by

Apa Itu Water Heater? Mari Cari Jawabannya di Sini

Saat ini kebutuhan masyarakat terhadap water heater begitu besar dan mendesak. Bahkan, hotel yang paling mahal sekalipun tetap membutuhkan perangkat ini, demi memanja pelanggan utamanya mereka yang suka dengan air panas. Pertanyaannya adalah, apa itu water heater? Serta apa alasannya sampai water heater begitu dibutuhkan oleh orang banyak termasuk orang Indonesia?

Nah, kalau pembaca ingin mengetahui terkait water heater, maka di sini ada penjelasannya yang lengkap. Selain akan menjelaskan tentang definisi, kami juga akan menjabarkan terkait tips mendapatkan water heater yang aman dan berkualitas tinggi. Untuk itu silakan disimak ini ulasan selengkapnya:

Apa Itu Water Heater?

Water Heater merupakan mesin penyalur air panas yang biasanya digunakan untuk shower dan bathtub baik dengan selang fleksibel maupun yang menggunakan selang biasa. Mesin ini sangat dibutuhkan bahkan hotel-hotel berbintang pun sudah banyak yang menggunakannya, karena ini juga terkait dengan pelayanan pelanggan. Kalau tanpa air panas, bisa dikatakan hotel tersebut kurang bonafid dan tidak layak dibanderol dengan harga mahal.

Mesin water heater telah menjadi kebutuhan kamar mandi dan dapur yang dominan, bahkan telah menjadi penunjang estetika ruang dari keduanya. Seindah apapun desain dapur dan kamar mandi, tetapi tidak ada mesin penghangat air (water heater) tentu penilaian terhadap desain tersebut menjadi berkurang, mungkin juga kurang layak disebut dapur dan kamar mandi yang multifungsi.

Tips Memilih Water Heater yang Bagus

Sekalipun termasuk perangkat kamar mandi dan dapur yang utama, si pengguna tetap tidak boleh memilih mesin yang asal ada, melainkan harus memilih yang benar-benar berkualitas. Paling tidak, yang sekiranya mesin tersebut bisa digunakan untuk waktu yang lama serta aman digunakan. Oleh karena itu, silakan baca list berikut yang berisi tips untuk memilih water heater yang bagus. Ini dia ulasannya:

Baca Juga  Inilah 7 Hal yang Wajib diketahui Sebelum Umur 25 Tahun!
1. Tentukan Jenis Water Heater Terlebih dahulu

Produk water heater terdiri dari beberapa jenis di antaranya ada water heater listrik, water heater gas dan water heater solar. Jenis-jenis ini memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing, sehingga pengguna harus benar-benar memilih yang tepat.

Selain itu, jenis water heater di atas memiliki tempat penyimpanan air yang berbeda-beda, ada yang penyimpanan menggunakan tangki tetapi juga ada yang tidak menggunakan tangki. Jika kebutuhan water heater untuk pemakaian yang besar misal seperti hotel dan asrama, maka silakan gunakan water heater dengan penyimpan air menggunakan tangki.

2. Pilih Ukuran Tangki yang Sesuai dengan Jumlah Pengguna

Untuk mesin water heater rumahan, lebih baik pengguna memilih water heater yang media penyimpanannya berupa tangki bukan yang lain. Walaupun demikian, pengguna tetap harus memilih tangki yang ukurannya memang ideal termasuk harus disesuaikan terlebih dahulu dengan jumlah pengguna di rumah tersebut.

Jika ukuran tangki terlalu besar sedangkan jumlah pengguna tidak banyak, tentu resikonya saluran air panas dari tangki ke mesin akan sangat lambat sehingga kebutuhan akan air panas juga terhambat. Sebaliknya, kalau menggunakan tangki yang berukuran kecil, kebutuhan akan air panas juga terlalu sedikit bahkan pengguna harus melakukan pengisian berkali-kali dalam satu hari.

3. Beli Mesin Water Heater yang Bergaransi

Sudah dijelaskan di atas yang berupa jawaban dari pertanyaan apa itu water heater, bawah water heater merupakan mesin pemanas air untuk kamar mandi dan dapur. Oleh karena selalu berisi air panas, tentu risiko mesin ini mengalami kerusakan sangat besar sekalipun harga belinya sangat mahal.

Maka dari itu, silakan pilih mesin water heater yang memang bergaransi minimal 10 tahun, sehingga kalau ada kerusakan bisa diganti dengan mesin yang baru. Bisa juga dengan meminta garansi perbaikan secara gratis untuk waktu-waktu tertentu, demi meminimalisir kerugian dari pihak pengguna yang sudah mengeluarkan biaya pembelian yang cukup besar.

Baca Juga  Ingin Sukses dan Terkenal? Inilah Syarat Jadi Influencer Beserta Tips Suksesnya
4. Pilih Water Heater dengan Sistem Keamanan Berlapis

Yang perlu diperhatikan dari water heater bukan daya tahannya saja, tetapi juga sistem keamanannya dan kalau bisa silakan pilih mesin dengan sistem keamanan berlapis. Dengan adanya sistem yang canggih ini, pengguna akan terhindar dari resiko kebocoran gas serta korsleting listrik. Apalagi water heater merupakan mesin yang selalu mensuplai air panas setiap hari dengan suhu tertentu.

Keamanan mesin water heater juga terkait dengan bahan yang digunakan yang sekiranya tidak akan merusak air. Termasuk juga mesin yang harus terbuat dari bahan anti korosi untuk menghindari adanya zat berbahaya di dalam air panas, yang akan sangat berisiko kalau sampai terkena badan. Oleh sebab itu, keamanan mesin water heater harus menjadi prioritas utama sebelum pengguna mulai menjatuhkan pilihan.

5. Sebelum Membeli Water Heater, Periksa Dulu Daya Listrik di Rumah

Water heater merupakan mesin penyuplai air panas yang membutuhkan energi listrik dengan kapasitas cukup tinggi. Energi minimal ialah 330 Volt untuk sekali hidup dan akan lebih tinggi lagi kalau pemakaian mesin begitu intensif. Untuk itu, pengguna harus benar-benar memperhatikan daya sebelum mulai membeli mesin.

Jika pengguna salah memilih mesin water heater karena tidak sesuai dengan daya listrik, tentu sekali hidup, listrik akan terjadi korsleting. Yang ada, aktivitas lain di rumah menjadi terganggu seperti memasak di rice cooker, internetan via wifi, menyetrika dengan setrika listrik dan aktivitas yang lainnya.

Bagaimana, sudah tahu jawaban dari pertanyaan apa itu water heater? Nah, selanjutnya adalah pengguna harus menerapkan tips memilih mesin water heater di atas, supaya mendapatkan mesin yang memang berkualitas tinggi dan aman. Sehingga, mesin bisa digunakan dengan nyaman dan irit hingga puluhan tahun.

Comment

Artikel Terkait