by

Ketahui Sejarah Serta Perbedaan Instagram Lite dan Instagram Regular!

Instagram merupakan media sosial yang banyak digunakan, baik untuk pribadi maupun untuk bisnis. Nah, aplikasi instagram pun terbagi dua yaitu insatgram lite dan instagram regular dengan begitu kamu bisa memilih mana yang lebih cocok untukmu.

Tapi sebelumnya apa sih yang dimaksud instagram? Nah instagram ini sendiri adalah sebuah aplikasi dimana aplikasi ini dapat kamu gunakan untuk membagikan atau mengambil video, foto, menerapkan filter dan membagikan postingan orang lain. Lalu apa sih perbedaannya antara instagram lite dan regular?

1. Sejarah Instagram

Instagram berasal dari dua kata yaitu instan dan gram. Dimana instan itu memiliki arti simpel layaknya kamera polaroid, dimana kamera ini berfungsi sebagai alat untuk foto dan disebut dengan foto instan.

Sementara gram berasal dari kata telegram dimana cara kerja telegram ini dapat mengirimkan informasi dengan cepat kepada orang lain. Tentu untuk menggunakan instagram menggunakan internet, sehingga koneksi internet sangat dibutuhkan.

Instagram ini dikembangkan oleh perusahaan Burbn, Inc. dan berdiri pada tahun 2010. Perusahaan ini merupakan perusahaan yang bergerak dibidang teknologi, yang berfokus kepada perkembangan aplikasi yang diperuntukan untuk telepon genggam.

Namun, pada awal berdiri perusahaan ini memiliki banyak focus di dalam HTML5, tetapi kedua CEO yakni, Mike Krieger dan Kevin Systrom memutuskan untuk fokus hanya kepada satu hal. Pada awal setelah keputusan dibuat yakni setelah satu minggu, akhirnya mereka mengeksekusi ide yang telah mereka sepakati.

Namun versi pertama dari Burbn ini belum sempurna dan versi Burn yang sudah final dapat digunakan di IPhone, tetapi fiturnya masih banyak dan sulit untuk mengurangi fitur-fitur yang ada di dalamnya.

Sehingga mereka memulai kembali dan hanya berfokus kepada bagian komentar, video, foto dan kemampuan untuk menyukai foto. Nah itulah aplikasi yang kita kenal sekarang dengan nama instagram.

Baca Juga  Cara Mengatasi BSOD Windows 10 dengan Mudah dan Praktis

Namun, seiring berjalannya waktu pada tanggal 09 April, tepatnya tahun 2012 instagram diumumkan akan diambil alih facebook, dengan nilai hampir $1 Miliar dalam bentuk saham serta uang tunai.

Lalu pada tahun 2016, tepatnya tanggal 11 Mei instagram kembali menginformasikan hal baru, yakni memperkenalkan tampilan baru dari instagram serta ikon dan desain terbaru dari aplikasi tersebut.

Kabarnya, ikon baru ini terinspirasi oleh ikon lama dimana ikon baru berbentuk kamera sederhana dengan bentuk gradien sehingga lebih berwarna.

Seperti yang kita tahu bahwa instagram merupakan aplikasi yang berkembang dari sebuah aplikasi IPhone dimana aplikasi ini berfungsi untuk berbagi foto. Dimana sekarang menjadi perusahaan media social di internet yang memiliki perkembangan bagus.

Adapun secara statistiknya 10 bulan setelah dikeluarkan aplikasi ini atau instagram mampu menarik 7 juta pengguna baru, dan telah mengunggah foto sebanyak 150 juta di aplikasi ini. Sementara pada saat itu instagram hanya memiliki staf sebanyak 5 orang.

Instagram pun mampu membuat para penggunanya lebih erat hubungannya, dengan cara membuat para penggunanya terus berkomunikasi baik melalui menyukai foto maupun berkomentar.

Selain itu, apabila para pengguna tinggal atau berada di suatu lokasi, ini membuat mereka semakin akrab dan membentuk sebuah komunitas yang dikenal dengan sebutan atau nama iGers.

Dengan keberadaan komunitas-komunitas insatgram, ini membuat semangat para pengguna untuk menanggapi pengguna yang lain ketika mengunggah sebuah foto. Selain itu, para pengguna pun didorong untuk membuat foto mereka lebih bagus atau artistic lagi, dibanding foto yang sudah mereka unggah sebelumnya.

Komunitas ini semakin lama semakin berkemnag dan sampai saat ini ada lebih dari 141 komunitas (instagramers) yang tersebar di seluruh dunia. Bahkan bukan hanya dibedakan atau dikategorikan  berdasarkan Negara melainkan berdasarkan kota-kota besar pula.

Baca Juga  Tips Membuat Poster yang Menarik: Wajib Disimak Buat Kamu yang Ingin Belajar Membuat Poster!
2. Perbedaan Instagram Lite dan Insatgram Reguler
1. Instagram Lite

Instagram ini memiliki ukuran sebesar sekitar 2MB, tentu ini membuat ruang kamu lebih hemat, bukan? Sehingga instagram lite ini sangat cocok untuk kamu yang membutuhkan instagram, tetapi dengan ruang penyimpanan yang sedikit.

Untuk tampilannya sendiri, instagram lite seperti halnya instagram lawas, sehingga kamu bisa bernostalgia dengan tampilan lawas dari instagram sendiri. Meskipun berukuran minim, kamu tetap bisa mengirimkan pesan melalui instagram lite.

Akan tetapi, kamu tidak bisa melakukan panggilan, baik panggilan biasa maupun panggilan video. Untuk posting maupun video kamu bisa unggah seperti halnya di instagram regular, tetapi di instagram lite kamu tidak bisa mengunggah foto dengan jumlah banyak dengan satu postingan.

Selain itu, kamu pun masih bisa mengunggah story, tetapi hanya berbentuk video dan foto. Sementara untuk fitur GIF maupun filter itu dipangkas dari instagram lite. Namun tidak menjadikan kamu halangan untuk tetap mengabadikan momen spesialmu, bukan?

Nah, untuk hiburan maupun informasi kamu bisa melihat tampilan video atau foto tanpa kehilangan esensinya, tetapi untuk IGTV nya kamu hanya bisa nonton saja karena instagram lite belum mendukung pembuatan IGTV. Instagram lite pun tidak dilengkapi dengan fitur pergantian tema serta kode QR.

2. Instagram Reguler

Instagram ini memiliki fitur yang sangat lengkap bahkan kamu bisa melakukan video call maupun panggilan biasa melalui instagram regular. Selain itu, instagram ini bisa kamu gunakan untuk kebutuhan bisnis karena memiliki fitur yang memadai.

Tampilannya pun lebih modern dibanding instagram regular dan terdapat fitur untuk mengganti tema, baik tema terang maupun tema gelap. Ini bisa kamu bisa sesuaikan dengan kebutuhan kamu.

Baca Juga  Kelebihan dan Kekurangan Memasang Wifi Mikrotik

Kamu pun bisa membuat siaran langsung maupun membuat IGTV di instagram ini. Bahkan untuk story pun kamu bisa lebih bebas bereksplorasi dan berekspresi karena fiturnya lengkap. Meskipun begitu, instagram regular memiliki bobot 30 MB sehingga cukup memakan ruang penyimpanan.

Sejarah dan perbedaan instagram lite dan instagram regular telah kita ketahui kekurangan maupun kelebihannya dengan lebih detail. Sehingga kamu bisa lebih bijak untuk memilih aplikasi instagram mana yang akan kamu gunakan untuk kebutuhan kamu.

Comment

Artikel Terkait