by

Begini Cara Jualan di Facebook Praktis dan Mudah

Media sosialmenjadi tempat paling banyak digunakan untuk melakukan promosi dan jual-beli produk atau yang lainnya karena efektif, efisien, dan murah. Salah satunya adalah Facebook, media sosial yang paling ramai pengguna untuk melakukan promosi dan kegiatan jual-beli.

Bagaimana cara jualan di Facebook? Kamu bisa melakukan langkah-langkah berikut ini.

1. Persiapkan Lapak Berbisnis

Kamu harus memiliki akun Facebook terlebih dahulu sebelum memulai jualan. Setelah itu, kamu bisa membuat halaman bisnis setelah masuk ke akun Facebook. Caranya adalah sebagai berikut.

  1. Pilih menu buat halaman atau pergi ke laman ini: https://www.facebook.com/pages/create/.
  2. Isi beberapa detail, seperti nama, kategori, dan keterangan.
  3. Langkah selanjutnya menekan tombol buat halaman, lalu mengisi foto profil dan foto sampul. Kamu bisa melewati bagian mengisi foto jika belum menyiapkannya.
  4. Setelah itu simpan halaman yang dibuat, selesai.
  5. Berikutnya, kamu perlu melengkapi identitas halaman bisnismu.
  6. Masuk halaman bisnis, lalu edit profil.
  7. Siapkan foto profil, sampul, deskripsi atau keterangan sebagian kecil bisnismu, info kontak untuk dihubungi dan tulis username brand.
2. Persiapkan Produk yang Ingin Dijual

Produk yang memiliki daya saing yang tinggi adalah produk yang berkualitas dan bermanfaat. Jika produkmu adalah makanan, kamu harus membuat rasanya menjadi lezat dan tentunya higienis, Jika produkmu adalah peralatan olahraga atau elektronik, sebaiknya tidak cepat rusak dan baik untuk digunakan dalam jangka panjang.

Namun, seperti apapun bentuk produkmu, tetap tunjukkan keunggulannya yang bisa menarik perhatian konsumen. Tunjukkan melalui gambar, teks, maupun video dari angel kamera yang tepat dan estetik.

3. Pasang Konten Terkait Bisnis

Cara jualan di Facebook atau manapun memerlukan konten sebagai bentuk promosi produk. Konten yang kamu pasang bisa berupa gambar, teks maupun video yang berkaitan dengan bisnismu.

Baca Juga  WhatsApp Unggah Soal Kebijakan Privasi Terbaru Lewat Status, Apa Isinya?

Konten ini bertujuan untuk menunjukkan keunggulan bisnismu dengan daya saing yang tinggi terhadap brand lainnya. Berikut adalah tips membuat konten untuk berbisnis.

1. Kenali masalah konsumen

Dengan mengenali permasalahan konsumen, kamu bisa membuat kata-kata yang menarik perhatian konsumen tentang keuntungan yang solutif yang dapat diperoleh konsumen untuk mengatasi permasalahan tersebut.

2. Ubah menjadi konten yang mengedukasi

Buat konten yang menceritakan tentang produkmu, mulai dari manfaatnya, keuntungannya, hingga sifatnya yang solutif. Praktikan produkmu untuk mendukung betapa memikatnya produkmu dengan segala keunggulannya.

3. Gunakan sistem promosi yang tepat

Kamu bisa memberikan promo untuk produkmu agar konsumen mau membeli dan mencoba produkmu. Strategi ini banyak digunakan karena mampu memperoleh perhatian banyak konsumen.

Selain itu, penggunaan sistem ini bisa membuat produkmu lebih mudah dikenal banyak orang. Yang terpenting, kamu memberikan promo yang tetap menguntungkan untuk bisnismu.

4. Pasang Iklan di Facebook

Atur budget iklan sesuai kebutuhan. Mungkin kamu akan membutuhkan sekitar 250 ribu hingga 1 juta rupiah di awal, hal itu sudah cukup bagus untuk memulai memasang iklan.

Cara memasang iklan di Facebook dengan mudah adalah dengan memilih boost post pada halaman jualanmu. Kamu juga bisa mengunjungi laman Facebook Ads Manager untuk memodifikasi tampilan, teks, target dan lain-lain di link berikut: https://www/facebook.com/adsmanager/creation .

Cara jualan di Facebook cukup mudah. Keahlian utama yang dibutuhkan oleh penjual di Facebook adalah mampu mengoperasikan Facebook dengan baik dan mengetahui fungsi-fungsi pada Facebook. Setelah itu baru mengatur kebutuhan lapak bisnis di Facebook dengan rapi.

Juga, jika ditambah rajin membuat konten untuk promosi dan pasang iklan, produkmu dapat dikenal banyak orang sehingga jangkauan lebih luas dan produk bisa laku dengan mudah. Selain cara terbaik di atas kamu juga bisa berjualan di marketplace yang tersedia juga di facebook.

Comment

Berikan Komentar Untuk Tulisan Ini

Artikel Terkait