by

8 Aplikasi Berita Terbaru untuk Android dan PC

Sekarang ini, informasi bisa didapatkan dengan mudah. Apalagi sejak adanya aplikasi berita terbaru yang bisa diunduh di android maupun di komputer. Luar biasanya, semua software tersebut gratis. Seharusnya keberadaannya bisa membantu mencerdaskan masyarakat. Sekalipun tidak dipungkiri, di dalamnya juga banyak konten menyesatkan.

Anda harus tahu aplikasi berita apa saja yang layak menjadi rujukan, yang sekiranya menyediakan konten edukatif. Bukan perangkat yang hanya memposting kabar-kabar hoax, apalagi informasi yang bisa memecah belah antar warga negara. Untuk tahu aplikasi yang dimaksud, silakan baca list berikut:

1. Line Today

Line Today merupakan aplikasi berita online terlengkap. Di sini disediakan kabar menarik dari berbagai genre. Dan jangan khawatir, membaca berita di sini tidak perlu membayar alias gratis. Serta tidak harus melakukan login terlebih dahulu. Lebih jauh dari itu, aplikasi juga menyediakan fitur mengirim pesan antar viewer.

Di Line Today terdapat banyak berita update yang diulas secara berimbang. Kaidah jurnalistik-nya juga jelas dengan kode etik penulisan yang taat. Selain itu, kontributornya pun dari kalangan ahli dan kompeten, bukan penulis yang sekadar mengcopy artikel lain semata. Ini alasan mengapa berita di Line Today layak dibaca.

2. CNN Indonesia

CNN Indonesia merupakan aplikasi berita yang paling populer di tanah air. Jumlah pembacanya banyak dan tersebar di seluruh Nusantara. Selain memposting berita, di sini juga terdapat artikel umum yang bagus. Kategorinya bermacam-macam tergantung keinginan pembaca. Sayangnya untuk menulis di sini, persyaratannya cukup ketat.

Berita di CNN Indonesia update setiap menit. Itu artinya, yang akan didapatkan pembaca adalah informasi yang segar, sekalipun juga ada beberapa berita menarik yang diposting sebelumnya. Selain itu, pembaca boleh mengomentari postingan. Asalkan tetap menjaga kesopanan dalam berkomentar.

Baca Juga  Manfaat dan Kerugian Menggandakan Aplikasi WhatsApp
3. Babe

Babe berisi berita dari dalam negeri maupun dari manca negara,terutama informasi yang sedang viral dan banyak diperbincangkan. Di aplikasi ini pula, masyarakat diizinkan untuk mengirimkan tulisan. Pihak pengembang aplikasi siap untuk membayarnya. Menurut informasi terbaru, bayaran di Babe cukup besar.

Sekalipun demikian, ternyata tidak mudah menampilkan tulisan di Babe. Pasalnya, di aplikasi ini, proses seleksinya sangat ketat. Anda harus bersaing dengan penulis kawakan yang telah memiliki nama. Namun jangan menyerah dan harus terus berlatih menulis, termasuk mempelajari gaya kepenulisan artikel yang berhasil lolos.

4. Republika.co.id

Aplikasi berita terbaru untuk android dan pc yang berikutnya ialah Republika.co.id. Di sini disediakan banyak kolom berita, termasuk kolom yang berisi informasi seputar keislaman. Jika piawai menulis tentang keagamaan utamanya Islam, silakan menulis di sini. Namun masih belum jelas, apakah tulisan akan dibayar atau tidak.

Republika.co.id yang versi android dilengkapi fitur seputar kegiatan islami. Seperti jadwal sholat dan imsakiyah. Selain itu, pembaca juga bisa menentukan arah kiblat melalui perangkat ini. Itu artinya, aplikasi layak disebut corong keislaman yang bagus. Untuk itu, silakan unduh sekarang juga.

5. Viva.co.id

Viva.co.id merupakan aplikasi berita online berbagai tema informasi. Sedangkan kolom paling populer adalah sepak bola. Di sini tidak hanya dibahas tentang pertandingan terkini tetapi juga kisah hidup pebola, sedangkan mania si kulit bundar yang ingin mencari jadwal pertandingan terlengkap, juga melalui aplikasi ini.

Selain sepak bola, juga ada kolom lain di Viva.co.id. Seperti serba serbi politik yang banyak disukai oleh pembaca. Semua informasi di sini diulas secara menyeluruh dan mendalam. Anda bisa membacanya secara online dan juga offline. Artinya tidak perlu jaringan internet kalau ingin mendapatkan informasi yang menarik.

Baca Juga  Lagi Nyari Aplikasi Belajar Bahasa Inggris? Yuk Simak Ini!
6. Detik.com

Ada banyak kategori berita di Detik.com. Dari otomotif hingga informasi bisnis terbaru. Uniknya, di dalam postingan selalu ditampilkan pendapat para ahli. Itu artinya Detik tetap mengedepankan pemakaian narasumber yang valid, tentu tujuannya untuk menghindari ketersesatan masyarakat.

Detik.com juga dipenuhi berita-berita kategori ringan. Dari kuliner yang lezat hingga destinasi wisata yang ikonik. Untuk kolom ini, pengelola menerima tulisan dari pembaca. Potensi untuk dimuat sangat besar selama tidak melanggar ketentuan, seperti tidak menulis artikel yang menyinggung SARA.

7. Kumparan

Satu lagi aplikasi berita terbaru bikinan Indonesia yang bagus yaitu Kumparan. Kabarnya, platform menyediakan ruang menulis untuk kalangan freelance, sedangkan penulis tetap-nya memiliki kualitas yang bagus. Hingga saat ini, kumparan masih membayar mahal seluruh kontributor, asalkan tulisannya sesuai harapan pengelola.

Kumparan membuka kesempatan bagi para sastrawan, terutama yang hobi menulis puisi, novel hingga cerita pendek tiga paragraf (pentigraf). Untuk sistem kerja, sama dengan penulis artikel non sastra, yaitu developer akan membayar jika tulisan sudah berhasil dimuat.

8. Lintashaba

Lintashaba bukan aplikasi melainkan situs berita yang bagus. Kontributor-nya merupakan penulis-penulis berbakat. Kolom yang diangkat juga beraneka ragam. Dari artikel wisata hingga permasalahan keluarga. Di sinilah pembaca akan mendapatkan informasi penting, apalagi narasinya ditulis menggunakan bahasa yang mudah dicerna.

Di Lintashaba terdapat fitur Buat Artikel. Itu artinya, platform ini membuka ruang bagi penulis yang ingin mengirimkan tulisan. Dan jangan khawatir, jika karyanya cocok, pihak Lintashaba bisa mengajaknya menjadi kontributor tetap. Harga per-artikelnya cukup lumayan, paling tidak bisa menjadi uang pengganti lelah.

Butuh informasi yang sedang viral? Silakan unduh aplikasi atau baca di situs berita terbaru di atas. Semua platform bisa di-download secara gratis. Walaupun demikian, kualitas informasi tidak terbantahkan, bahkan banyak yang dijadikan rujukan para ahli. Anda pun bisa memanfaatkan media berita tersebut untuk berlatih menulis artikel yang hebat.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Publikasi Terkait Lainnya