by

Apa Saja Perbedaan Mouse Wireless dengan Kabel? Lengkap Beserta Tips Memilihnya!

Seiring perkembangan zaman yang semakin maju, maka mouse pun mengalami revolusi. Dimana pada awalnya, yang dikenal hanya yang kabel. Namun, seiring berjalannya waktu mouse pun ada yang wireless. Perbedaan mouse wireless dengan kabel dapat dilihat dari fungsinya.

Perbedaan Mouse Wireless dengan Kabel

Mouse sering digunakan untuk menunjang pekerjaan yang dilakukan di laptop atau di komputer. Pasalnya, dengan bantuan mouse pekerjaan lebih mudah dilakukan.

Ada dua macam mouse, dimana perbedaan mouse wireless dengan kabel dapat dibedakan dengan mudah sebenarnya. Hal ini dikarenakan perbedaan itu sangat menonjol di bagian bentuknya. Untuk lebih jelasnya, inilah beberapa perbedaanya!

1. Praktis

Dari segi ini, sebenarnya yang paling unggul adalah mouse wireless, dibandingkan dengan mouse kabel. Pasalnya, dapat menggunakan mouse tanpa repot dengan kabelnya. Dimana, mouse kabel berfungsi dikarenakan dapat terhubung dengan laptop dan mouse itu dari kabel. Sementara, yang wirlles itu menggunakan usb beserta baterai.

Bahkan ketika akan bepergian pun, mouse jenis ini sangat mudah dibersihkan dan disimpan dalam koper atau tas. Kamu pun tidak perlu menggulung-gulung kabel dari mouse terbunuh. Sehingga, wajar apabila mouse jenis ini banyak diminati oleh berbagai kalangan.

2. Jangkauan

Mouse dengan jenis wireless dapat dikatakan lebih stabil maupun handal daripada mouse kabel. Pasalnya, mouse jenis wireless memiliki frekuensi sebesar 2.4 GHz, dan hal inilah yang menyebabkan jangkauan dapat difungsikan sejauh kurang lebih 10 meter.

Sementara, mouse kabel tidak dapat menjangkau dengan jarak seperti itu. Hal ini dikarenakan terbatas oleh kabel. Maka, mouse jenis ini hanya dapat berfungsi sejauh Panjang kabelnya saja. Sehingga tidak dapat digunakan secara bebas dibandingkan jenis mouse wireless.

Baca Juga  Susah Atur Diet? Coba Lakukan 6 Cara Menurunkan Berat Badan secara Alami Berikut Ini
3. Hemat Energi

Untuk energi, sebenarnya lebih hemat mouse kabel. Hal ini dikarenakan jenis mouse ini hanya perlu dimasukkan sambungannya ke laptop.

Dengan begitu, mouse dapat digunakan untuk membantu segala pekerjaan yang sedang kamu lakukan. Sementara, mouse wireless membutuhkan baterai untuk mengoperasikannya.

Untuk baterai yang biasa dipakai oleh mouse ini adalah baterai yang digunakan untuk jam dinding. Namun, ada beberapa mouse yang memang menggunakan batu lebih kecil dibandingkan dengan batu jam. Dengan demikian, mouse jenis ini membutuhkan energi tambahan untuk membuatnya dapat berfungsi dengan baik.

4. Penggunaan Mouse

Mouse kabel maupun wireless cocok digunakan untuk berbagai kebutuhan. Termasuk untuk bermain game. Namun, ada beberapa yang menyarankan menggunakan mouse kabel untuk bermain game.

Alasannya, kamu tidak perlu khawatir apabila baterai mouse habis. Tentu jika hal terjadi akan menjadi sebuah gangguan yang fatal ketika game sedang berlangsung dimainkan.

Akan tetapi ada pula yang menyarankan menggunakan wireless karena gerakmu tidak akan terbatas, minim terjadi delay terhadap kursor dan lebih praktis. Meskipun, sebenarnya harus menggunakan energi tambahan seperti baterai.

Hal ini tergantung kenyamanan kamu. Pasalnya, setiap orang memiliki kenyamanan tersendiri, meskipun ada beberapa yang menyanggah hal tersebut.

Tips Memilih Mouse Wireless Maupun Kabel

Ada beberapa tips yang perlu diperhatikan ketika memilih mouse, untuk membantu segala pekerjaan yang dilakukan menggunakan laptop maupun komputer. Sehingga, meminimalisir terjadinya momen yang tidak mengenakan. Seperti mouse rusak padahal baru digunakan beberapa hari. Untuk tipsnya, kamu dapat melakukan ini!

1. Tentukan kebutuhan

Seperti yang sudah dijelaskan di atas mengenai perbedaan kedua mouse ini, maka setiap mouse memiliki keunggulan tersendiri. Jika kebutuhan kamu lebih kepada praktis maka mouse wireless cocok untuk kamu.

Baca Juga  5 Tips Investasi Properti Bagi Pemula

Akan tetapi jika kebutuhan kamu untuk menghemat energi atau tidak ingin membeli alat tambahan, maka mouse kabel cocok kamu pilih. Begitu pun dengan kebutuhan-kebutuhan lainnya. Sehingga dengan menetapkan hal tersebut, kamu dapat memilih mouse yang sesuai dengan mu.

2. Cek dan coba

Apabila kamu hendak membeli produk mouse, cobalah untuk mengeceknya di tempat. Dengan begitu, kamu dapat memastikan,apakah produk tersebut dapat berfungsi dengan baik atau tidak. Cek pula bagian-bagian mousenya, sehingga tidak ada yang cacat.

Namun, jika kamu membelinya di market place, maka pastikan ketika membukanya hal tersebut direkam. Dengan begitu, jika alat tersebut tidak berfungsi, itu dapat dikembalikan kepada penjualnya. Itu akan memudahkan kamu untuk mengajukan komplain dan pengembalian barang atau uang.

3. Perhatikan merk atau brand

Sebelum membeli mouse pastikan kamu sudah mencari tahu brand atau merk apa yang ingin kamu beli. Pasalnya, brand atau merek akan mempengaruhi kualitas dari produk tersebut. Meskipun sebenarnya, produk yang di jual sama, tetapi memiliki kualitas yang berbeda.

Kamu dapat mencari mouse apa yang ingin kamu beli terlebih dahulu. Setelah itu, carilah brand atau merk apa yang mengeluarkan produk dengan kualitas bagus. Biasanya, terdapat beberapa rekomendasi dengan harga yang bervariasi juga. Selain itu, ketika membeli pastikan merk atau brand yang kamu beli adalah asli.

4. Tanyakan garansi

Setiap produk yang asli biasanya memiliki masa garansi dari perusahaan. Namun, biasanya toko pun menyediakan garansi yang berasal dari toko itu sendiri. Hal ini sangat penting ditanyakan, pasalnya apabila ada kerusakan, kamu akan lebih mudah mengembalikannya.

Pastikan pula ketika menukar barang, masa garansinya masih berlaku sehingga barang dapat diganti dengan yang baru. Selain itu, jelaskan pula alasan kamu mengembalikan barang tersebut dengan jelas. Sehingga pihak penjual memahami dengan detail yang menjadi permasalahannya.

Baca Juga  Efektif! Inilah 6 Cara Mengatur Keuangan Bagi Pasangan Baru

Perbedaan mouse wireless dengan kabel memang dapat dibedakan dari bentuk, jangkauan, kepraktisan, maupun fungsi. Selain itu, untuk menemukan mouse yang bagus, kamu perlu memperhatikan beberapa hal diantaranya, brand atau merk, garansi, mengecek produk dan menyesuaikannya dengan kebutuhan.

Comment

Artikel Terkait