by

Aplikasi Launcher Android yang Bikin Ponsel Terlihat Elegan

Kalau Anda merasa tampilan default (bawaan) android tidak menarik, maka sekarang Anda sudah bisa merubah tampilan ponsel agar menjadi lebih keren. Namun untuk merubah interface android tersebut, Anda harus menggunakan software khusus yang diberi nama aplikasi launcher android. Perangkat pihak ketiga inilah yang akan menjadi solusi bagi Anda yang ingin membuat tampilan HP menjadi lebih elegan.

Terdapat banyak aplikasi launcher android yang bisa dicoba. Namun, Anda harus memilih yang berkualitas, gratis serta cara penggunaannya tidak sulit. Untuk itu, di bawah ini terdapat beberapa aplikasi yang bisa dicoba dengan kategori seperti yang disebutkan di atas. Jadi, silakan dibaca ini list-nya:

1. Nova Launcher

Nova Launcher merupakan software launcher handphone gratisan yang memiliki fitur cukup lengkap. Bersama aplikasi ini, Anda akan serasa memiliki HP android tipe baru yang akan membuat Anda lebih bersemangat ketika mengoperasikannya. Oleh sebab itu, daripada menggunakan ponsel dengan interface bawaan, mending unduh saja aplikasi ini sekarang juga.

Bersama Nova Launcher, Anda bisa mengubah tampilan ponsel sedemikian rupa. Seperti memasukkan mode gelap, mengubah jenis ikon hingga mengubah model toggle. Luar biasanya, segala macam perubahan interface tidak akan memberatkan memori serta tidak akan membuat ponsel hank.

Pihak developer telah merilis dua varian Nova Launcher dengan kualitas setara. Yang pertama Nova launcher Free dan yang kedua Nova Launcher Prime. Nah, untuk aplikasi yang kedua, Anda harus membayar terlebih dahulu kalau ingin menggunakannya. Sedangkan kelebihannya terdapat pada fitur pengaturan interface yang jauh lebih lengkap.

2. Smart Launcher

Sesuai dengan namanya Smart Launcher adalah aplikasi pengubah tampilan android yang sangat pintar. Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda bisa mengubah template UI android sesuai keinginan. Dan jangan khawatir, semua template yang digunakan telah adaptabel dengan banyak image dan font (huruf). Jadi Anda tidak perlu mengunduh lagi dari luar aplikasi.

Baca Juga  Ini Dia Beberapa Fungsi Website Sekolah

Salah satu keunggulan Smart Launcher ialah semua ikon aplikasi yang Anda unduh akan terkategorikan secara otomatis. Sehingga, Anda bisa menggunakannya dengan lebih mudah, dan tampilan ikon aplikasi di layar ponsel menjadi lebih rapi. Jadi, kalau menggunakan aplikasi ini, sebanyak apapun aplikasi yang diunduh, tidak akan membuat tampilan ponsel Anda terlihat penuh.

Untuk versi gratisan, aplikasi Smart Launcher tidak mengusung fitur yang lengkap. Namun masih cukup baik jika hanya ingin membuat tampilan ponsel menjadi lebih minimalis dan nyaman di mata. Namun, kalau ingin menggunakan tampilan yang lebih elegan, maka gunakan aplikasi Smart Launcher versi premium. Dan jangan khawatir, biaya untuk pengunduhannya cukup terjangkau.

3. Action Launcher

Aplikasi Launcher android berikutnya yang juga sering digunakan oleh pengguna HP android adalah aplikasi Action Launcher. Di sini, Anda tetap mendapatkan tampilan UI android default, tetapi untuk setting atau pengaturan sudah bisa dilakukan secara mandiri. Anda bisa mengubah image maupun font secara bebas untuk membuat interface HP yang berbeda.

Salah satu keunggulan dari Action Launcher adalah aplikasi sudah terhubung dengan Google Discover. Jadi kostumisasi interface menjadi lebih pakem tanpa harus berpindah dari aplikasi launcher yang satu ke aplikasi yang lain. Anda tinggal memilih saja jenis tampilan ponsel seperti apa yang diinginkan.

Sekalipun memiliki fitur kostumisasi yang cukup lengkap, ternyata aplikasi Action launcher memiliki ukuran memori yang sangat ringan. Sehingga Anda bisa melakukan setting tampilan tanpa android harus mengalami error. Daya baterai juga tidak banyak terkuras serta tidak akan membuatnya cepat panas.

4. Niagara Launcher

Ada banyak keunggulan dari aplikasi pengubah tampilan android Niagara Launcher. Salah satunya ialah Aplikasi akan melindungi ponsel dari bloatwere yang akan mengacaukan tampilan ponsel. Dengan keunggulan ini, Anda bisa menggunakan ponsel dengan lebih nyaman dan aman.

Baca Juga  Fashion: Wanita Harus Tahu Jenis-Jenis Atasan yang Selalu Trendi

Aplikasi Niagara Launcher juga bakal mengkategorisasikan seluruh ikon aplikasi sesuai persentase pemakaian pengguna. Misal, jika Anda sering membuka aplikasi WA dan Facebook, maka otomatis ikon dari dua aplikasi ini akan muncul di interface terdepan. Sehingga ketika Anda akan mengoperasikannya kembali menjadi lebih mudah.

Bersama Aplikasi Niagara Launcher, Anda bisa menghapus seluruh aplikasi yang tidak digunakan dengan menggunakan satu jari saja. Begitu juga dengan aplikasi default yang mana pihak pengembang sudah menyertakan trik untuk bisa menghapusnya melalui aplikasi ini. Maka dari itu, jika Anda tergolong penyuka ponsel dengan tampilan minimalis, maka silakan pakai aplikasi ini saja jangan yang lain.

5. Microsoft Launcher

Jika ingin menggunakan aplikasi launcher android yang sudah terintegrasi dengan Microsoft, maka pilih saja Microsoft Launcher. Kalau menggunakan aplikasi ini, Anda bisa melakukan kostumisasi tampilan android tidak hanya melalui ponsel tetapi juga melalui komputer dan laptop. Itu artinya, Anda bisa melakukan pengaturan tampilan handphone dari jarak jauh.

Sayangnya, aplikasi Microsoft Launcher hanya adaptabel dengan komputer Windows 10 ke atas saja. Sedangkan untuk Windows di bawahnya, masih belum bisa digunakan. Maka dari itu, segera miliki komputer dengan windows yang dimaksud supaya Anda bisa mengubah tampilan android sesuai keinginan.

Aplikasi launcher android yang telah dijelaskan di atas, adalah solusi alternatif bagi Anda yang tidak ingin memiliki interface ponsel membosankan. Maka dari itu, silakan unduh sekarang juga dan pilih salah satu aplikasi yang sekiranya menarik, lengkap dan gratis. Untuk aplikasinya bisa Anda cari melalui Google Play Store maupun di Google Browser.

Penulis : Agus Heriyanto

Gravatar Image
Saya adalah seorang penulis artikel online yang telah menekuni profesi selama 8 tahun lebih. Ini Saya lakukan semata untuk memberikan informasi yang berharga kepada seluruh pembaca online di seluruh Indonesia.

Comment

Artikel Terkait