by

7 Rekomendasi Aplikasi Edit Video di PC: Bantu Proses Editing Lebih Nyaman dengan Hasilnya yang Keren

Untuk membuat sebuah video yang menarik pastinya dibutuhkan aplikasi yang mendukung juga. Salah satu perangkat yang bisa kamu gunakan untuk mengedit video ialah perangkat komputer, laptop, atau PC.

Memang kamu bisa mengedit video di HP, tetapi jika kamu mengedit video di PC kamu akan disuguhkan lebih banyak lagi fitur atau tools dari aplikasi tersebut, belum lagi layar laptop yang cenderung besar bisa lebih mempermudah kamu dalam mengedit. Oleh karena itu, berikut ini rekomendasi aplikasi edit video di PC yang bisa kamu gunakan.

1. Adobe Premiere Pro

Aplikasi edit video di PC yang pertama ada Adobe Premiere Pro. Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi yang paling direkomendasikan untuk mengedit video di laptop. Adobe Premiere Pro memberikan banyak fitur yang bisa kamu gunakan serta kamu kreasikan, untuk mengedit video agar videomu menjadi lebih keren dan menarik.

Banyak kelebihan yang bisa kamu dapatkan ketika menggunakan aplikasi ini, di antaranya ialah fitur untuk mengedit yang lengkap, untuk para professional dan sudah banyak penggiat video yang mereview aplikasi ini.

Sedangkan salah satu kekurangannya ialah aplikasi ini untuk biaya subscription perbulannya, tidak bisa dibilang terjangkau dan bagi kamu yang pemula, kamu mungkin masih memerlukan waktu untuk menyesuaikan diri saat menggunakan aplikasi ini.

2. DaVinci Resolve

Buat kamu yang mencari aplikasi edit video di PC yang gratis dan memiliki fitur lengkap seperti Adobe Premiere Pro, kamu bisa menggunakan DaVinci Resolve yang kini tengah naik daun. Aplikasi ini memiliki banyak fitur yang bisa digunakan oleh pemula maupun para editor profesional, contohnya seperti motion graphic, audio mixing dan multicam edition.

Kelebihan yang dimiliki aplikasi ini di antaranya ialah selain tersedia secara gratis aplikasi ini juga multiplatform atau bisa digunakan di Windows, macOS dan Linux.

Baca Juga  Takut Tertipu atau Salah Beli? Simak 5 Tips Beli Gadget Online Terpercaya Ini

Kemudian aplikasi ini juga mudah digunakan, memiliki fitur rendering yang lebih cepat, dan ringan saat digunakan. Kemudian kekurangannya ialah aplikasi ini tampilan user interfacenya kaku dan masih ada beberapa bug di dalam aplikasinya.

3. HitFilm Express

HitFilm Express juga termasuk dalam aplikasi edit video di PC yang gratis. Aplikasi ini menyediakan beragam fitur VFX yang dapat kamu gunakan untuk membuat video. Software yang satu ini juga sangat direkomendasikan untuk editor pemula, serta para youtuber yang ingin menghebat budget.

Walaupun gratis, kamu tidak perlu takut jika aplikasi ini tidak lengkap, sebab kamu bisa menemukan banyak fitur dari aplikasi ini, seperti soundtrack gratis, efek dan preset untuk video yang begitu banyak dan perekam suara bawaan.

Kelebihan dari aplikasi ini di antaranya, ialah tersedia tutorial-totorial penggunaan aplikasi ini yang gratis di situs resminya dan aplikasi ini juga memiliki banyak preset bawaan. Sedangkan untuk kekurangannya, aplikasi ini sangat sederhana dari segi tampilannya, sehingga kurang cocok untuk digunakan para editor profesional.

4. Shotcut

Buat kamu yang mencari aplikasi edit video di PC yang mudah digunakan dan tampilannya sederhana, kamu bisa memilih menggunakan aplikasi Shotcut ini.

Shotcut ini termasuk dalam aplikasi multiplatform yang bisa memproses bermacam-macam format audio, video, sampai gambar untuk diedit ataupun dikonversi.

Aplikasi ini memiliki banyak fitur yang bisa kamu gunakan untuk mengedit, apabila kamu tidak sengaja membuat kesalahan saat mengedit, kamu masih bisa membatalkan dan mengulangi apa yang terlanjur kamu kerjakan.

Namun, banyaknya kelebihan yang dimiliki oleh aplikasi ini, Shotcut juga memiliki kekurangan, di antaranya ialah karena tampilannya yang begitu sederhana tadi, aplikasi ini kurang cocok untuk para editor profesional.

Baca Juga  Yuk Kenalan Sama Aplikasi Alternatif Chat Selain WhatsApp Ini
5. Wondershare Filmora

Jika di HP ada aplikasi edit video terkenal bernama FilmoraGo, maka kamu bisa menemukan pengembangan aplikasi tersebut dalam versi dekstopnya, yaitu Wondershare Filmora.

Aplikasi ini termasuk dalam aplikasi edit video di PC yang gratis untuk pemula, sehingga pemula bisa mengakses semua fitur serta plug-in yang ada di aplikasi tersebut.

Kelebihan yang bisa kamu dapatkan apabila memakai aplikasi ini, ialah ukuran aplikasinya yang cukup ringan, sehingga tidak membuat komputer atau laptop kamu mengalami crash, memiliki tampilan yang interaktif serta cocok untuk pemula dengan terdapat tutorial YouTube secara gratis.

Sedangkan untuk kekurangannya, watermark yang kamu dapatkan setelah mengedit aplikasi ini hanya dapat kamu hilangkan apabila kamu berlangganan.

6. AVS Video Editor

Rekomendasi aplikasi edit video di PC selanjutnya ialah AVS Video Editor. Ukuran software yang dimiliki oleh aplikasi ini cenderung cukup kecil, tetapi tetap memberikan fitur yang lengkap tak kalah dengan aplikasi edit video lainnya.

AVS Video Editor ini tampilannya begitu interaktif, mudah untuk digunakan, serta fitur yang disuguhkan begitu lengkap dan menarik.

Selain itu, kelebihan lainnya yang bisa kamu dapatkan dari aplikasi ini ialah aplikasi ini sudah menggunakan teknologi video cache, yang bisa membuat proses penyuntingan video yang FullHD bisa berjalan dengan begitu lancar serta cepat. Sedangkan untuk kekurangannya ialah user interface aplikasi ini begitu sederhana untuk kalangan editor yang profesional.

7. VideoPad Video Editor

VideoPad Video Editor masuk dalam jajaran aplikasi dengan tampilan sederhana, serta ukurannya yang relative kecil serta ringan ketika digunakan.

Aplikasi yang satu ini bisa mendukung banyak format, seperti AVI, MOV, MP4, format audio yang bisa mendukung lancarnya proses saat editing, dan lain sebagainya.

Baca Juga  4 Fitur Instagram Terbaru yang Sangat Menarik, Pengguna Wajib Tahu Nih!

Namun, sayangnya kekurangan dari aplikasi ini ialah aplikasi ini kurang cocok untuk digunakan editor profesional, karena fitur yang ada di dalamnya cukup terbatas.

Itu tadi 7 rekomendasi aplikasi edit video di PC yang bisa membantu kamu agar nyaman dalam melakukan editing, serta bisa menghasilkan video yang keren. Kira-kira aplikasi edit video mana nih yang ingin kamu pakai, Sobat?

Comment

Berikan Komentar Untuk Tulisan Ini

Artikel Terkait