by

Buat Kamu Vlogger Pemula, Kamu Harus Tahu Apa Saja Peralatan untuk Nge-Vlog

Menjalani profesi menjadi seorang Vlogger kini tengah banyak digeluti, mulai yang pada awalnya dari kalangan masyarakat biasa hingga artis kini banyak yang menggeluti pekerjaan yang satu ini.

Video yang dibuat dan diposting di channel youtube para Vlogger ini sangatlah beragam, mulai dari video yang berisi tentang kegiatan sehari-hari sampai berisi mengenai pendidikan yang bertujuan untuk dibagikan kepada banyak orang.

Buat kamu yang juga ingin menjadi seorang Vlogger dan bisa menghasilkan Vlog yang bagus, kamu harus tahu peralatan untuk Nge-Vlog seperti di bawah ini.

1. Kamera untuk Merekam Video
tampilan teratas fotografer ruang kerja dengan kamera digital, lampu kilat, kit pembersih, kartu memori, harddisk eksternal, pembaca kartu usb, laptop dan aksesori kamera pada latar belakang meja hitam - dslr camera potret stok, foto, & gambar bebas royalti
istockphoto

Untuk membuat sebuah video pastinya kamu membutuhkan kamera untuk merekam apa yang ingin kamu rekam. Jika kamu memiliki kamera yang canggih seperti DSLR, kamu bisa memakai kamera tersebut.

Namun, jika kamu tidak memilikinya atau mungkin kamu masih pemula, kamu bisa menggunakan kamera lainnya seperti kamera ponsel, action kamera, mirrorless dan lain sebagainya.

Kamu juga harus mengetahui kriteria kamera yang baik untuk kamu gunakan saat membuat Vlog, di antaranya ialah kamera yang akan kamu gunakan itu mudah untuk digunakan, praktis dibawa kemana saja, kamera yang bisa menangkap gambar dengan jelas, dan pastinya jika kamu menggunakan kamera ponsel, kamu bisa menggunakan mikrofon tambahan untuk membantu menangkap suara kamu agar terdengar jelas.

2. Bantu Kamu Merekam Video agar Stabil dengan Tripod, Monopod, atau Gorillapod
peralatan perekaman di ruang tamu untuk blog video rumah - tripod potret stok, foto, & gambar bebas royalti
istockphoto

Alat-alat seperti tripod, monopod, atau gorillapod merupakan alat yang penting untuk membantu kamu dalam menstabilkan pengambilan video, apalagi jika kamu merekam videonya sendiri.

Tak hanya membantu kamu dalam menstabilkan pengambilan video, alat-alat tersebut juga membuat kamu untuk leluasa bergerak saat pengambilan video, kamu juga pasti lebih merasa nyaman menggunakan kamera dengan alat-alat tersebut daripada langsung menggenggam pada kamera.

Baca Juga  Rekomendasi 4 Aplikasi Baca Novel Gratis
3. Gunakan Mikrophone Terbaik untuk Suara Vlog yang Bagus
mikrofon kondensor ditempatkan pada tripod - microphone vloger potret stok, foto, & gambar bebas royalti
istockphoto

Setelah kamu menemukan kamera yang pas untuk mengambil video yang menarik, kamu juga perlu mempertimbangkan untuk membeli mikrofon tambahan.

Dengan mikrofon tambahan ini bisa membantu kamu untuk menjernihkan suara kamu dalam video, sehingga calon penonton akan merasa nyaman saat menonton video kamu. Memang mikrofon yang sudah ada dalam kamera atau ponsel bisa untuk kamu pakai, tetapi tak jarang pula jika audionya kurang memuaskan.

4. Perekam Audio untuk Menghasilkan Rekaman Suara yang Berkualitas
headphone dan mikrofon di studio rekaman -  audio recorder potret stok, foto, & gambar bebas royalti
istockphoto

Selain menggunakan mikrofon, kamu juga bisa menggunakan perekam audio untuk menghasilkan rekaman suara yang berkualitas. Kamu bisa menggunakan perekam suara portable.

Kamu tidak perlu bingung dalam memilih perekam suara yang berkualitas ini, sebab saat ini sudah banyak recorder portable yang memiliki mikrofon yang kualitasnya bagus, sehingga efisien untuk kamu pakai.

5. Lighting, Alat untuk Membantu Video Kamu agar Terlihat Terang
kru film di studio - lighting camera video stok dan rekaman bebas royalti
istockphoto

Kecerahan video memang terlihat sepele, tetapi jika kecerahan video kurang juga akan memberikan hasil yang kurang bagus pada video yang dihasilkan.

Oleh karena itu, kamu bisa menggunakan lighting untuk membantu dalam mengatur kecerahan video. Semakin bagus kecerahan video yang kamu ambil, semakin bagus pula kecerahan video yang nanti kamu hasilkan. Sebaiknya dalam memilih lighting, pilihlah lighting yang kecerahannya bisa diatur.

6. Kartu Memori yang Kapasitasnya Mencukup untuk Kamera atau Ponsel
close up ekstrim slot kosong untuk kartu memori sd di kamera. aksi. teknologi peralatan pemotretan video dan foto - memory card video stok dan rekaman bebas royalti
istockphoto

Peralatan untuk Vlog selanjutnya yang begitu penting ialah kartu memori. Kartu memori ini kegunaannya untuk menyimpan semua foto atau video yang kamu ambil, jika kartu memori kamu kapasitasnya sudah penuh, maka kamu tidak bisa mengambil video lagi. Oleh karena itu, siapkan kartu memori yang kapasitasnya mencukupi agar tetap bisa menyimpan video kamu.

Baca Juga  Hindari Salah Beli laptop, Begini Tips Memilih Laptop Baru
7. Stabilizer Kamera untuk Menahan Guncangan
perekaman videografer dengan kamera mirrorless dengan nirkabel mikrofon pada gimbal stabilizer - stabilizer camera video stok dan rekaman bebas royalti
istockphoto

Dalam membuat Vlog pastinya mungkin kamu akan menemui hal-hal yang tidak terduga, contohnya mungkin saat nge-vlog kamu sembari berlari, berjalan, mengendarai sepeda, dan lain sebagainya.

Kegiatan-kegiatan tersebut berpotensi membuat video yang kamu rekam menjadi ikut bergoyang-goyang, oleh karena itu kamu bisa menggunakan stabilizer untuk membantu pengambilan video kamu menjadi lebih stabil dan tidak goyang-goyang, sehingga hasil videomu akan menjadi terlihat bagus dan videomu nyaman untuk ditonton.

8. Komputer, Laptop, atau Ponsel untuk Mengolah Video
Istockphoto

Video yang sudah kamu ambil dari kamera pastinya akan kamu olah untuk kamu edit, sehingga kamu membutuhkan komputer, laptop, atau ponsel untuk mengolahnya.

Jika kamu sering menggunakan laptopmu untuk mengolah video, sebaiknya gunakan laptop yang memiliki spesifikasi yang bagus, seperti laptop yang sudah menggunakan prosesor quad-core serta RAM 4GB. Hal ini akan membantu kamu untuk mempermudah dalam mengolah dan mengedit video.

Begitu pula jika kamu menggunakan ponsel untuk mengedit video, sebaiknya gunakan ponsel yang memiliki kapasitas RAM yang besar, sehingga tidak lemot saat kamu pakai untuk mengedit.

9. Software Editing untuk Mengedit Video Menjadi Lebih Baik

Agar vlogmu terlihat lebih keren, ciamik dan profesional kamu perlu untuk mengedit video tersebut. Dalam tahapan mengedit video inilah kamu bisa menambahkan efek video, efek suara, memasukkan teks pada video dan lain sebagainya.

Selain itu, kamu juga bisa membuat ukuran video agar menjadi lebih kecil lagi, sehingga saat kamu uploud di YouTube, video kamu tidak akan memakan tempat.

Untuk kamu yang masih pemula, kamu bisa menggunakan beberapa software untuk editing seperti Cover VideoStudio Pro, Kinemaster dan lain sebagainya untuk video. Kemudian untuk mengedit video kamu bisa menggunakan Adobe After Effect, Adobe Photoshop dan lainnya.

Baca Juga  4 Fitur Instagram Terbaru yang Sangat Menarik, Pengguna Wajib Tahu Nih!

Itu tadi peralatan untuk nge-vlog yang harus kamu tahu. Pastikan saat memilih peralatan ini kamu sudah mengecek kualitas peralatan tersebut, agar peralatan tersebut bisa bertahan lama untuk kamu gunakan saat nge-vlog.

Comment

Artikel Terkait