by

Cara Menghapus ICloud IPhone Saat Lupa Password

Pernahkah kamu bertanya apa kegunaan iCloud yang sebenarnya? Mungkin bagi kamu yang baru saja bergabung menjadi salah satu pengguna iPhone masih bingung apa fungsi dari iCloud pada iPhone. Nah, iCloud pada iPhone berfungsi untuk menyimpan data dan sejumlah informasi penting dengan aman pada server jauh di Apple. Dengan ini, informasi yang kamu miliki akan di cadangkan ke lokasi aman dan disinkronkan pada perangkat yang kamu miliki.

Lupa sandi iCloud dan lupa sandi pemulihan sangatlah sering di alami oleh pengguna iPhone. Banyaknya penyebab kelupaan ini juga menjadi alasan seringnya hal ini terjadi. Salah satu contoh penyebabnya ialah nomor yang dipakaikan telah mati atau tidak ingat lagi, atau memang lupa password seperti yang akan kita bahas ini.

Lantas bagaimana cara menghapus iCloud tanpa password dari sistem operasi IOS ya? Yuk kita lihat bagaimana caranya.

Cara Menghapus ICloud Tanpa Password dari Sistem Operasi IOS 
1. Mendapatkan Cydia

Langkah pertama sekali yang harus kamu lakukan ialah, mendapatkan Cydia. Untuk mendapatkan Cydia ini, kamu bisa melakukannya lewat jailbreak. Akan tetapi, hal yang perlu kamu ketahui ialah bahwa Jailbreak hanya di dukung oleh pemakaian pada IOS 10 dan juga IOS 11. Jadi bagi pengguna IOS 12, sangat disayangkan sekali, pengguna IOS 12 tidak dapat menggunakan Jailbreak ini.

2. Melakukan Jailbreak

Bagi kamu pengguna IOS 10 atau IOS 11, jika kamu telah mengikuti langkah Jailbreak dan sudah melakukan Jailbreak, maka yang perlu kamu lakukan selanjutnya ialah tinggal mengikuti langkah berikutnya yaitu masuk ke Cydia.

3. Membuka Filza/Filza File Manager

Setelah masuk ke Cydia, akan terlihat tombol panel yang berada di kanan bawah dan akan muncul tombol search atau tombol pencarian. Klik tombol tersebut lalu masukkan kata kunci pencarian untuk mempermudah pencarian.

Kata kunci yang dimaksud ialah filza atau filza file manager, yang dapat kamu lakukan di kolom pencarian atas.

4. Menginstal Filza

Jika file filza telah berhasil kamu temukan, klik lah file tersebut dan lakukan install pada file, serta ijinkan penginstalan dengan mengklik konfirmasi yang terlihat pada layar.

Ketika kamu proses penginstalan file filza dilakukan, iPhone milikmu tentu akan melakukan proses loading yang memakan waktu yang sedikit lama, jadi jangan bosan dan menutup prosesnya ya, tunggulah sampai proses ini selesai dan hindari touch atau penyentuhan yang tidak sengaja kamu lakukan pada tombol utama.

Jika terasa bosan, kamu bisa coba untuk membaca beberapa buku yang kamu gemari, jadi prosesnya pun akan terasa lebih cepat dilewati ya..

5. Return To Cydia

Pada loading yang telah berhasil selesai, maka akan memperlihatkan pada bagian layar beberapa bentuk pemberitahuan, seperti penyiapan file, konfigurasi file, pengiriman file, hingga kepada loading data.

Jika telah ke empat bagian tersebut telah terlihat dan telah ada, maka pada bagian bawah akan muncul return to Cydia, sehingga pada tombol tersebut, yaitu return to Cydia yang berada di bagian bawah, kamu bisa melakukan klik padanya.

6. Kembali Pada Menu Utama

Setelah melakukan klik, kamu bisa kembali ke menu utama. Cara melakukannya pun cukup mudah, bisa dengan mengetuk cursor utama pada iPhone atau menyentuh bagian tombol utama tempat kamu biasa menyisipkan sidik jari kamu.

7. Masuk Ke Filza

Tahap selanjutnya untuk menghapus iCloud ialah dengan masuk ke filza, yaitu menu bawaan yang ada di iPhone milikmu. Bagi kamu yang masih bingung apa itu filza, filza ini seperti halnya file manager untuk IPOT. Atau jika didefinisikan, filza merupakan suatu file manager yang di khususkan pada IOS yang telah memiliki akses root, yang dimana jika sudah melakukan Jailbreak dan sudah di jailbreak.

8. Menghapus Account

Jika kamu telah masuk ke filza, selanjutnya kamu bisa pergi ke folder yang bernama var/mobile/library/ dan account. Yaitu jika telah mendapatkan file var, kamu bisa mengklik file tersebut dan melanjutkannya kembali dengan mencari mobile, setelah mobile kamu dapatkan, kamu lanjutkan lagi dengan mencari library. Begitulah hingga kamu mendapatkan file yang bernama account.

Jika telah menemukannya, Klik account tersebut dan hapuslah file yang muncul. Biasanya, jika mengklik account, akan terlihat tiga file dengan nama yang hampir serupa, yaitu account 3sqlite, account 3sqlite-wal, dan account 3sqlite-shm.

Untuk itu, hapuslah ketiga file tersebut, yakni dengan menekan tombol edit terlebih dahulu, dan pilih ketiga file yang ada. Jika sudah memilih, kliklah tombol sampah yang tersedia di bagian bawah layar.

Pada saat penghapusan dilakukan, iPhone akan merespon dengan menampilkan pengijinan penghapusan, untuk itu, kliklah tombol “Ok” dan tunggu sampai penghapusan tersebut selesai dilakukan. Pastikan telah selesai ya..

10. Turn Off IPhone

Nah, jika sudah selesai, kamu bisa kembali ke menu utama dan melakukan cek ipot milik kamu di pengaturan. Tentu dalam melakukan cek ini, iCloud iPhone milik kamu tentu belum terhapus.

Oleh karena itu, kamu perlu untuk mematikan iPhone milikmu, yakni dengan mengklik turn off pada pengijinan. Jika iPhone telah non – aktif, kamu bisa menyalakan nya kembali dan menunggu hingga iPhone menampilkan menu seperti tampilan biasanya.

11. Memastikan ICloud yang Telah Berhasil dihapus

Jika sudah menyala dan menu telah tampil, maka langkah berikutnya ialah melakukan cek kembali pada iCloud yang ada di ipot milik kamu. Saat melakukan cek ini, iCloud kamu akan terlibat kosong dan tidak memiliki akun. Sehingga, dengan demikian iCloud milikmu telah berhasil kamu hapus.

Akan tetapi jangan khawatir ya, iCloud yang telah kosong atau yang telah berhasil terhapus, masih bisa dibuatkan iCloud yang baru tanpa repot diganggu oleh iCloud yang lama.

Tak hanya itu, kamu juga bisa menggantikannya dengan iCloud lama lainnya yang pernah kamu miliki.
Jadi bagaimana sob, tidak sesulit yang kamu bayangkan bukan? Bahkan bisa dibilang cukup mudah sekali ya..

Nah, jadi bagi kamu yang ingin menghapus iCloud iPhone milikmu, kamu bisa nih coba langkah-langkah ini. Selamat mencoba ya sob..

Baca Juga  Cuma Pakai Smartphone Bisa Jadi Youtuber, Simak 5 Tips Jadi Youtuber Modal HP

Comment

Artikel Terkait