by

Apa sih Manfaat dan kerugian Cache Sebenarnya?

Istilah cache mungkin sudah familiar terdengar, bukan? Hal ini dikarenakan file ini sering muncul dalam penyimpanan dan dianggap sampah. Inilah yang menyebabkan cache sering di hapus dari perangkat, baik laptop, tablet, maupun handphone. Lalu apa Manfaat dan kerugian Cache sebenarnya?

Pengertian

Sebelum membahas hal tersebut lebih jauh, sebaiknya pengertian cache dipahami terlebih dahulu. Sehingga, tidak menimbulkan kebingungan. Cache merupakan sebuah data yang berasal dari berbagai halaman yang sering dipakai oleh pengguna internet. Halaman ini baik berupa browser, situs, maupun sebuah aplikasi.

Biasanya, cache ini tersimpan secara sementara di perangkat yang kamu gunakan. Selain itu, data ini bisa dihapus kapanpun kamu mau. Namun, cache akan langsung tersimpan dalamĀ  perangkat yang kamu gunakan. Meskipun tanpa persetujuanmu.

Seorang Director of system Engineering dari F5 Network yang bernama Tristan Liverpool, membandingkan cache dengan sebuah perjalanan. Dimana ketika akan melakukan perjalan ke sebuah tempat, otak akan merekam hal tersebut.

Sehingga ketika kamu akan ke tempat tersebut, otomatis kamu mengetahuinya. Hal tersebut sama hal nya dengan cache. Maka, ketika akan menelusuri sesuatu yang sama pada sebuah halaman, akan lebih mudah. Karena akan langsung diarahkan pada halaman yang kamu maksud.

Manfaat Cache

Meskipun dari pengertiannya sudah dijelaskan terdapat manfaat dari cache ini, tetapi belum dibahas secara lebih rinci. Beberapa manfaat dari Cache yang bisa kamu dapatkan diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Kinerja cepat

Pernahkah kamu memasuki sebuah halaman pada saat pertama berkunjung berbeda dengan kedua kalinya berkunjung? Hal tersebut dikarenakan pengaruh keberadaan cache. Keberadaanya, membuat kecepatan mengunjungi halaman lebih cepat dibandingkan sebelumnya. Hal ini karena penelusuran ke halaman tersebut sudah tersimpan sementara pada perangkat yang digunakan.

Baca Juga  5 Aplikasi Penambah Suara Laptop Paling Rekomended

Kamu tidak perlu lagi menunggu seperti saat pertama kali mengunjungi sebuah situs. Terutama, apabila yang kamu gunakan merupakan keyword yang panjang untuk mencari informasi yang dibutuhkan. Cache akan langsung memperlihatkan keyword yang sebelumnya kamu ketik.

2. User Experience

Cache pun turut serta dalam menaikan User Experience dalam sebuah situs maupun blog. Pasalnya, tanpa adanya cache maka secara otomatis tulisan, gambar, maupun hal lainnya akan secara otomatis terunduh ke dalam perangkat. Jika hal tersebut terjadi, tentu membuat kamu yang berkunjung pada blog tersebut merasa tidak nyaman, bukan?

Manfaat dari cache bukan hanya dirasakan oleh kamu sebagai pengunjung blog, tetapi bagi bloggernya sendiri. Hal ini dikarenakan persentase dari bounce rate dapat ditekan sehingga rate yang didapatkan rendah.

3. Hemat Data

Cache pun ternyata dapat membuat kamu lebih hemat data internet ketika membukanya. Sehingga untuk membuka informasi yang sama, data yang dibutuhkan tidak terlalu banyak. Hal ini berlaku ketika berselancar di mesin pencarian maupun aplikasi.

Kenapa ini bisa terjadi? Ini dikarenakan data halaman yang dituju sebelumnya masih tersimpan. Dengan demikian, tidak memerlukan data internet untuk mengunduh data yang dibutuhkan secara terus menerus.

Kerugian Cache

Tidak dipungkiri, bahwa sesuatu pasti memiliki dua sisi. Begitu Pula dengan cache. Di samping memiliki manfaat yang telah dibahas, ternyata cache pun memiliki resiko kerugian. Inilah beberapa kerugian dari cache:

1. Rawan Peretasan

Hal ini mungkin sedikit membuat bingung, mengapa cache dapat membuat resiko akun pribadi mudah diretas. Hal ini dikarenakan data pribadi yang tersimpan di cache akan mudah terbaca oleh orang yang tidak memiliki tanggung jawab. Sehingga, digunakan untuk hal-hal yang merugikan para pemilik akun.

Baca Juga  Mengenal aplikasi snackvideo: Aplikasi untuk Dapat uang Secara Instan?

Dari mulai akun sosial media bahkan sampai akun bank. Tidak hanya kerugian secara finansial, bahkan kerugian secara non-material pun akan dirasakan oleh para korban peretasan data tersebut. Sehingga, perlu hati-hati.

2. Penyimpanan mudah penuh

Cache pun yang dibiarkan menumpuk pun, ternyata dapat memenuhi memori perangkat. Baik handphone, laptop, tablet, maupun computer. Seperti yang telah diketahui, bahwa cache memang tidak mudah diidentifikasi kapan masuknya.

Karena masuknya data ini, cenderung tidak disadari oleh para pengguna internet. Hal ini wajar adanya, sebab cache merupakan sebuah penyimpanan data yang diperoleh dari mesin pencarian maupun aplikasi.

Selain itu, biasanya langsung terunduh secara otomatis ketika membuka sebuah halaman. Inilah yang menyebabkan, cache membuat penyimpanan mudah penuh. Terutama, bagi kamu yang memiliki keterbatasan dalam penyimpanan di perangkatnya. Ini sangat tidak nyaman, bukan?

3. Error sering terjadi

Cache pun menyebabkan seringnya terjadi error pada sebuah aplikasi. Meskipun, hal ini jarang terjadi sehingga menyebabkan terhambatnya sebuah tujuan. Namun, hal ini patut untuk diperhatikan, terutama dalam upaya meningkatkan sebuah performa.

Mengapa hal ini terjadi? Hal ini karena cache yang ada pada sebuah aplikasi bertabrakan. Selain itu, hal tersebut pun menyebabkan sistem tidak berhasil membaca data yang disimpan pada aplikasi tersebut. Tentu kelemahan dari cache ini, menghambat kecepatan dari sebuah aplikasi.

Maka, jika cache sudah menumpuk sebaiknya, kamu hapus. Penghapusan cache dapat dilakukan secara parsial untuk masing-masing aplikasi, situs, maupun browser. Penghapusan cache secara berkala, dapat membuat memori perangkat dapat sedikit banyaknya berkurang. Selain itu, dapat memberikan space untuk kebutuhan-kebutuhan yang lebih penting.

Dari informasiĀ  di atas, dapat disimpulkan bahwa cache merupakan sebuah data yang diperoleh dari penelusuran sebuah situs maupun aplikasi. Data tersebut tersimpan dalam sebuah perangkat yang digunakan untuk penelusuran tersebut. Selain itu, Cache pun memiliki beberapa manfaat sekaligus kerugian yang dapat berdampak kepada finansial maupun non-material.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Publikasi Terkait Lainnya