by

Begini Cara Mempercepat Loading Web Bagi Blogger Pemula?

Loading website yang terlalu lama adalah penyebab jumlah kunjungan berkurang, karena tidak ada satupun viewer yang sabar menunggu hal tersebut. Tentunya ini kerugian bagi si blogger itu sendiri. Maka dari itu, cara mempercepat loading web harus diketahui dan dipelajari.

Sebaliknya, loading website yang cepat akan membuat netizen tertarik untuk berkunjung. Bahkan situs tersebut akan dijadikan rujukan kalau artikel di dalamnya juga berkualitas. Oleh karena itu, blogger tidak cukup memprioritaskan pada konten saja, tetapi loading juga harus diperhatikan. Untuk itu silakan baca artikel ini sampai selesai.

Cara Mempercepat Loading Website

Bagi pengguna blog wordpres, maka sejatinya mempercepat loading website itu tidak sulit, bahkan tidak perlu menyewa jasa profesional yang mahal. Yang terpenting, blogger melakukan cara dengan benar saja, termasuk menyesuaikan dengan urutan-urutan tutorial yang tepat.

Di bawah ini terdapat beberapa cara mempercepat loading situs. Cara yang mudah dan cocok jika dilakukan oleh blogger pemula. Jadi, mari dibaca tutorial yang dimaksud:

1. Melakukan Pengecekan Kecepatan Website

Sebelum mulai melakukan proses percepatan loading, pastikan blogger mengecek dulu speed konvensional-nya. Jika sudah cepat, maka website tidak usah diutak-atik lagi. Namun kalau lamban, maka segera lakukan tindakan perbaikan sebelum pengunjung hengkang. Jadi cek dulu website Anda.

Untuk mengecek kecepatan website, blogger bisa menggunakan aplikasi tertentu. Jumlahnya cukup banyak, baik yang premium maupun yang gratisan. Cuma kalau ingin yang bagus, cobalah gunakanyang premium saja. Toh harganya tidak mahal dan dibayar satu kali saja.

2. Segera Hapus Plugin dan Tema

Plugin adalah aplikasi yang bisa digunakan untuk kesempurnaan website. Bisa dipastikan tanpa perangkat ini, website tidak akan pernah ada. Sedangkan jumlahnya sendiri mencapai ratusan aplikasi. Blogger bisa memilih lalu mengunggahnya ke dalam laman situs.

Baca Juga  Tips Berani Berbicara di Depan Umum yang Tidak Mungkin Gagal

Sayangnya, terlalu banyak plugin di dalam website juga tidak baik. Bahkan salah satu risikonya ialah loading akan lama hingga ada notifikasi eror. Jika kasus ini terjadi terus menerus, tentu kualitas website akan menurun, bahkan bisa terlempar dari Google Search Engine.

Jika di database website terdapat plugin yang tidak berguna, lebih baik dihapus saja. Begitu juga dengan tema yang jumlahnya mencapai ratusan. Ini untuk menjaga kecepatan website supaya tetap stabil. Jika memang ingin menggunakan, pakai yang memang dibutuhkan saja.

3. Aktifkan Fitur Minify

Di dalam website wordpres terdapat satu fitur yang diberi nama Minify. Salah satu fungsinya, adalah menghapus data dan karakter yang kurang fungsional. Tak hanya itu, tool juga mengurangi peran file front End dan Script yang telah menjadi sampah. Bisa dikatakan Minify adalah cara terbaik untuk meningkatkan kecepatan website.

Karena memiliki peran penting bagi kecepatan loading situs, Minify harus di-update secara berkala, sehingga blogger akan mendapatkan fitur yang memang berkualitas tinggi dan real time. Namun untuk memiliki fitur ini, website harus menggunakan domain dan hosting yang premium. Sedangkan untuk blog gratisan masih belum tersedia.

4. Gunakan Fitur Gzip Compression

Cara mempercepat loading website yang berikutnya, menggunakan fitur Gzip Compression. Ini merupakan sistem kompresi data supaya lebih ringan. Nah, untuk menggunakannya blogger harus mengaktifkan fitur Gzip terlebih dahulu. Jika aktif, baru data akan dipindahkan ke server lain dan akan dimunculkan jika ada perintah.

Kalau fitur ini sudah diaktifkan, maka data yang sebelumnya ada di website akan dipindah, sehingga ruang penyimpanan di sana lebih luas dan loading pun akan semakin cepat. Namun blogger tidak perlu khawatir. Karena data sejatinya tidak hilang, melainkan hanya berpindah ruang penyimpanan saja.

Baca Juga  Bagaimana Cara Menghapus Cache di Handphone Samsung?
5. Gunakan Gambar yang Ideal atau Lakukan Optimasisasi

Hati-hati dengan gambar yang berukuran besar dan berjumlah banyak, karena image semacam ini akan membuat website lemot bahkan hank. Apalagi jika gambar yang digunakan memiliki ukuran resolusi yang sangat tinggi, bukan tidak mungkin website benar-benar tidak bisa diakses sama sekali.

Wordpres memiliki satu fitur yang disebut Smush Image Compression. Salah satu fungsi dari fitur ini ialah melakukan optimasisasi seluruh gambar yang ada di situs. Dampaknya, loading website tetap lancar tanpa blogger harus menghapus gambar satu persatu. Jika loading masih lemot, mungkin penyebabnya bukan masalah gambar.

6. Pisah Artikel Panjang Menjadi Halaman-Halaman Tersendiri

Artikel panjang yang muncul dalam satu halaman menyebabkan terjadinya loading website lemot. Cara mengatasinya, cobalah pisah artikel menjadi halaman-halaman tersendiri. Sedangkan untuk membaca secara utuh, tinggal menekan tombol Reading Next saja. Ini cara termudah sekaligus membuat tampilan depan terlihat elegan.

Cara ini juga berlaku untuk konten yang selalu penuh dengan komentar. Daripada komentar tersebut memenuhi halaman depan, lebih baik konten dipisah saja. Nantinya, komentar akan muncul di bawah artikel yang otomatis muncul di halaman kedua. Akhirnya, halaman depan website lebih rapi, loading juga tidak terganggu.

7. Segera Upgrade Website ke Versi PHP

Jika website masih menggunakan sistem biasa, lebih baik segera upgrade ke versi PHP. Kabarnya, sistem ini lebih bagus dengan performa yang tinggi. Jika masih menggunakan PHP rendah, lebih baik upgrade ke sistem PHP yang lebih tinggi. Ini harus dilakukan terus menerus, sembari mencari sistem baru yang lebih hebat.

Jika membaca ulasan di atas, sejatinya cara mempercepat loading website itu sangat mudah. Bahkan sebagian bisa digunakan secara gratis (free). Untuk itu, silakan kelola website Anda sekarang juga. Dan pastikan loading-nya tidak lagi lelet melainkan super cepat.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Publikasi Terkait Lainnya