengkap dengan dua nomor.

2. Lebih praktis

Ketika kamu memiliki dua Wa dalam handphone yang kamu miliki, tidak perlu lagi membawa dua handphoe kemana-mana, bukan? Ini lebih praktis dan simple. Dengan satu perangkat saja, itu sudah cukup.

Selain itu, kamu bisa memisahkan masing-masing urusan. Misalnya, WA satu digunakan untuk urusan pribadi. Sedangkan Wa satu lagi digunakan untuk urusan kerja. Sehingga, ketika posting story maupun  lainnya, itu tidak akan tercampur.

Kerugian

Setelah membahas mengenai manfaat dari menggandakan aplikasi WA, ada beberapa yang harus diwaspadai. Hal ini dikarenakan terdapat beberapa kerugian yang akan kamu alami, dari yang ringan hingga berat. Inilah beberapa kerugian dari menggandakan sebuah aplikasi WhatsApp!

1. Tidak terhubung pada akun goole play

Ketika aplikasi Wa digandakan dalam satu perangkat, akan menyebakan handphone tidak bisa log in maupun terhubung ke akun goole play. Tentu saja, ini menimbulkan kerugian. Kamu tidak bisa mengunduh dengan bebas di aplikasi tersebut.

Hal tersebut dikarenakan untuk mengunduh, diperlukan akun untuk log in ke google play tersebut. Sehingga apabila belum login, kamu tidak bisa menikmati fasilitas yang ditawarkan oleh aplikasi tersebut.

2. Boros kuota dan berat

Menggandakan aplikasi dapat membuat boros kuota. Ini bukan tanpa sebab, pasalnya aplikasi yang digunakan double. Sehingga, pesan maupun hal lainnya akan secara otomatis masuk pada kedua aplikasi WhatsApp tersebut.

Baca Juga  TikTokers, Yuk Ikuti Cara Mudah Ini Agar Videomu Nongol Di FYP

Proses masuknya pesan pada WA, itu dikarenakan adanya data internet. Inilah yang membuat data internet semakin boros. Selain itu, handphone yang memiliki aplikasi ganda pun akan memiliki performance lebih lambat. Ini tentu jauh, apabila dibandingkan dengan perangkat sebelumnya. Dimana perangkat tidak memiliki aplikasi double.

3. Penyimpanan penuh

Keberadaan double aplikaksi pada sebuah perangkat, dapat menyebabkan penyimpanannya penuh. Sehingga, untuk menyimpan sesuatu haruslah mengosongkan terlebih dahulu penyimpanan. Hal ini memang wajar, mengingat aplikasi WA terkadang mengunduh semua data pada aplikasi masuk ke dalam penyimpanan.

Hal tersebutlah yang menjadikan penyimpanan, cepat penuh. Selain itu, terdapat beberapa cache bahkan bisa saja data yang bernama cache tersebut dikatakan banyak dalam penyimpanan perangkat. Biasanya, data tersebut tidak teridentifikasi oleh semua handphone.

4. Diblokirnya akun

Menggandakan aplikasi dapat menyebabkan akun WhatsApp di blokir. Jika sudah seperti ini, kamu pun harus berganti akun lagi, bukan? Ini dikarenakan akun yang kamu gunakan sebelumnya tidak bisa lagi digunakan karena sudah di blokir.

Pemblokiran ini bisa terjadi untuk sementara, tetapi bisa juga diblokir secara permanen. Hal ini berlaku untuk semua user WhatApp modifikasi. Maka, perlu pertimbangan yang matang untuk melakukan hal tersebut.

5. Risiko data pribadi dicuri

Kerugian yang akan dialami berikunya adalah risiko data pribadi dicuri oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Hal tersebut, bisa jadi membuat data pribadi kamu disalah gunakan oleh pelaku peretas.

Ini bisa jadi merambat kesemuanya, bahkan bisa jadi mencemarkan nama baik kamu. Karena pelaku melakukan penipuan secara finansial atas nama kamu. Tentu hal tersebut dapat memberikan kerugian yang besar bagi dirimu.

6. Perangkat mudah rusak

Kerugian yang terakhir yang akan dialami adalah perangkat atau handphone yang kamu gunakan dapat rusak. Hal ini dikarenakan WA yang modifikasi dapat mudah terserang virus. Dimana, malware maupun spyware dapat disuntikan dengan mudah menggunakan apalikasi modifikasi tersebut. Sehingga, hal ini cukup bahaya.

Baca Juga  Hindari Salah Beli laptop, Begini Tips Memilih Laptop Baru

Beberapa manfaat dan kerugian menggandakan aplikasi WA di atas dapat menjadi pertimbangan untukmu. Apakah akan meneruskan menggandakan atau tidak. Namun, agar terhindar dari kerugian yang akan kamu alami, sebaiknya gunakanlah satu WA saja. Karena  aplikasi tersebut mendapatkan pelrindungan dari pihak perusahaan WA sendiri.

Comment

Artikel Terkait