by

Cara Mengatasi BSOD Windows 10 dengan Mudah dan Praktis

Pada dasarnya, Windows 10 telah dirancang agar dalam penggunaannya minim terjadi masalah. Namun yang namanya sebuah sistem, pasti memiliki masalah yang menyebabkan penggunaannya terganggu.

Seperti halnya bluescreen atau yang biasa disingkat BSOD. Tak banyak yang tahu bagaimana cara mengatasi BSOD Windows 10. Kebanyakan dari pengguna sistem operasi ini langsung menyerahkannya ke jasa service.

Bluescreen ditandai dengan layar yang menampilkan warna biru yang disertai dengan pesan error. Jika dibiarkan, bukan tidak mungkin data yang ada pada komputer akan hilang.

Beberapa cara mengatasi bluescreen pada laptop asus windows 10 ini, bisa menjadi solusi bagi Anda yang mengalami masalah tersebut. Pastikan Anda melakukan dengan teliti ketika mempraktekan cara mengatasi BSOD Windows 10.

Cara Mengatasi BSOD Windows 10
1. Menghapus File Temporary

File temporary pada umumnya terdiri dari file temp atau cache. Data yang ada di dalamnya secara otomatis muncul pada saat komputer Windows dinyalakan. Seringkali file ini menjadi penyebab masalah bluescreen pada Windows 10.  Untuk cara mengatasi BSOD Windows 10 melalui metode ini bisa mengikuti cara di bawah ini.

  1. Tekan tombol Windows+R untuk masuk ke program Run.
  2. Setelah itu ketikkan “temp”, kemudian klik OK.
  3. Setelah itu akan ditampilkan folder dan file yang bisa Anda hapus.

Melalui metode ini, cara mengatasi blue screen windows 10 dengan cmd atau command prompt juga bisa diaplikasikan. Ikuti beberapa langkah di bawah ini.

  1. Buka aplikasi CMD sebagai Administrator.
  2. Kemudian masukan perintah cleanmgr /d C, Anda bisa menyesuaikan partisi dengan mengubah huruf C pada perintah tersebut.
  3. Lalu centah di bagian Temporary files kemudian klik OK.
Masuk Ke Safe Mode Windows

Cara mengatasi blue screen windows 10 saat booting bisa dilakukan pada saat Anda menemui blue screen, sebelum bisa masuk ke sistem utama Windows. Anda bisa masuk ke safe mode agar bisa mengetahui permasalahannya.

Baca Juga  10 Rekomendasi Hiasan Dinding Unik yang Dapat Mempercantik Rumah Anda

Pada safe mode, tidak semua driver akan dimuat sehingga memungkinkan Anda untuk masuk ke sistem tanpa adanya gangguan blue screen.

Untuk cara mengatasi blue screen windows 10 asus bisa juga dengan metode tersebut. Masalah bluescreen akan lebih mudah diatasi ketika sudah diketahui pokok permasalahannya. Ini menjadi cara mengatasi BSOD Windows 10 termudah yang bisa dilakukan.

Coba Matikan Antivirus

Untuk alasan keamanan, antivirus memang penting tersedia di perangkat Windows. Fungsinya tentu untuk menjadi benteng bagi komputer dari serangan virus atau malware.

Namun dalam beberapa kondisi, antivirus ini menjadi penyebab blue screen yang merepotkan ketika terjadi bug. Cara mengatasi blue screen windows 10 critical process died ini bisa diterapkan pada berbagai laptop.

Anda bisa mencoba untuk mematikan atau menonaktifkan antivirus yang tersedia pada laptop. Jika hal itu tidak membantu, copot terlebih dahulu antivirus tersebut. Setelah bluescreen hilang, Anda bisa mencari akar penyebabnya menggunakan aplikasi Bluescreenview. Lalu lakukan perbaikan sesuai dengan kode eror yang muncul.

Mengatur Processor Power State

Metode ini dilakukan sebagai cara mengatasi blue screen windows 10 saat main game. Pada umumnya, blue screen yang muncul pada saat bermain game disebabkan karena masalah pada processor yang overheat. Lakukan perbaikan dengan mengikuti cara di bawah ini.

  1. Masuk ke Control Panel, kemudian pilih System & Security.
  2. Pada menu Power Option, pilih Change Battery Setting untuk melakukan pengaturan ulang.
  3. Setelah itu, pilih Change plan settings dan masuk ke menu Change Advanced Power Settings.
  4. Kemudian cari pilihan Processor Power Management, kemudian klik pada Maximum processor state.
  5. Setelah itu atur pilihan On Battery dan Plugged in dengan kisaran angka 70% hingga 90%.
Baca Juga  Ketahui Cara Berkomunikasi yang Baik Dengan Autisme, Ada Albert Einstein Sebagai Jenius Penyandang Autisme

Cara mengatasi BSOD Windows 10 ini terbilang cukup mudah. Asalkan langkah-langkah yang dijalankan sesuai, maka masalah bluescreen pada saat main game bisa teratasi.

Memperbaiki Atau Mengganti RAM

Pertanyaan mengenai cara mengatasi blue screen windows 10 memory management sering diutarakan pengguna Windows. Error Blue Screen Memory Management pada umumnya disebabkan karena masalah pada RAM yang digunakan oleh laptop atau komputer.

Lakukan pengecekan terlebih dahulu dengan menekan Windows+R, kemudian ketikkan mdsched.exe. Lakukan restart dengan memilih Restart now and check for problem (recommended). Jika muncul status fail, maka benar kondisi RAM sudah tidak bagus.

RAM bisa diperbaiki dengan menggosok kuningannya dengan menggunakan penghapus pensil secara perlahan. Dan jangan lupa bersihkan juga bagian slot RAMnya. Untuk cara mengatasi blue screen windows 10 acer bisa juga dengan metode ini.

Update Driver dan Windows

Error blue screen memang cukup banyak jenisnya, salah satunya error video TDR failure nvlddmkm sys. Cara mengatasi blue screen windows 10 tdr failure ini bisa dicoba untuk mengatasi hal tersebut. Dengan cara sebagai berikut.

Pertama, update driver VGA melalui device manager. Caranya dengan menekan Windows+R kemudian ketikkan devmgmt.msc. Pada pilihan Display adapters, Anda bisa pilih VGA yang tersedia kemudian Update driver.

Kedua, Anda bisa menggunakan software khusus update driver. Buka aplikasi tersebut, kemudian scan untuk mengetahui driver yang perlu diperbaharui. Jika driver VGA muncul, segera lakukan update. Jangan lupa untuk mengupdate Windows jika tersedia.

Cara mengatasi blue screen windows 10 tanpa instal ulang terbukti efektif untuk mengatasi BSOD windows. Ketika dipraktekan dengan baik, bukan tidak mungkin masalah tersebut bisa diatasi.

Itulah beberapa cara mengatasi BSOD Windows 10 yang bisa dilakukan. Ikuti langkah demi langkahnya dengan baik agar masalah cepat teratasi. Masalah bluescreen sebenarnya bisa diatasi dengan mudah ketika sudah diketahui akar permasalahannya.

Baca Juga  Paket Wifi Murah yang Bisa Anda Jadikan Pilihan Utama untuk Pemenuhan Kebutuhan Internet

Sobat harus coba tips keren troubleshooting dari kita. Selamat mencoba!

Comment

Berikan Komentar Untuk Tulisan Ini

Artikel Terkait