by

Cara Membuat Google Form Dengan Mudah

Google form merupakan sebuah sarana yang digunakan untuk mengelola suatu data secara online meliputi soal sekolah, pendaftaran, dan masih banyak yang lainnya. Untuk saat ini, kebanyakan dipakai oleh para guru atau pendidik dalam proses mengajar, terutama dalam hal memberikan tugas harian ataupun ujian.

Selain dapat digunakan untuk membuat form pendaftaran dan membuat soal ujian, google form juga bisa dipakai untuk survei dan menganalisis secara online, bahkan hasil survei pun bisa berupa grafik dan diagram. Berikut beberapa cara membuat google form dengan mudah.

1. Cara Membuat Google Form Lewat Browser di HP

Untuk cara membuat google form yang pertama yakni melalui browser yang ada pada smartphone, cara ini merupakan langkah termudah dan sering dipakai oleh banyak orang. Bisa dibuat di smartphone berbasis Android maupun IOS, berikkut langkah-langkahnya:

  • Langkah yang pertama buka browser kamu, lalu ketikan alamat berikut https://docs.google.com/forms/ pada url yang ada pada peramban HP Anda.
  • Setelah itu Anda akan masuk ke dalam tampilan awal google form, jika ingin tampilan mudah, nyaman, serta enak dipandang gunakan mode dekstop yang ada pada pengaturan bawaan di browser. Caranya sangat mudah yakni tekan ikon 3 titik dipojok kanan atas, lalu akan muncul deretan menu ke bawah, kemudian cari dan centang menu “situs dekstop”.
  • Nah, barulah Anda bisa membuat sebuah form dengan mudah. Jika ingin tampilan ebih menarik Anda bisa memilih beberapa tema atau template yang sudah tersedia. Tapi untuk saran pilihlah template atau tema yang kosong, tanpa ada gambar apapun.
  • Selanjutnya Anda bisa mengedit form Anda dengan mulai mengisi nama, lalu deskripsi, sebuah pertanyaan, terakhir memilih bentuk format jawaban yang sesuai misalnya untuk soal essai, pilihan ganda, ceklist kotak, ceklist bulat, dan masih banyak yang lainnya.
  • Buat satu buah pertanyaan yang akan digunakan untuk mengetahui jenis kelamin, dari orang yang akan menjawab survei yang akan dibuat. Anda bisa membuat dengan format ceklis bulat atau radio box dengan diisi 2 pilihan jenis kelamin pria dan wanita.
  • Buat lagi satu pertanyaan untuk mengkonfirmasi atau mengetahui umur, dari orang yang akan mengikuti survei. Caranya sama dengan membuat ceklist pada form jenis kelamin.
  • Masuk pada tahap paling penting yaitu memuat beberapa pertanyaan yang sesuai keinginan atau topik Anda. Misalnya ingin memberikan survei kepada siswa mengenai “cara mengajar guru di kelas”. Buatlah beberapa pertanyaan lalu untuk jawabannya Anda bisa menggunakan pilihan Ganda.
  • Untuk Anda yang suka dengan tampilan lebih menarik, pada bagian header bisa diisi dengan foto atau gambar identitas Anda. Caranya mudah yakni lewat menu paint, lalu pilih masukkan gambar, upload, pilih gambar yang diinginkan lalu potong sesuai ukuran, selesai.
  • Langkah terakhir yaitu memberikan pewarnaan agar form survei tidak monoton, pilih warna yang Anda inginkan. Caranya mudah yakni tinggal ceklis saja pilihan warna yang ada pada bagian kanan, tepat dibawah menu header. Selanjunya tinggal melakukan proses pengiriman, selesai.
Baca Juga  7 Aplikasi Untuk Membantu Bisnis: Dijamin Dapat Memudahkan Bisnismu
Kelebihan yang Ada Pada Google Form

Setelah mengetahui bagaimana cara membuat dan mengisi sebuah data pada google form, kini saatnya untuk mengetahui keunggulan dan kelebihan menggunakan google form. Berikut beberapa kelebihan yang ada pada google form, antara lain:

  • Mempunyai tampilan tema atau template yang menarik dan unik
  • Alamat url yang bisa diperpendek atau short url
  • Cara penggunaan dan pengaplikasian yang tergolong mudah
  • Free atau tidak berbayar, jadi bisa digunakan oleh siapapun
  • Dapat dishare dengan mudah
  • Mempunyai banyak pilihan menu atau kategori kuis sesuai keinginan pembuat

Demikian ulasan mengenai cara membuat google form disertai dengan keunggulan dan kelebihan yang ditawarkan. Semoga dapat membantu dan mempermudah Anda dalam pekerjaan, maupun tugas-tugas lainnya. Selain itu, google form sangat ringan digunakan pada sistem operasi manapun, entah itu pada laptop ataupun android.

Comment

Artikel Terkait