by

Kelebihan dan Cara Mengunci Jaringan 4G Pada Handphone Oppo

Terdapat beberapa kelebihan dan cara mengunci jaringan 4G pada sebuah handphone. Namun, pada artikel ini akan berfokus kepada handphone Oppo. Sebagian orang pasti merasakan jaringan 4G yang digunakan tidak stabil. Dimana hal ini mengakibatkan koneksi internet menjadi lelet. Hal tersebut bisa terjadi di semua ponsel pintar, tidak terkecuali bagi Anda pengguna Oppo.

Kelebihan dan Kelemahan Mengunci Jaringan 4G

Ketika menggunakan jaringan ini, tentunya akan berbeda dengan jaringan 3G, bukan? Namun, beberapa faktor bisa terjadi sehingga jaringan mengalami masalah. Untuk mengatasinya adalah dengan cara mengunci jaringan terlebih dahulu. Meskipun begitu, terdapat kelemahan ketika melakukan hal tersebut.

Kelebihan

Kelebihan melakukan penguncian jaringan 4G LTE yang akan dirasakan, adalah sinyal menjadi lebih stabil dalam menggunakan internet. Inilah beberapa kemudahan yang akan didapat setelah jaringan dikunci!

1. Download lebih cepat

Dengan Anda menggunakan jaringan 4G, maka Anda akan mendapatkan manfaatnya yang luar biasa. Penggunaan kecepatannya pun 3 sampai 5 MB per detik, Anda sudah bisa mengunduh 1 GB hanya dalam 5 menit saja, bahkan bisa saja kurang.

Jaringan 4G LTE ini sekarang sudah menjadi jaringan yang sangat populer digunakan pada perangkat ponsel pintar milik Anda. Karena kelebihannya ini, banyak produk ponsel pintar di Indonesia yang menyediakan internet dengan jaringan 4G.

2. Memudahkan komunikasi

Jaringan ini pun memudahkan orang untuk berkomunikasi melalui jaringan internet. Bahkan bisa melakukan video call. Meskipun, di jaringan 3G bisa dilakukan. Namun, kualitas yang ditawarkan berbeda. Lebih bagus kualitas yang dihasilkan oleh jaringan 4G.

3. Tingkatkan produktivitas

Dengan jaringan ini, bukan hanya memperoleh informasi maupun mengunduh saja. Namun, Anda pun dapat mengupload sebuah konten di youtube, blog, maupun hal lainnya. Tanpa khawatir soal lambatnya proses tersebut.

Baca Juga  Cara Memulai Bisnis Sederhana dengan Instagram Dalam Waktu Singkat 
Kekurangan

Beberapa kekurangan atau kelemahan dari mengunci jaringan 4G LTE ini, adalah Anda tidak dapat mengakses kode dial up pada menu telepon. Tentu hal tersebut, akan menyebabkan terhambatnya aktivitas mengakses internet. Namun, hal ini dapat diatasi dengan mengembalikan pengaturan pada mode default.

Cara Mengunci Jaringan 4G Oppo Tanpa Aplikasi

Cara mengunci jaringan 4G Oppo sangat mudah. Akan tetapi, harus menggunakan bantuan aplikasi pihak lainnya. Sebelumnya bagi Anda pengguna ponsel pintar Oppo bisa mengunci jaringan 4G menggunakan kode rahasia. Akan tetapi, kode tersebut tidak semuanya bisa digunakan, terutama pada HP Oppo keluaran terbaru.

Kode Rahasia Lock 4G Oppo

Mengunci jaringan ini dilakukan oleh pihak Oppo untuk melindungi pengguna. Untungnya masih ada metode lain yang bisa digunakan untuk cara mengunci jaringan 4G Oppo, sehingga Anda tidak perlu bingung untuk mencobanya.

Ada banyak sekali kode rahasia hp Oppo yang dapat digunakan untuk membuka fitur tersembunyi. Salah satunya yaitu kode rahasia untuk mengunci jaringan 4G. Tidak semua ponsel pintar itu bisa menggunakan kode rahasia. Berikut lihatlah langkah dibawah.

  • Buka menu panggilan telepon atau Dial Up di ponsel pintar Anda.
  • Kemudian ketiklah kode *#*#4636*#*#.
  • Selanjutnya Anda akan dimasukan ke Phone Info.
  • Lalu Anda tinggal scroll kebagian bawah, kemudian mencari menu pada bagian “Setel Jenis Jaringan Pilihan”.
  • Setelah itu aturlah menjadi LTE Only.
  • Jika sudah mengatur jaringan Anda menjadi LTE Only maka secara otomatis jaringan ponsel pintar dapat mengakses jaringan 4G.
Engineering mode

Alternatif lain yang dapat Anda gunakan adalah menggunakan menu Engineering Mode didalam ponsel pintar Anda. Cara ini memiliki kelebihan yang mana Anda bisa mengunci jaringan 4G di ponsel pintar Anda.

Baca Juga  Referensi Bahan, Warna Hingga Model Baju Gamis Model Sekarang

Hal yang akan disampaikan melalui cara mengunci jaringan 4G oppo dengan pengaturan engineering mode, yang memiliki teknologi chipset mediatek termutakhir. Berikut ini cara mengunci 4G HP Oppo melalui Engineer Mode.

  • Buka Telepon kemudian ketik *#36446337#.
  • Setelah masuk Engineer Mode silahkan pilih menu Network set.
  • Berikutnya pilih RAT Mode.
  • Pilihlah, SIM mana yang akan dipilih.
  • Setelah memilih jaringan LTE yang ada di ponsel pintar.
  • Sekarang Anda sudah berhasil lock jaringan 4G ponsel pintar Oppo.
Melalui pengaturan jaringan di ponsel pintar

Di dalam menu pengaturan ponsel pintar, terdapat opsi untuk mengubah jenis jaringan yang diinginkan, Anda bisa melakukan setting agar jaringan 4G selalu menjadi prioritas `yang inginkan.

Perhatikan beberapa Langkah yang dapat diikuti untuk mengunci jaringan 4G di ponsel pintar Anda. Agar kecepatan dalam menelusuri dunia internet dapat dirasakan secara nyaman. Inilah cara mengubah 3G ke jaringan 4G!

  • Buka pengaturan pada ponsel pintar Oppo.
  • Selanjutnya tap opsi SIM ganda dan Seluler.
  • Berikutnya pilihlah SIM yang akan diubah jaringannya.
  • Kemudian pilih jaringan yang sesuai.
  • Lalu pilih jaringan 4G/3G/2G Otomatis.
  • Secara otomatis jaringan yang dipilih terhubung.
Cara Mengunci Jaringan 4G Oppo dengan Aplikasi

Jika tidak berhasil, gunakanlah aplikasi pihak lainya. Namun, dapat dipilih beberapa aplikasi yang memudahkan dalam mengunci jaringan 4G Oppo. Simak aplikasi pengunci jaringan 4G dibawah ini yang berguna bagi Anda.

  • Download aplikasi 4G LTE Switcher di Play Store.
  • setelah mendownload, selanju buka aplikasi 4G LTE Switcher.
  • Kemudian secara otomatis akan masuk ke “Info Telepon”.
  • Berikutnya Anda tinggal mengubah bagian penyetelan jenis jaringan yang disukai.
  • Lalu pilihlah jaringan LTE Only.
  • Jaringan 4G sudah dapat digunakan dalam ponsel pintar Anda.
Baca Juga  Ketahui Cara untuk Mengatasi Ngantuk di Pagi Hari Agar Menjadi Lebih Produktif

Hal yang harus perhatikan dalam mengunci sinyal jaringan 4G LTE di HP Oppo adalah pastikan sudah support ke jaringan mutakhir. Selain itu, juga harus pastikan jika kartu SIM atau SIM Card yang digunakan sudah mendukung jaringan LTE.

Comment

Artikel Terkait