by

Bagaimana Cara Merekam Suara Tanpa Aplikasi di Laptop? Simak juga Manfaatnya

Di Era Teknologi yang semakin canggih, kini merekam suara tidak perlu lagi repot-repot menggunakan mikrofon. Karena perangkat laptop pun sudah memiliki fitur untuk merekam suara. Sehingga tidak perlu mengunduh sebuah aplikasi tambahan. Beberapa cara merekam suara tanpa aplikasi di laptop ini, sebenarnya cukup  mudah untuk dilakukan.

Namun, tidak semua window memiliki fitur tersebut. Cara ini tentunya berbeda dengan merekam audio melalui bantuan sebuah aplikasi. Pasalnya, kamu tidak perlu repot-repot untuk mengunduh sebuah aplikasi tambahan untuk melakukan hal tersebut.

Cara Merekam Suara di Laptop Tanpa Aplikasi

Mungkin, sebelumnya untuk merekam sesuatu diperlukan sebuah aplikasi. Termasuk, merekam suara di laptop. Namun, seiring berkembangnya zaman, maka proses perekaman suara pada laptop yang beroperasi pun dapat dilakukan tanpa sebuah aplikasi tambahan.

Selain itu, penyimpanan dari laptop pun tidak perlu dikurangi karena menambahkan aplikasi tambahan. Ini tentunya, akan menghemat data internet maupun waktu yang digunakan pun lebih efisien, bukan? Maka, hal ini sangat menguntungkan bagimu. Inilah beberapa cara dalam merekam suara di  laptop!

Cara Pada Windows 8

Windows sudah menyediakan fitur perekaman suara tanpa aplikasi. Fitur ini sudah hadir pula di windows 8.1. Sehingga tidak diperlukan adanya aplikasi tambahan, hal ini tentunya akan lebih memudahkan. Simak cara merekam suara di laptop windows 8 di bawah ini!

  • Klik menu windows yang terletidak di bagian pojok kiri bawah.
  • Ketik sound record pada kolom pencarian.
  • Klik
  • Selanjutnya, aplikasi perekam suara akan terbuka.
  • Klik tombol mikrofon untuk memulai merekam suara.
  • Untuk melakukan pause, klik tombol yang kecil yang ada di bawah.
  • Terdapat pula tombol stop untuk menghentikan rekaman dan secara otomatis akan tersimpan.
  • Klik daftar rekaman untuk mendengarkan hasilnya.
  • Rekaman sudah bisa didengarkan.
Baca Juga  Cobalah untuk Berolahraga Saat Puasa dan Dapatkan Semua Manfaatnya

Cara-cara di atas pun dapat dilakukan untuk windows 7. Kini, melakukan rekaman suara memang menjadi lebih mudah dengan disediakannya fitur sound recording. Namun, perekaman suara tanpa aplikasi ini terkadang masih menimbulkan noise.

Cara Pada Windows 10

Perekaman suara dapat dilakukan pula di windows 10 tanpa menggunakan aplikasi. Pada windows 10, perekaman suara dapat dilakukan sambil membuka aplikasi lain secara bersamaan. Simak cara merekam suara di laptop windows 10 di bawah ini!

  • Tekan menu windows di pojok kiri bawah. Atau, klik tombol windows yang ada pada keyboard.
  • Cari voice recorder pada kolom pencarian.
  • Aplikasi perekaman suara akan segera terbuka.
  • Klik ikon mikrofon yang terletidak di kiri bawah.
  • Selanjutnya, perekaman suara akan dimulai.
  • Untuk menjeda perekaman, klik tombol pause yang ada di bawah.
  • Di perekaman suara ini, terdapat pula fitur add a marker dengan mengklik ikon bendera di sebelah tombol pause.
  • Untuk menghentikan rekaman, klik tombol besar yang ada di tengah. Rekaman akan tersimpan secara otomatis.
  • Hasil rekaman akan terlihat di daftar sebelah kiri.
Manfaat

Pertanyaan, manfaat dari merekam sebuah audio pada laptop yang sedang beroperasi, memang gunanya untuk apa. Hal ini, sebenarnya merupakan pertanyaan umum. Sudah sepantasnya, ketika melakukan sesuatu itu ada manfaatnya. Maka, inilah manfaat dari merekam audio tanpa aplikasi!

1. Dapat didengarkan ulang untuk pribadi

Ketika sedang meeting atau saat berlangsungnya sebuah kelas, fokus sesuai terkadang mudah sekali buyar. Sehingga, ketika rekan kerja atau dosen berbicara, maka tidak terlalu fokus. Inilah yang menyebabkan miskomunikasi.

Maka dengan merekam seluruh pembicaraan, ketika hal tersebut berlangsung itu dapat menjadi pengingat. Kamu pun dapat mendengarkannya kembali untuk kebutuhan pribadi. Sehingga, kamu lebih memahami apa yang telah disampaikan.

Baca Juga  Dijamin Berkesan! Ini 10 Referensi Kado untuk Teman yang Selesai Sidang Skripsi
2. Dapat dijadikan konten

Manfaat berikutnya yang akan didapatkan adalah menjadikan hasil rekaman tersebut sebuah konten. Nah, konten ini bisa berupa ilmu-ilmu komputer, memasarkan produk, game, tutorial dan hal sebagainya, sehingga hal tersebut sangat dibutuhkan.

Sebagian para youtuber pun sering menggunakan hal tersebut. Untuk menunjang konten-konten yang dibuat oleh orang-orang yang bersangkutan. Hingga akhirnya, rekaman ini dapat membantu para penyedia konten, baik untuk disajikan di youtube maupun di akun sosial media.

3. Dapat dijadikan bahan materi

Di samping kedua hal tadi, manfaat dari merekam suara di laptop tanpa aplikasi, yaitu dapat dijadikan bahan materi. Biasanya, ketika mencari materi beberapa audio yang dibutuhkan untuk sebuah presentasi, bisa direkam untuk menunjang keabsahan suatu materi.

Dengan begitu, presentasi pun jauh lebih mudah. Hal ini dikarenakan, kamu hanya tinggal menambahkan materi atau menyimpulkan dari audio yang telah diputar tersebut. Sehingga, materi yang disampaikan pun lebih mudah dipahami.

4. Untuk Belajar

Apakah kamu kesulitan berkonsentrasi, ketika dosen atau rekan kerja menjelaskan suatu hal? Karena media yang digunakan berupa zoom maupun yang lainnya. Kamu bisa memanfaatkan fitur ini untuk merekam seluruh aktivitas tersebut.

Dengan begitu, kamu bisa memahami lebih jauh lagi mengenai pembicaraan atau pun materi yang disampaikan saat meeting maupun belajar. Selain itu, kamu bisa mengulang tanpa batas audio tersebut. Apabila mendengarkan sekali saja, tidak cukup untuk memahaminya.

Terdapat beberapa cara merekam suara tanpa aplikasi di laptop. Namun, hanya bisa dilakukan di Window 8 (meskipun dapat dilakukan pada Windaw7) dan Window 10. Sehingga, tidak bisa merekam audio apabila window yang digunakan bukanlah kedua window tersebut.  Selain itu, merekam audio di laptop pun memiliki manfaat untuk lebih memahami sebuah informasi.

Comment

Artikel Terkait