by

8 Cara Mengatasi Suara Kipas Laptop Berisik

Kipas merupakan salah satu bagian terpenting laptop yang berfungsi untuk membuat mesin laptop agar tidak menjadi cepat panas. Namun, ada kalanya saat suara kipas laptopmu begitu berisik, maka akan sangat mengganggu.

Selain hal itu, juga terdapat indikasi bahwa bisa saja laptop yang sedang kamu pakai tersebut terlalu panas karena terus-terusan digunakan atau mungkin adanya debu yang menebal pada bagian tersebut. Apabila masalah tersebut kamu biarkan, hal itu bisa memberikan pengaruh yang buruk pada laptop.

Nah, untuk mengatasinya simak cara mengatasi suara kipas laptop berisik di bawah ini!

1. Atur Daya Laptopmu

Cara mengatasi suara kipas laptop berisik pertama yang bisa kamu lakukan ialah dengan mengatur daya laptop. Dengan mengatur daya laptop bisa mengurangi konsumsi dari daya laptop, hal ini dapat membantu kinerja kipas laptop menjadi ringan ketika mempertahankan suhu mesin, yaitu 30 derajat celcius.

Untuk mengaturnya kamu bisa melakukannya dengan cara pertama-tama buka Control Panel pada menu Start, setelah itu pilih opsi Power Options lalu klik Change plan setting, klik Change advanced power settings, pilih Power saver yang ada pada menu drop-down, pada bagian Sleep after dan juga Hibernate after kurangi waktunya pada setiap pengaturan, dan yang terakhir klik OK untuk menyettingnya, setelah itu kamu bisa me-restart laptop kamu.

2. Jangan Membuka Banyak Aplikasi saat Bersamaan

Salah satu hal yang bisa membuat laptop menjadi sangat bekerja keras, sehingga menghasilkan panas ialah salah satunya karena banyak aplikasi yang dibuka bersama-sama, utamanya aplikasi yang mungkin membutuhkan kinerja yang tinggi, contohnya ketika kamu bermain game sembari menyetel musik dari laptop.

Nah, cara yang dapat kamu lakukan agar kipas laptopmu tidak berisik ketika kamu bermain game, ialah dengan tutuplah semua aplikasi-aplikasi yang telah selesai kamu gunakan, tutup browser internet kamu termasuk tab-tab yang masih terbuka, dan apabila kamu sering menggunakan laptop untuk bermain game, sebaiknya turunkan resolusi dan kurangi pengaturan grafis kamu agar kinerja laptopmu tidak menjadi berat.

Baca Juga  Langkah-Langkah Cantik Mencari Pasangan Hidup bagi Pria
3. Lihat Apakah Ada Software yang Bermasalah atau Tidak

Selanjutnya, kamu bisa mengatasi kipas laptop berisik dengan cara melihat apakah ada software yang bermasalah atau tidak. Cara ini dapat kamu gunakan untuk bisa mengetahui adanya aplikasi atau perangkat lunak lainnya, yang bekerjanya begitu keras sehingga membuat kipas laptop menjadi berisik.

Cara yang dapat kamu lakukan untuk pengecekan ini ialah dengan cara pertama-tama menekan Ctrl + All + Delete bersama-sama kemudian pilih Taks Manager, pilih More details, pilih tab Processes dan klik kolom CPU, kemudian nanti akan muncul data-data aplikasi yang memiliki proses beban paling berat, lalu cari proses-proses yang mencurigakan, setelah itu klik End Taks pada proses yang mencurigakan tersebut.

4. Cek Apakah Masalah Ada Pada Kipas

Tak hanya dengan mengidentifikasi pada bagian software laptop, kamu juga bisa mencari akar permasalahan ini pada laptop. Contohnya seperti BIOS pada laptop yang ternyata belum diperbarui, hal ini bisa memberatkan kinerja laptop.

Oleh sebab itu, kamu bisa memastikan apakah BIOS sudah diperbarui atau belum dengan cara buka Windows Update dan klik bagian Setting, untuk melihat apakah kira-kira sudah dilakukan pembaruan apa belum. Apabila belum, sebaiknya lakukan pembaruan.

Setelah selesai melakukan pembaruan, restart kembali laptopmu. Tak hanya BIOS saja yang sebaiknya kamu perbarui, tetapi pastikan juga jika kamu secara berkala memperbarui Windows.

Ketika kamu memperbarui Windows serta BIOS, sebaiknya kamu menggunakan download-an file yang resmi dari produsen merek laptop. Hal ini bertujuan agar tidak memperparah masalah yang ada pada laptop.

5. Bongkar Kipas Laptop untuk Membersihkan Debu

Salah satu hal yang bisa menyebabkan kipas laptop mengeluarkan suara bising, ialah karena pada bagian kipas tersebut kemasukan debu atau mungkin sudah banyak debu yang mengendap di bagian tersebut. Oleh karena itu, kamu bisa membongkar beberapa bagian laptop, khususnya bagian kipas laptop untuk bisa membersihkannya secara langsung.

Baca Juga  Apa Saja Barang Wajib Saat Musim Hujan Ketika Berpergian?

Laptop satu dengan laptop yang lainnya memiliki cara serta tempat kipas yang berbeda-beda. Sehingga sangat disarankan pada kamu untuk mencari tahu mana bagian kipas laptop dan cara membongkarnya di internet atau pada orang-orang terdekat kamu yang paham mengenai hal tersebut.

Untuk membersihkannya ini juga dapat dilakukan dengan beberapa cara, bisa dengan dibersihkan menggunakan kuas atau dengan menembakkan angin.

6. Olesi dengan Pasta Thermal

Kamu mungkin masih asing dengan nama yang satu ini. Buat kamu yang baru tahu pasta thermal, pasta thermal ini merupakan salah satu alat yang bisa untuk menjaga serta mendinginkan CUP. Pasta thermal ini seperti Artic Silver 5 yang bisa menjaga prosesor CPU kamu agar bisa terus dingin mulai 0 sampai 20 derajat.

7. Menggunakan Perangkat Lunak yang Bisa Mengatur Kecepatan Kipas

Dilansir dari Windows Report, terdapat perangkat lunak yang bisa menjaga kecepatan dari kipas laptop agar bisa terus terkendali. Salah satu perangkat lunak tersebut ialah SpeedFan, yang bisa memungkinkan untuk membantu kamu dalam mengatur batas kecepatan kipas.

Dalam kondisi yang defauld, driver dari perangkat keras ini bisa membuat kipas laptop bekerja lebih keras dari biasanya, sehingga bisa menimbulkan kebisingan.

8. Belikan Pendingin Laptop atau Bawa ke Service Center

Apabila kamu tidak ingin repot mengutak-atik laptopmu, kamu bisa membelikan pendingin laptop agar kinerja kipas tidak berlebihan. Dengan menggunakan pendingin laptop, maka suhu laptop bisa dikontrol. Selain itu, kamu juga bisa langsung membawa laptopmu untuk dibawa ke service center untuk langsung memperbaikinya.

Itu tadi beberapa cara mengatasi suara kipas laptop berisik. Semoga membantu kamu ya, Sobat!

Comment

Artikel Terkait