by

Jangan Asal Klik Link! Ini Ciri Web Phising yang Harus Diketahui Agar Tidak Mudah Tertipu

Tujuan pembuatan sebuah web sebenarnya bisa beragam, mulai dari sharing ilmu, informasi, atau bahkan menawarkan sebuah produk dan jasa. Tapi ada satu jenis web yang dibuat hanya untuk melakukan tindak kejahatan seperti mencuri identitas, hingga digunakan untuk penipuan.

Web phising namanya, jenis web ini seringkali dipakai untuk mencuri id sebuah akun atau identitas pengguna lain, yang nantinya akan digunakan untuk menipu, atau bahkan melakukan hal jahat lainnya. Nah untuk terhindar dari hal yang merugikan tersebut, bisa Anda simak beberapa ciri web phising di bawah ini.

1. Dari Segi Tampilan Mempunyai Kesamaan Dengan Website Resmi
Ciri-Ciri Situs Phising Yang Wajib Anda Ketahui Sebelum Terlambat!
Foto: dewailmu.id

Bahwa sudah dikatakan bahwa tujuan dibuatnya sebuah web phising adalah untuk mengelabuhi korban lalu mencuri id, atau pun informasi lainnya, maka desain tampilan beberapa situs phising ini biasanya dibuat semirip mungkin dengan situs aslinya guna mengecoh para calon korbannya.

Bahkan tingkat kemiripannya pun mencapai presentase 90% dengan tampilan situs yang ditirunya, jadi Anda harus ekstra hati-hati da waspada jika menemui web jenis ini.

Namun, walaupun hampir memiliki kesamaan dengan situs resmi yang ditiru masih ada beberapa kecacatan dalam tampilannya, misalnya pada tombol atau caption button, bahkan dari segi konten teksnya juga berbeda dengan yang asli.

2. URL atau Alamat Website Typo
Jangan Ketipu! Ini 5 Ciri-Ciri Situs Phishing yang Wajib Kamu Tahu | Jalantikus
Foto: jalantikus.com

Memang jika dilhat dari segi tampilan web phising mempunyai kemiripan dengan situs aslinya, tetapi tidak untuk URL atau alamat websitenya, karena menurut aturan untuk satu domain hanya bisa berlaku atau bisa digunakan oleh satu situs saja.

Jadi sebagai trik untuk mengelabui korbannya biasanya para penjahat cyber membuat domain yang hampir mirip dengan web aslinya.

Untuk penulisan domain yang dipakai biasanya akan dibuat sedikit typo, tujuannya agar tidak terlalu mencolok dan membuat calon korban menjadi curiga. Jadi jika sewaktu-waktu Anda ingin login ke suatu situs tertentu, alangkah baiknya untuk mengecek terlebih dahulu URL atau alamat websitenya sudah sesuai atau tidak.

Baca Juga  Rekomendasi 4 Aplikasi Baca Novel Gratis
3. Situs Tidak Menggunakan Protokol HTTPS
Pengertian HTTP Adalah : Fungsi & Cara Kerja HTTP (Lengkap)
Foto: nesabamedia.com

Untuk ciri-ciri website phising selanjutnya adalah tidak adanya protokol HTTPS pada alamat websitenya, yang dimana protokol HTTPS ini berguna sebagai perlindungan dari sebuah situs, untuk keamanan para penggunannya. Untuk beberapa situs mungkin ada yang tidak dibekali fitur keamanan ini, namun pada halaman login bisa dipastikan semua website resmi memilikinya.

Nah, untuk mengetahui apakah sebuah situs dibekali sistem keamanan berupa protokol HTTPS, Anda bisa melihatnya di bagian address bar pada peramban internat yang digunakan. Sudah dapat dipastikan bahwa web phising tidak memiliki protokol HTTPS pada URL atau alamat websitenya.

4. Banyak Link yang Tidak Bisa Diakses

Karena kebanyakan dari penjahat cyber lebih memfokuskan pada segi tampilan saja, agar terlihat mirip dengan situs aslinya, maka ada beberapa kecacatan lainnya, yakni berupa link-link yang rusak atau tidak bekerja.

Untuk mengetahui sebuah situs asli atau tidak Anda bisa mengecek satu-persatu link-link yang ada pada website tersebut apakah bisa diakses atau tidak. Terlebih lagi Anda juga harus curiga, terhadap link yang memiliki tampilan huruf kecil atau sebuah link, yang ketika diklik malah menuju halaman yang tidak jelas.

5. Sering Gagal Ketika Melakukan Login

Untuk ciri web phising yang terakhir adalah sering terjadi gagal login, padahal user atau pengguna telah memasukkan username dan password yang benar. Nah, jika Anda mengalami hal ini ketika akan login pada sebuah situs, patut dicurigai jangan-jangan web tersebut adalah web phising.

Sebagai saran, jika Anda telah terlanjur login pada sebuah web phising langkah pertama jangan terlalu panik dahulu, lakukan login atau masuk pada situs yang asli lalu ubah password dan juga beberapa infomasi penting Anda yang lainnya.

Baca Juga  WhatsApp Unggah Soal Kebijakan Privasi Terbaru Lewat Status, Apa Isinya?

Demikian mengenai pembahasan ciri web phising yang perlu dan wajib untuk Anda ketahui. Secara umum, identifikasi sebuah situs bisa dikatakan phising atau tidak itu bisa dikenali dengan mudah yaitu biasanya sebuah web phising ini disebarkan melalui spam, baik itu melalui email, pesan teks, dan lain sebagainya. Jadi abaikan saja jika Anda meneriman sebuah spam yang tidak jelas.

Comment

Berikan Komentar Untuk Tulisan Ini

Artikel Terkait