by

Hindari Salah Beli laptop, Begini Tips Memilih Laptop Baru

Laptop merupakan salah satu barang elektronik yang hampir dimiliki oleh sebagian besar orang. Entah itu untuk keperluan bekerja, sekolah, atau keperluan untuk bersenang-senang, seperti gaming misalnya.

Memilih laptop terbaik di antara yang baik perlu dilakukan, hal ini agar di kemudian hari kamu tidak akan merasa menyesal, telah membeli laptop yang harganya tidak murah tersebut. Untuk itu berikut ini tips memilih laptop baru agar kamu tidak sampai salah memilih.

1. Ukuran Laptop

Walaupun terkesan sepele, tetapi mempertimbangkan ukuran laptop baru yang akan dibeli juga termasuk hal penting loh! Apalagi ukuran laptop merupakan satu kesatuan yang saling berhubungan. Oleh karena itu, sebelum membeli laptop baru kamu harus mengetahui terlebih dahulu kebutuhanmu akan laptop.

Contohnya saja seperti laptop yang mobile biasanya memiliki layar yang berukuran 12,5 hingga 13,3 inci, biasanya laptop ini memiliki bobot mulai dari 1 hingga 1,5 kg. Sedangkan untuk laptop yang digunakan untuk gaming atau mendesain, biasanya memiliki layar berukuran 14 hingga 17,3 inci dengan berat yang mencapai 2 kg.

2. Jenis dan Ukuran Media Penyimpanan

Jenis dan ukuran media penyimpanan pada laptop menjadi salah satu hal terpenting, yang pasti akan orang-orang pertimbangkan sebelum membeli laptop baru.

Dahulu kala media penyimpanan jenis hardisk banyak dipilih, karena memiliki kapasitas super besar dengan harganya yang tidak terlalu mahal. Jenis media penyimpanan selain hardisk ada SSD. Meski kecil, harga SSD biasanya lebih mahal dari pada hardisk karena memiliki kecepatan yang begitu kencang.

Untuk kamu yang menggunakan laptop untuk menyimpan banyak data kamu bias memilih laptop dengan jenis penyimpanan hardiks, sedangkan untuk kamu yang membutuhkan laptop untuk gaming atau mendesain, kamu bisa memilih menggunakan laptop dengan media penyimpanan SSD.

Baca Juga  Jangan Sampai Salah Urutan, Begini Urutan Skincare yang Benar
3. Daya Tahan Bateri

Untuk menghidupkan laptop, kamu pasti membutuhkan baterai laptop. Oleh karena itu, sebelum kamu membeli laptop baru kamu harus mengetahui juga daya tahan baterai. Jangan sampai daya tahan baterai yang kamu pilih sangat buruk, sehingga laptopmu sering kehabisan baterai.

Namun, harus juga diakui bahwa daya tahan baterai tergantung dengan cara pemakaian oleh pemiliknya, aplikasi yang dijalankan, dan jenis prosesor yang dipakai.

Agar baterai laptop terus awet, sebaiknya jangan me-charge baterai terus menerus, baru men-charge baterai saat baterai sudah sampai 0%, atau men-charge laptop sembari laptop dihidupkan.

4. Kualitas Layar

Nyatanya tidak semua laptop memiliki kualitas layar yang bagus. Oleh karena itu, sebelum kamu membeli laptop, kamu harus mengetahui jenis layar yang digunakan, resolusi, hingga sudut pandang penglihatan layar.

Contohnya untuk kamu yang memerlukan laptop untuk mengerjakan grafis, kamu bisa memilih laptop yang memiliki panel display jenis IPS yang tajam, akurasi warna yang tinggi, serta sudut penglihatan yang luas.

Selain itu, kamu juga harus menyesuaikan ukuran layar laptop sesuai kebutuhanmu. Biasanya layar laptop yang kebanyakan orang pakai ialah berukuran 14 inci.

5. Desain Laptop

Ketika kamu melihat-lihat laptop, pasti yang pertama kali kamu lihat ialah desain dari laptop tersebut. Seiring perkembangan waktu, laptop pun memiliki inovasi yang semakin beragam.

Jika dulu laptop kebanyakan memiliki ukuran yang tebal dan berat, sekarang dari tahun ke tahun laptop memiliki desain yang tipis dan cenderung ringan.

Belum lagi banyak juga laptop yang sekarang memiliki model 2-in-1, yang membuat layar dan keyboard laptop bisa dilepas-pasang atau dilipat hingga 360 derajat.

Baca Juga  Dijamin Ampuh! Inilah 8 Tanaman Pengusir Nyamuk yang Bisa Kamu Gunakan
6. Prosesor

Salah satu bagian yang menjadi dapur pacu laptop ialah prosesor. Kamu harus mengetahui prosesor apa yang ada di laptopmu. Contohnya prosesor tipe AMD dan Intel sama-sama merek yang dapat diandalkan, tetapi terbukti Intel yang memiliki performa lebih baik daripada AMD.

Intel sendiri juga memiliki beberapa tipe lainnya, seperti Intel Core i3, Intel Core i5, dan Intel Core i7 yang terbagi di beberapa generasi dan terus menerus mengalami perkembangan dari tahun ke tahun. Untuk kamu yang sering menggunakan laptop untuk game, pastikan laptopmu memakai Intel Core i7.

7. Kapasitas RAM

Tak hanya prosesor saja yang mempengaruhi kinerja laptop, tetapi RAM juga merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kerja laptop.

Semakin besar RAM yang ada di dalam laptop, semakin leluasa pula kamu menggunakan aplikasi-aplikasi berat atau kegiatan-kegiatan berat di laptop, seperti gaming contohnya.

8. Konektivitas Laptop

WiFi, Bluetooth, dan port USB menjadi salah satu hal yang penting di laptop. Pasalnya di zaman sekarang kebutuhan WiFi sangatlah penting, belum lagi apabila kamu akan berencana meng-copy file dengan cepat, dan kamu membutuhkan port USB untuk mencolokkan flashdisk ke laptop. Oleh karena itu konektivitas laptop ini harus begitu kamu perhatikan.

Sekian informasi dari beberapa tips memilih laptop baru. Laptop bukan merupakan barang yang murah. Oleh karena itu, kamu haruslah dapat mengetahui kebutuhan kamu mengenai penggunaan laptop.

Sebab jika kamu sudah mengetahui kebutuhan kamu, kamu akan mudah dalam memilih spesifikasi laptop mana yang cocok dengan seleramu.

Comment

Berikan Komentar Untuk Tulisan Ini

Artikel Terkait