by

Cara Mengatasi Suara Laptop Pecah: Wajib Dicoba nih!

Mendengarkan musik melalui laptop sembari mengerjakan tugas merupakan salah satu hal yang begitu menyenangkan. Namun, sayangnya tidak semua laptop memiliki speaker yang kondisinya dalam keadaan baik, ada juga speaker yang pecah atau sember yang malah membuat suara yang dikeluarkan begitu berisik dan tidak enak didengarkan.

Nah, untuk itu kamu bisa menyimak cara mengatasi suara laptop pecah di bawah ini ya! Namun, sebelum itu, kamu harus mengetahui terlebih dahulu penyebab dari suara laptop yang pecah ini.

Penyebab Suara Laptop Menjadi Pecah

Laptop yang mengeluarkan suara pecah pastinya memiliki gangguan yang tidak biasa pada bagian speakernya. Berikut ini beberapa penyebab dari suara laptop yang pecah:

1. Terlalu Sering Menggunakan Volume Suara Speaker yang Terlalu Tinggi

Pada bagian speaker laptop terdapat membran halus untuk membantu meredam suara yang dikeluarkan speaker. Saat kamu sering menggunakan volume suara yang terlalu tinggi, hal itu bisa membuat membran halus pada speaker ini menjadi putus, sehingga bisa membuat suara yang dikeluarkannya terdengar pecah atau sember. Sehingga, saat kamu mendengarkan lagu atau tengah menonton film, usahakan volume suara speaker kamu dalam volume yang sedang, jangan terlalu keras.

2. Speaker yang Tersumbat Debu

Debu yang menyumbat pada speaker akan menimbulkan masalah yang cukup serius, sebab debu-debu inilah yang akan membuat kinerja speaker menjadi tidak optimal karena debu menyebabkan getaran pada membran speaker menjadi tertahan, sehingga menimbulkan suara yang tidak jernih dan pecah.

Sebaiknya bersihkan laptopmu secara berkala, agar debu tidak menjadi penyebab dari pecahnya suara pada laptopmu.

3. Laptop yang Terbentur

Benturan yang terjadi pada laptop tidak hanya membuat laptop lecet, tergores atau rusak, tetapi juga bisa membuat beberapa komponen yang ada di dalam laptop menjadi bermasalah, salah satunya ialah speaker. Jadi, sebaiknya kamu harus berhati-hati setiap membawa laptop, agar laptopmu tidak terbentur sehingga terhindar dari kerusakan.

Baca Juga  Tips Lulus Magang: Buat Kamu yang Mau Daftar Magang Merapat Yuk!
4. Laptop Kemasukan Air

Tak hanya debu saja yang bisa menyebabkan suara pada laptop menjadi pecah, tetapi air yang tak sengaja masuk ke dalam laptop juga bisa menyebabkan hal tersebut.

Oleh karena itu, apabila kamu tidak sengaja membasahi laptop sampai air masuk dalam tubuh laptop, segera keringkan laptopmu agar air tidak mengganggu fungsi dari komponen laptop, seperti speaker laptop contohnya.

5. Umur Laptop yang Sudah Terlalu Tua

Salah satu faktor ini memang jarang ditemui, sebab biasanya orang-orang akan memutuskan untuk membeli laptop baru, ketika laptop yang lama sudah dirasa telah tua dan banyak software yang perlu diupdate kembali.

Namun, faktor ini juga bukan hal yang tidak mungkin terjadi, sehingga menyebabkan speaker laptop menjadi mengeluarkan suara yang pecah. Oleh karena itu, buat kamu yang masih setia dengan laptop tua, sebaiknya cek terus laptopmu secara berkala ya, untuk menghindari kerusakan yang mungkin tidak kamu sadari.

Cara Mengatasi Suara Laptop Pecah

Nah, setelah kamu mengetahui apa saja penyebab dari suara laptop yang pecah, berikut ini cara mengatasi suara laptop pecah yang bisa kamu lakukan:

1. Non-Aktifkan Speaker yang Tengah Bermasalah

Speaker pada laptop ada pada sebelah kanan dan kiri laptop, daripada kamu terus-teruskan mendengarkan suara laptop yang pecah yang begitu mengganggu pendengaran, lebih baik kamu non-aktifkan salah satu speakernya yang bermasalah, bukan? Nah, untuk menon-aktifkannya, kamu bisa menggunakan langkah-langkah berikut ini:

  1. Klik ikon speaker yang ada pada bagian kanan bawah sisi layar.
  2. Setelah itu, klik bagian Mixer atau Open Volume Mixer.
  3. Akan muncul dua ikon speaker, kemudian pilih untuk mengeklik Speaker Device yang ada di sisi kiri. Setelah itu, kamu akan masuk dalam menu pengaturan speaker.
  4. Pilih bagian Levels, klik Balanced.
  5. Muncul tingkatan volume dengan tulisan L dan R. L ini berarti speaker yang ada di sisi kiri dan R berarti speaker yang ada di sisi kanan.
  6. Identifikasi speaker yang menurutmu pecah, kemudian volumenya turunkan menjadi 0.
  7. Naikkan volume speaker yang tidak pecah.
Baca Juga  Trik Ikut Lomba Agar Menang: Buat Kamu Para Calon Juara
2. Lem Bagian Speaker yang Rusak

Buat kamu yang tidak pernah membongkar pasang laptop, cara ini tidak dianjurkan untuk kamu coba. Jadi, cara yang satu ini ialah pertama-tama speaker laptop harus secara langsung dicek terlebih dahulu dengan cara membongkarnya.

Untuk lem yang akan digunakan untuk mengelem bagian speaker yang rusak, gunakan lem khusus seperti lem kastol contohnya, jadi kamu tidak boleh sembarangan memakai lemnya.

Saat mengelemnya pun kamu juga harus berhati-hati, lem speaker pada bagian pinggirnya dan jangan sampai terkena bagian tengah/intinya, sebab apabila terkena, nantinya malah akan membuat suara pecah laptop semakin parah.

3. Gunakan Speaker Eksternal

Buat kamu yang malas untuk mencoba mengotak-atik laptop kamu sendiri, kamu bisa menggunakan speaker eksternal sebagai salah satu solusi mujarab untuk mengatasi suara laptop pecah ini.

Selain itu, cara ini juga bisa kamu gunakan apabila semua cara yang kamu lakukan tidak mempan. Untuk speaker eksternalnya, kamu bisa membeli speaker eksternal yang harganya sesuai dengan kantong kamu, yaitu speaker yang memakai colokan atau speaker wireless yang menggunakan Bluetooth.

Nah itulah beberapa cara mengatasi suara laptop pecah yang bisa kamu coba. Walaupun speaker yang pecah masih bisa diatasi, tetapi alangkah baiknya jika kamu juga menghindari hal-hal yang bisa menyebabkan speaker pecah, contohnya seperti hindari benturan pada laptop, hindari tempat yang terdapat genangan airnya dan lain sebagainya.

Comment

Artikel Terkait