by

Apa Alasan Kartu SD Tidak Terbaca?

Memori eksternal atau SD Card, merupakan salah satu perangkat yang cukup penting dan dibutuhkan. Meskipun saat ini banyak ponsel yang memiliki kapasitas memori internal besar. Seringkali terdapat kasus kartu tidak terdeteksi, sehingga kamu perlu tahu alasan kartu SD tidak terbaca.

Kartu SD tetap digunakan untuk menghemat penyimpanan internal sebuah ponsel. Sehingga, wajar saja apabila keberadaannya masih digunakan oleh sebagian orang. Dengan begitu, kamu bisa menyimpan berbagai file maupun aplikasi dalam ponsel tanpa menggunakan penyimpanan internal handphone.

Penyebab Kartu SD Tidak Terbaca

Kegunaan dari kartu SD memang dapat membantu kamu menyimpan berbagai file di handphone, dengan tidak mengurangi penyimpanan internal. Namun, ada beberapa masalah ketika kamu menggunakan kartu SD. Salah satunya adalah kartu SD tidak terbaca. Inilah beberapa alasan kartu SD tidak terbaca di handphone yang digunakan!

1. Disebabkan karena Kartu SD tertutup oleh kotoran menjadi penyebab

Alasan pertama yang menyebabkan kartu SD tidak terbaca di ponsel yakni karena terdapat penumpukan kotoran. Kotoran tersebut dapat berupa tumpukan debu atau terdapat benda lain yang menempel dan menghalangi.

Kotoran seperti debu atau benda asing yang menempel di bagian chip select (kuningan), dapat menyebabkan sistem dari ponsel sulit untuk membaca data. Sehingga, perlu diperhatikan mengenai kebersihan dari memori eksternal kamu.

2. Fisik dari memory Card rusak menjadi alasan kenapa kartu SD tidak terbaca

Penyebab selanjutnya yang menjadi alasan kenapa kartu SD tidak terbaca yakni terdapat kerusakan fisik dari memory Card. Kerusakan tersebut dapat berupa terjadi keretakan atau terdapat komponen yang patah, dapat mengakibatkan kerusakan permanen, sehingga semua data yang terdapat di dalamnya jadi hilang.

Baca Juga  Cara Membuat Google Form Dengan Mudah

Kerusakan permanen yang terjadi pada memory Card, akan sulit untuk diperbaiki. Sehingga, kemungkinan untuk terbacanya suatu data di ponsel sangatlah minim. Kamu perlu memperbaikinya untuk dapat mengaksesnya.

3. Slot dari memory card rusak menyebabkan kenapa kartu SD tidak terbaca

Untuk mengetahui apakah kartu SD kamu rusak atau tidak, cobalah untuk memasangkannya di perangkat lain. Jika seluruh data di dalamnya dapat terbaca, maka ada kemungkinan bahwa permasalahannya terdapat pada slot memory card yang rusak.

Untuk menanggulangi permasalahan tersebut, perlu untuk dilakukan pemeriksaan dan perbaikan slot memory Card ke konter tempat service ponsel terdekat yang terpercaya. Dengan begitu kamu bisa mengakses kembali data-data yang penting.

4. Pemasangan memory card terlalu tertekan menyebabkan kenapa kartu SD tidak terbaca

Jika ponsel kamu masih menggunakan baterai biasa, bukan tanam, hal tersebut bisa saja menjadi salah satu alasan penyebab kartu SD tidak terbaca karena posisi memory Card terdapat di bagian bawah. Sehingga, mungkin terdapat benda asing yang disisipkan sehingga tekanan menjadi lebih tinggi.

Perlu diingat juga bahwa pemasangan memory Card di tipe ponsel ini haruslah sesuai. Jangan menyimpannya dengan tekanan yang terlalu lemah karena akan berpotensi tinggi untuk mengalami pergeseran, sehingga kartu SD akan sulit untuk diakses dan dibaca.

5. File rusak menjadi penyebab kenapa kartu SD tidak terbaca

Memory Card rawan mengalami error jika terdapat file seperti video, foto, atau dokumen yang rusak dan tidak bisa dibuka. Jika hal tersebut terjadi, maka disarankan untuk menghapusnya karena jika dibiarkan akan mengalami kerusakan permanen pada kartu SD.

Namun, sering terjadi kasus file yang tidak bisa diakses di perangkat ponsel tapi masih bisa dibuka di laptop atau computer. Untuk terhindar dari hal tersebut, kamu bisa memindahkan data-data tersebut ke perangkat lain sebelum memory card mengalami kerusakan.

Baca Juga  Penyebab dan Cara Mengembalikan Chat Telegram yang Terhapus
6. Sering menyentuh garis berwarna emas menjadi penyebab kenapa kartu SD tidak terbaca

Terlalu sering menyentuh bagian emas di memory Card akan menyebabkannya menjadi kotor atau bahkan lecet. Hal tersebut membuat kartu SD mengalami kerusakan, sehingga tidak bisa diakses oleh perangkat ponsel kamu.

Untuk  menghindari hal tersebut, maka disarankan untuk selalu memegang bagian samping dari memory Card. Sehingga, risiko terjadinya kelecetan pada kartu SD khususnya di bagian garis-garis emas menjadi lebih sedikit.

7. Terdapat virus yang menjadi penyebab kenapa kartu SD tidak terbaca

Virus dapat datang dari manapun, saat sedang melakukan pengunduhan file, pengaksesan komputer dan yang lainnya. Hal tersebut dapat menyebabkan kartu SD kamu menjadi tidak terbaca dan sulit dibuka karena mengalami kerusakan.

Cara yang bisa kamu lakukan supaya kartu SD dapat terhindar dari virus, adalah dengan melakukan pemindaian menggunakan antivirus supaya lebih aman. Namun, jika masih mengalami kendala, sebaiknya dilakukan format pada microSD di perangkat laptop atau computer.

8. Kualitas dari memory Card yang kurang baik penyebab kenapa kartu SD tidak terbaca

Kualitas dari memory Card memiliki peran yang cukup penting, untuk menunjukkan kemampuannya dalam menyimpan data sesuai dengan kecepatannya. Hal tersebut juga dapat menjadi pemicu utama dibalik alasan terjadinya kerusakan.

Kartu SD dengan kualitas buruk akan cepat rusak ketika terlalu sering digunakan, untuk melakukan penyimpanan data dari perangkat ponsel. Selain itu, jika kecepatan dari memory Card berjalan lambat dalam proses pembacaan data, maka dapat menyebabkan kerusakan.

Itulah beberapa alasan kartu SD tidak terbaca di handphone. Dengan mengenali penyebab dari masalah ini. Dapat membuat kamu lebih hati-hati lagi. Sehingga, menghindari hal-hal yang dapat membuat kartu SD terbaca. Karena jika hal tersebut terjadi, tentu membuat kamu kebingungan dan membuat semua aktivitas yang menggunakan data yang ada di kartu SD terhambat, bukan?

Comment

Artikel Terkait